Ajak Anak Memasak Bareng? Tetap Waspada Akan 5 Bahaya Mengintai di Dapur Ini Ya, Ma!

Ajak Anak Memasak Bareng? Tetap Waspada Akan 5 Bahaya Mengintai di Dapur Ini Ya, Ma!

1.1K
Ajak anak untuk bersama-sama memasak di dapur memang banyak manfaatnya. Tapi kita juga harus waspada, karena begitu banyak bahaya mengintai di dapur saat Mama asyik memasak di dapur.

Hi, Ma! Kegiatan apa nih yang biasa Mama kerjakan bersama anak-anak? Main? Bersepeda? Kalau saya biasanya suka ajak anak ke dapur, ajak mereka memasak terutama bantuin bikin kue.

Manfaat mengajak anak untuk ikut memasak di dapur itu banyak banget lho, Ma! Selain mereka jadi tahu bagaimana cara mengolah makanan, mereka pun belajar hal lain. Misalnya, mereka belajar tentang ukuran saat mereka menakar bahan makanan, mereka juga belajar berbagai tekstur, aroma, rasa dan warna. Bahkan mungkin mereka juga bisa melakukan percobaan-percobaan ilmiah juga sembari memasak di dapur bareng Mama.

Dan yang paling penting dari semuanya, Mama pastinya enjoy the time with them!


BACA JUGA


Masak Bersama Anak Itu Menyenangkan! 5 Tips Ini Akan Membuatnya Makin Seru

Masak Bersama Anak Itu Menyenangkan! 5 Tips Ini Akan Membuatnya Makin Seru

Banyak hal yang bisa kita temukan saat masak bersama anak, salah satunya bisa membangun bonding yang kuat

Read more..


Kalau anak-anak saya sih, entah kenapa, mereka suka sekali kalau dimintai bantuan bikin kue dibandingkan dengan memasak. Mereka bisa membantu mengambilkan bahan-bahan kue, menimbang bahan kue, mengaduk adonan, mengambilkan tisu, atau hal-hal sederhana lainnya.

Anak-anak saya sekarang sudah remaja jadi enjoy aja bikin kue bersama di dapur. Tapi meskipun begitu, waspada itu tetap perlu, karena ajak anak memasak di area dapur juga bisa mengundang bahaya lho, terutama anak yang masih usia balita.

Dulu, waktu anak-anak saya masih usia balita, mereka juga suka ‘menguntit’ saya di dapur, melihat saya memasak. Duh, kadang cemas juga, khawatir mereka lari-lari, memegang pisau atau memegang panci panas di atas kompor. Namanya anak kecil biasanya rasa ingin tahu akan sesuatu besar juga.


Sebenarnya, apa aja sih bahaya yang mengintai saat Mama mengajak anak memasak bareng di dapur yang perlu diwaspadai?


1. Lantai


Lantai yang basah karena tetesan air atau minyak bisa menyebabkan anak terpeleset.

Mama jangan meletakkan telur, kentang, bawang dan benda lain yang bisa menyebabkan anak tergelincir. Jadi usahakan lantai tetap kering dan terbebas dari barang-barang yang berserakan.


2. Kompor


Anak kecil rasa ingin taunya besar sekali kan, Ma. Tombol kompor pun bisa diotak-atik oleh mereka, hanya karena kepo. Belum lagi kalo kompornya nyala, warna api bisa menarik perhatian anak.

Duh, hati-hati ya, Ma, jangan sampai deh anak memegang api kompor kalau Mama mengajak mereka ikut bereksperimen memasak di dapur.


BACA JUGA


9 Resep Masakan Yang Bisa Mama Praktikkan Bersama Si Kecil

9 Resep Masakan Yang Bisa Mama Praktikkan Bersama Si Kecil

Memasak bersama di hari libur bisa menjadi salah satu quality time yang menyenangkan bagi Mama dan si kecil

Read more..


3. Air Panas dan Benda Panas


Apa pun benda panas yang ada di dapur bisa berbahaya bagi anak, Ma. Oven, wajan atau panci panas kalau tak sengaja disentuh bisa membuat tangan anak terbakar.

Mama bisa menggunakan gagang panci atau wajan yang tidak panas saat disentuh. Begitu juga dengan pintu oven, bisa diberi lapisan pelindung agar tidak panas saat disentuh.

Hati-hati juga dengan air panas, semisal rebusan air untuk kopi atau kaldu. Bahkan uap panasnya pun juga bisa menimbulkan luka bakar lho!


4. Benda tajam dan berat


Benda yang tajam seperti pisau dan parutan bisa membuat anak terluka. Selain benda tajam, alat-alat memasak seperti wajan atau panci yang berat bisa berbahaya bagi anak.

Amankan benda-benda tersebut dari tempat yang bisa dijangkau oleh anak.


5. Bahaya keracunan


Sabun pencuci piring, pembersih lantai dapur, pembersih keramik, pewarna makanan sangat berbahaya dan bisa menimbulkan keracunan kalau sampai terminum oleh anak.

Tempatkan semuanya dalam wadah khusus tertutup dan aman dari jangkauan anak.


BACA JUGA


Menata Dapur Sempit yang Masih Saja Disesaki oleh Peralatan Masak yang Banyak? Gampang!

Menata Dapur Sempit yang Masih Saja Disesaki oleh Peralatan Masak yang Banyak? Gampang!

Menata dapur sempit itu nggak butuh effort yang terlalu gimana-gimana kok. Yang penting, kejelian kita memanfaatkan area kosong

Read more..


Yup, itulah ke 5 bahaya mengintai di dapur. Jangan lelah untuk selalu memberikan pengertian kepada anak akan bahaya-bahaya tersebut ya, Ma. Bagaimanapun, meskipun Mama sudah usahakan area dapur seaman mungkin bagi anak, tetap yang nomor satu adalah anak tau dan paham akan bahaya tersebut sehingga tidak melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan dirinya terluka.

Jadikan kegiatan memasak bersama anak menjadi kegiatan yang bermanfaat, menyenangkan dan aman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ajak Anak Memasak Bareng? Tetap Waspada Akan 5 Bahaya Mengintai di Dapur Ini Ya, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lianny Hendrawati | @liannyhendrawati

Wife | Mom with 3 kids | Blogger | Blue Lovers

Silahkan login untuk memberi komentar