Agar Tidur Mama Berkualitas, Hindari Melakukan 6 Hal Ini!

Agar Tidur Mama Berkualitas, Hindari Melakukan 6 Hal Ini!

827
Tidur adalah meditasi paling baik, ungkapan dari Dalai Lama ini benar banget ya, Ma. Tidur membuat kita tenang dan energi bisa dicharge kembali.

Tidur merupakan salah satu aktivitas manusia yang sangat penting.

Pada saat tidur, seluruh tubuh kita melepaskan ketegangan, sel-sel akan mengalami regenerasi, dan memberi kesempatan ke otak kita untuk istirahat.

Berapa jam sehari yang diperlukan Mama untuk tidur?

Mungkin Mama merasa, sudah lupa rasanya tidur nyenyak sejak si Kecil lahir ke dunia. Boro-boro mimpi indah, baru juga terlelap, tiba-tiba kaget mendengar suara tangisan si Kecil yang sudah waktunya menyusu.

Banyak artikel yang membahas, bahwa bila si Kecil tidur di siang hari, itulah waktunya kita ikut tidur membayar tidur semalam yang kurang lama.

Di sisi lain, urusan kantor yang tidak ada habisnya membuat tegang dan terbawa ke rumah, dan Mama jadi sulit tidur di malam hari.

Tahukah Ma, selain bayar membayar waktu tidur, perilaku keseharian kita pun ternyata mempengaruhi rasa kantuk kita. Akibatnya jadwal tidur menjadi kacau, dan tubuh tidak fit keesokan harinya.

BACA JUGA


Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

Ada yang susah tidur? Rasanya gimana, Ma? Pastinya nggak enak ya di tubuh. Makanya Mama harus tahu beberapa cara tidur nyenyak yang bakalan ...

Read more..

Agar tidur Mama lebih berkualitas, hindari melakukan 6 hal ini!

1. Minuman yang mengandung soda dan kafein

Pada sebuah penelitian di Amerika terhadap 18.779 orang dewasa yang hanya tidur kurang dari 5 jam, ternyata mereka mengonsumsi 21 persen lebih banyak minuman soda kadar gula tinggi dan berkafein. Dibandingkan dengan orang dewasa lain yang bisa tidur 7 hingga 8 jam di malam hari.

Ada dugaan kegemaran minuman bersoda berkadar gula tinggi atau berkafein akan mengganggu metabolisme tubuh.

So, kurangi ya Ma minuman seperti itu.

2. Terlalu lama menatap layar gawai

Ayo ngaku Ma, bila si Kecil tidur, alih-alih Mama ikut tidur, malahan buka Instagram cek toko online bukan?

Layar gawai atau ponsel ternyata mengeluarkan radiasi yang dapat memengaruhi fungsi tubuh untuk memproduksi melatonin, hormon yang membuat tubuh kita merasa mengantuk. Sebuah studi lain menjelaskan bahwa paparan yang terus menerus ke layar gawai sepanjang hari akan mengganggu fungsi kelopak mata. Ada relasi kuat antara berkurangnya rasa mengantuk dengan seringnya kita menatap layar gawai.

3. Kurang bergerak

Olahraga rutin dan cukup bergerak akan membuat kita lebih nyenyak tidur.

Sebelum tidur Mama bisa melakukan yoga atau latihan ringan lainnya sehingga sirkulasi darah lancar dan tubuh terasa rileks. Bergerak ternyata salah satu fungsi menyeimbangkan tubuh agar otak tidak tegang.

BACA JUGA


Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang olahraga bisa membuat kita lemah, lesu, lemot, sampai mengalami mood swing. Yes, olahraga nggak cuma berkaitan dengan pengurangan ...

Read more..

4. Merokok

Nikotin dalam rokok, sama halnya kafein pada kopi adalah unsur stimulan.

Artinya tubuh kita dirangsang untuk selalu terjaga dan tidak merasa mengantuk. Merokok ternyata secara bertahap mengubah jam tubuh seseorang, dirata-rata dapat mengurangi 1.2 menit waktu tidur per batang rokok. Jadi semakin lama seseorang merokok, semakin sulit tidur.

5. Beraktivitas di tempat tidur bukan untuk tidur

Adakalanya untuk alasan kepraktisan, kita membawa laptop ke tempat tidur. Membawa piring dan makan di tempat tidur.

Tahukah Ma, perilaku kita menganggap tempat tidur adalah ruang kerja akan mengubah mindset di mana kita harus tidur. Buatlah ritual atau persiapan sebelum tidur agar tubuh lebih rileks dan mendapatkan tidur berkualitas.

Untuk anak-anak Mama menyiapkan ritual sebelum tidur bukan? Tak ada salahnya Mama juga menyiapkan untuk diri sendiri, misalnya minum susu jahe hangat, menggosok gigi, ganti piyama yang nyaman, merawat muka dengan krim malam, dan lain-lain.

6. Kurang terpapar matahari

Tubuh manusia ibaratnya tanaman, paparan sinar matahari di pagi hari secara alamiah mengembalikan irama tubuh kita. Bahwa pagi hingga siang adalah untuk bangun dan terjaga, sedangkan malam hari waktunya tidur.

Ayo Ma, jangan kalah dengan si Kecil yang rajin dijemur tiap pagi. Selain itu, sinar matahari kaya akan vitamin D yang dapat membantu tubuh mencegah terjadinya osteoporosis. Cukup selama 15 menit sebelum jam 9 pagi saja.

BACA JUGA


Memiliki Perut Buncit Itu Ngeselin! Mama Perlu Mencoba 4 Trik Ini Untuk Mengatasinya!

Memiliki Perut Buncit Itu Ngeselin! Mama Perlu Mencoba 4 Trik Ini Untuk Mengatasinya!

Perut buncit ternyata tak hanya dimiliki oleh Papa, Mama pun mengalaminya. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi perut buncit ini

Read more..

Banyak artikel yang menjelaskan bahwa sulit tidur atau insomnia disebabkan oleh stres yang kronis dan telah dialami dalam waktu lama. Oleh sebab itu usahakan Mama jangan terlalu stres ya, agar nanti malam tidurnya nyenyak dan berkualitas.

Tidur berkualitas akan menjadikan Mama lebih banyak energi dan bersemangat melakukan aktivitas keesokan harinya.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Tidur Mama Berkualitas, Hindari Melakukan 6 Hal Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hani Widiatmoko | @handayaniwidiatmoko

hai...saya Hani. Blog saya http://www.haniwidiatmoko.com

Silahkan login untuk memberi komentar