Agar Tak Kalap Belanja Online, Lakukan 5 Tips Sederhana Ini!

Agar Tak Kalap Belanja Online, Lakukan 5 Tips Sederhana Ini!

4.2K
Selamat Hari Pelanggan Nasional! Sekarang saatnya kita bisa belanja online dengan bahagia, karena pasti akan banyak ecommerce yang mengadakan sale. Tapi eh tapi ... jangan sampai kalap!

Siapa yang nggak suka belanja online? Ah ya, kebetulan banget nih, hari ini, 4 September ini diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional lo. Sudah tahu belum, Ma?

Yes, semua pasti tahu arti seorang pelanggan bagi penyedia produk dan jasa ya? Kalau Mama juga seorang pebisnis, juga pasti tahu banget nih, kita nggak berarti apa-apa tanpa pelanggan. Makanya, Hari Pelanggan Nasional ini dicetuskan, demi selalu mengingatkan betapa pentingnya pelanggan bagi dunia bisnis di Indonesia.

Nah, terus, biasanya nih bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, banyak penyedia produk dan jasa, termasuk toko (offline dan online), ikut memeriahkan dengan mengadakan sale atau memberikan diskon besar-besaran.

Ha! Ini dia nih!

Buat kita, para mama yang selalu bermata ijo kalau ada kata ‘sale’ atau ‘diskon’, ini bisa jadi kesempatan untuk mendapatkan barang bagus dengan harga murah!

Apalagi, hari gini, belanja nggak perlu ke mana-mana, cyint! Berbekal kartu kredit atau token, nomor PIN, kuota buat browsing, kita sudah bisa belanja barang apa pun yang kita mau yes? Hahaha.

Tapi eh tapi … jangan kalap!

Kalau terlalu kalap belanja, ya waduh, bisa memengaruhi perputaran roda kehidupan rumah tangga!

Ya, meski sudah ada banyak tips hemat belanja di Rocking Mama, saya kali ini mau mencoba tetap kasih tips hemat belanja online lagi. Siapa tahu, tips-tips lain nggak mempan ya, Ma, untuk mengerem hasrat belanja online kita, maka tips-tips kali ini boleh banget dicoba.


BACA JUGA


7 Festival Belanja di Seluruh Dunia ini Benar-benar Memanjakan Perempuan!

7 Festival Belanja di Seluruh Dunia ini Benar-benar Memanjakan Perempuan!

Belanja, adalah napas perempuan. Belanja dan perempuan memang tak terpisahkan, karena itu ada 7 festival belanja dunia ini, demi memanjakan ...

Read more..


Tips Supaya Nggak Kalap Belanja Online


1. Jangan menyimpan nomor kartu kredit di website belanja online!

No no! Big nay nay!

Apalagi jika situs tersebut mengiming-imingi “berbelanja lebih mudah”. Beugh, Mama! Ini jebakan! Bisa jadi nih, tanpa sadar, Mama ngeklik checkout, lalu tiba-tiba saja barang sudah dibeli tanpa sempat memikirkannya lagi.


2. Lakukan perbandingan

Cek lagi, Ma, apakah barang yang sama memiliki harga yang lebih murah di situs belanja online yang lain?

Ya, kalau Mama lagi belanja di mal kan suka gitu juga kan? Mau beli tas, ada 10 toko yang dimasuki. Dan, endingnya, Mama tetep beli di toko pertama tadi karena harga di sana lebih murah. Yes? Sampai bikin Papa sebel kalau nemenin Mama belanja kan?

Nah, terapkan cara itu juga kalau Mama mau berbelanja online. “Masuki” banyak toko lain sebelum memutuskan.

Bahkan, cari tahu juga, Ma, apakah ada penawaran lebih menarik dari toko offline untuk barang yang sama.


3. Unsubscribe milis atau newsletter situs belanja online

Yha! Ini juga jebakan betmen.

Iklan-iklan di newsletter tersebut dibuat seolah-olah Mama akan kehilangan kesempatan berharga jika sampai melewatkan masa diskon, sale, promo dan lain sebagainya itu.

Maka, yang terjadi adalah impulsive buying, padahal sebenarnya Mama nggak butuh. Mama cuma mikir, “Ih, kapan lagi sih dapat barang murah begini?”

Iya nggak?


BACA JUGA


Mama Hobi Belanja Online? Intip Taktik Tokcernya Agar Tidak Mengganggu Keuangan Keseharian Mama!

Mama Hobi Belanja Online? Intip Taktik Tokcernya Agar Tidak Mengganggu Keuangan Keseharian Mama!

Belanja online, tapi tanpa mengganggu kas harian? Bisa kok, bisa! Simak taktik tokcer ala Rocking Mama ini

Read more..


4. Batasi waktu browsing

Semakin lama browsing, maka semakin lapar mata.

Jadi, batasi waktu Mama saat browsing di situs belanja online. Bisa saja awalnya Mama hanya ingin so-called-window-shopping, tapi apa yang terjadi kemudian? Belanja! Bahkan sampai ngeborong!

Beugh. Mama … Mama … ckckckck.

Makanya, batasi waktunya ya, Ma. Bahkan kalau mungkin, buat juga daftar wishlist atau daftar belanja Mama sebelum mulai membuka situs belanja online. Lalu, fokuslah pada daftar itu, bukan pada barang yang lain-lain juga yes?


5. Masukkan barang yang Mama inginkan ke wishlist

Ya, ini dia, Ma, bikin wishlist.

Kalau Mama benar-benar menginginkan satu barang, masukkan barang tersebut ke bagian wishlist di situs belanja online yang Mama kunjungi, tapi jangan langsung checkout. Biarkan saja tetap di situ, sambil Mama memikirkannya.

Bila perlu, tunggu sampai beberapa hari. Dapat barang yang benar-benar dibutuhkan akan lebih berharga ketimbang beli bejibun barang yang hanya merupakan keinginan karena diskon, Ma.

Jadi, pastikan Mama benar-benar membutuhkannya, bukan karena keinginan impulsif semata.


BACA JUGA


Atasi Boros Belanja Yang Kerap Mama Lakukan Dengan 6 Langkah Simpel Ini!

Atasi Boros Belanja Yang Kerap Mama Lakukan Dengan 6 Langkah Simpel Ini!

Atasi boros belanja memang gampang-gampang susah, ya, Ma? Kita harus lebih bisa memprioritaskan yang mana kebutuhan dan mana keinginan

Read more..


Oke, Mama, itu dia beberapa tips yang bisa Mama lakukan agar nggak kalap saat belanja online. Yah, memang. Kalau lagi banyak diskon dan sale begini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya yes? Karena berbelanja di saat sale atau memanfaatkan diskon kan juga menjadi salah satu kiat kita untuk bisa belanja hemat kan?

Cuma, kadang karena ada "aji mumpung semua murah", makanya kita jadi kalap. Sekalian beli ini itu, mumpung murah. Yah, meski murah, tapi tetap harus sesuai kebutuhan kan ya?

Selamat belanja, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Tak Kalap Belanja Online, Lakukan 5 Tips Sederhana Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar