Ajak Anak Bantu Tugas Rumah Tangga Tanpa Terpaksa? Begini Caranya!

Ajak Anak Bantu Tugas Rumah Tangga Tanpa Terpaksa? Begini Caranya!

721
Tugas rumah tangga seabrek memang bikin pusing. Tapi, kalau ada bala bantuan, kenapa nggak kita manfaatkan?

Tak perlu bermimpi jadi Nia Ramadhani untuk memiliki rumah yang rapi, Ma. Meski tanpa bantuan asisten rumah tangga, kita juga bisa mewujudkan rumah sebersih dan serapi yang kita inginkan. Caranya? Kerahkan bala bantuan. Hehehe.

Ayo minta anak-anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga kita, Ma!

Bagi beberapa orang, melatih anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga dirasa lebih repot. Katanya sih, malah lebih mudah menyelesaikan pekerjaan itu sendirian.

Betul nggak, Ma?

Iya sih, ada benarnya. Bahkan, ada yang sengaja menunggu anak-anak tidur untuk membereskan segalanya. Ibaratnya, jadi seorang mama, kita harus rela bangun tidur paling awal, dan pergi tidur paling akhir.

Tapi Ma, sebenarnya mengajarkan anak-anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga, termasuk beberes rumah, itu dapat menanamkan kedisiplinan dan nilai penting tentang pekerjaan pada anak-anak, lho.

Melibatkan anak-anak dengan tugas-tugas rumah tangga ini, bisa membantu mereka untuk menjadi lebih bertanggung jawab, memahami nilai kerja keras, memperoleh keterampilan yang berguna, dan lebih menghargai sebuah proses.

Mama tentu menginginkan anak-anak mengetahui pelajaran ini sejak dini, bukan?

Lantas, di umur berapakah saat yang tepat untuk mengajarkan anak ikut membantu pekerjaan rumah tangga? Ini adalah pertanyaan umum yang sering kali terlintas di benak para orang tua. Ada baiknya, kita memulai sedini mungkin untuk mengajarkan hal ini.


BACA JUGA


9 Resep Masakan Yang Bisa Mama Praktikkan Bersama Si Kecil di Dapur

9 Resep Masakan Yang Bisa Mama Praktikkan Bersama Si Kecil di Dapur

Resep masakan yang mudah dan bisa dipraktikkan bareng si kecil? Ada 9 nih, Ma! Memasak bersama di hari libur bisa menjadi salah satu quality ...

Read more..


Jadi, bagaimana cara melatih anak-anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga tanpa membuat mereka merasa sedang dihukum atau merasa terpaksa?


1. Berikan instruksi yang spesifik


Jelaskan berbagai tugas rumah tangga yang Mama inginkan untuk dilakukan oleh anak-anak.

Alih-alih mengatakan, "Rapikan rumah!", Mama bisa menyuruh mereka untuk mengambil pakaian mereka dari jemuran, melipatnya, mengaturnya di lemari mereka, dan sebagainya.

Menggunakan contoh yang spesifik juga akan memudahkan mereka mencerna perintah yang Mama berikan.


2. Beberes sambil memainkan sebuah permainan, pasti seru!


Ini adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak Mama menyukai pekerjaan rumah tangga. Juga, bisa memotivasi mereka untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan melakukannya dengan lebih cepat, terutama jika ada imbalan.

Misalnya, jika Mama ingin anak-anak menyingkirkan barang-barang di sekitar rumah, tentukan waktunya dan buatlah sebuah kompetisi. Lihat siapa yang bisa mengambil barang paling banyak dan paling cepat. Lalu berikan hadiah kepada pemenangnya.

Terus pikirkan tantangan sulit untuk membuat anak-anak tertarik, karena permainan hari kemarin mungkin tidak akan lagi seru untuk dilakukan kembali hari ini.

Be creative ya, Ma!


3. Siapkan daftar tugas untuk mereka


Ini bisa dilakukan pada anak-anak yang sudah bisa membaca.

Untuk memotivasi anak-anak agar mau menyelesaikan tugas rumah tangga, buatlah bagan warna-warni lengkap dengan gambar yang menunjukkan berbagai tugas. Contoh di atas bisa disontek tuh, Ma. Juga banyak contoh daftar tugas rumah tangga lain yang bisa Mama lihat di Internet, terutama di Pinterest, Ma. Cakep-cakep deh. Ada yang tinggal di-print lalu tempelin deh di tempat yang mudah dilihat.

Ada juga bagan tugas rumah tangga yang sudah disesuaikan dengan usia anak. Mama tinggal pilih deh.

Satu yang sangat penting dan harus diingat. Tetap jangan lupa untuk menyediakan waktu bermain.


BACA JUGA


Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Menghabiskan Waktu Mama? Pasti Karena Mama Belum Tahu Cara Mengelola Waktu dengan Smart!

Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Menghabiskan Waktu Mama? Pasti Karena Mama Belum Tahu Cara Mengelola Waktu dengan Smart!

Entah itu seorang ibu rumah tangga, ataupun seorang ibu bekerja, sama-sama harus pintar dalam mengatur segala-galanya, terutama soal ...

Read more..


4. Tahan diri untuk mengulang tugas rumah tangga yang sudah mereka lakukan


Ingat, Ma, bahwa Mama meminta anak-anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga Mama.

Jika Mama kembali membereskannya dengan tujuan menyempurnakan pekerjaan mereka, tindakan ini menyiratkan bahwa pekerjaan mereka tidak memenuhi harapan Mama. Akibatnya, mereka enggan untuk membantu lagi karena mereka melihat Mama selalu bisa melakukan yang lebih baik.

Juga jaga agar Mama tidak mengritik mereka secara langsung.

"Yah, nyapunya kok nggak bersih sih, Kak?"
"Lha, ini, piringnya kok masih bau minyak?"

Yap, tahan-tahan ya, Ma!

Jadi, hindari hal ini ya, Ma. Buat mereka bangga karena telah membuat Mama puas dengan pekerjaan mereka.

Meskipun, nanti, kalau mereka nggak melihat, Mama akan mengulanginya juga.


5. Tunjukkan apresiasi yang tulus


Tak hanya anak-anak yang senang diapresiasi, kita yang dewasa pun sama, bukan?

Apresiasi mendorong anak-anak Mama untuk mau belajar lebih banyak. Bahkan jika Mama ingin melakukan koreksi, ingatlah untuk terlebih dahulu memberikan selamat kepada mereka atas tugas rumah tangga yang berhasil mereka lakukan.

Dukung mereka dalam perjalanan mereka untuk belajar bagaimana menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Pelajari keterampilan memberikan apresiasi ini sedini mungkin. Ini penting demi untuk memahami apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan anak-anak di usia mereka.


BACA JUGA


Pekerjaan Rumah Tangga Juga Bisa Diajarkan pada Balita Lho! Berikut Beberapa yang Bisa Mereka Kerjakan!

Pekerjaan Rumah Tangga Juga Bisa Diajarkan pada Balita Lho! Berikut Beberapa yang Bisa Mereka Kerjakan!

Anak-anak sudah mulai sok tahu dan sok jago, bisa mengerjakan semuanya sendiri? Coba minta mereka untuk membantu pekerjaan rumah Mama. ...

Read more..


Jadi, trik apa yang telah Mama coba agar anak-anak mau membantu Mama melakukan tugas rumah tangga dengan senang hati?

Share ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ajak Anak Bantu Tugas Rumah Tangga Tanpa Terpaksa? Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arinta Adiningtyas | @arin282

Silahkan login untuk memberi komentar

Maria Soraya | @mariasoraya

benar, penting mengajarkan anak mengerjakan tugas rumah sejak dini, biar nanti pas dewasa gak gagap