Ajak Balita Berkemah Itu Seru! 9 Tips Cerdas Ini Akan Bantu Mama Membuatnya Makin Seru

Berkemah di alam bebas

Ajak Balita Berkemah Itu Seru! 9 Tips Cerdas Ini Akan Bantu Mama Membuatnya Makin Seru

999
Berkemah di tempat yang indah dan bebas untuk menghirup udara segar adalah salah satu cara untuk membentuk kenangan yang indah bersama keluarga.

Sudah pernah ajak si kecil berkemah, Ma? Seru banget loh!

Suara air terjun yang khas, gemercik air sungai yang jernih di antara bebatuan, dedaunan yang indah, kupu-kupu beterbangan, langit biru, dan hutan tinggi menjulang akan selalu dikenang anak akan kehidupan di alam bebas.

Inilah sekolah alam sebenarnya, Ma. Tempat kita mengajari anak bersyukur kepada Tuhan akan keindahan alam. Menyadari arti penting untuk menjaga keindahan dan kelestariannya. Melatih kita untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.



Ya, kalau anak Mama masih balita, acara berkemah ini memang akan lebih menantang daripada berkemah dengan anak remaja atau orang dewasa. Namun bukannya tidak mungkin lho, Ma.

Mama harus berpikir bahwa berkemah bukan sekadar menghabiskan waktu luang, namun saatnya berinvestasi yang menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Bukan hanya uang yang kita investasikan untuk masa depan, kenangan yang indah pun demikian, Ma.

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Pepatah ini ada benarnya. Ketika kita yakin kita bisa, maka otak kita secara ajaib akan menuntun memberikan ide untuk semua masalah yang mungkin timbul. Inilah saatnya Rocking Mama beraksi.


BACA JUGA


Peralatan Kemah yang Wajib Dibawa Demi Menikmati Petualangan Seru dalam Camping Keluarga Weekend Ini!

Peralatan Kemah yang Wajib Dibawa Demi Menikmati Petualangan Seru dalam Camping Keluarga Weekend Ini!

Peralatan kemah seabrek sampai-sampai kita malas berangkat atau malas mengajak anak mengalami petualangan seru? Ah, rugi banget. Peralatan ...

Read more..


9 Tips cerdas mengajak si balita berkemah tanpa kesulitan dan menjadikannya seru


1. Riset lokasi berkemah




Yes, kita perlu riset dulu beberapa tempat berkemah di sekitar kita. Berapa jaraknya dari rumah, mau naik apa ke sana, harus bawa apa saja, dan seterusnya.

Tenda sekarang murah sekali di toko daring. 200.000-an sudah dapat sebuah tenda untuk kapasitas empat hingga lima orang, Ma. Ajak Papa untuk memilih tendanya.

Saran saya nih, jika Mama ingin berkemah dan kebetulan masih musim hujan, pastikan untuk menyiapkan tenda dengan fly sheet untuk mencegah air hujan mengenai tenda kita.

Nah, sebelum hari H, kita bisa latihan dan mencoba berkemah terlebih dahulu di halaman rumah. Jika tidak ada halaman rumah, buka saja tenda di dalam rumah. Pasangkan lampu tenda dengan baterai, matikan semua lampu, siapkan kasur tiup dan bed cover. Tidur bersama mereka, dongengkan cerita indah sebelum mereka tidur.

Setelah mereka semua nyaman dan terbiasa, baru ajak mereka berpetualang di tempat alam bebas. Jika Mama butuh listrik di tempat berkemah, banyak tempat berkemah yang menyewakan listrik dengan menarik kabel ke tenda.

Berkemah di alam bebas saat ini banyak sekali pilihannya. Dari glamping alias glamour camping hingga yang murah meriah tersedia, kok Ma.

Sebenarnya pun, jika kita tidak memiliki tenda, pihak pengelola juga menyewakan tenda dan siap mendirikannya untuk kita.

Jika Mama dan Papa ada anggaran lebih, berkemah di tempat yang menawarkan glamping menawarkan kemewahan layaknya di hotel sehingga kita bisa fokus untuk menjaga anak dan bermain bersama mereka. Kita hanya perlu fokus dengan mainan dan segala perlengkapan yang mereka butuhkan.



Jika Mama merasa glamping kurang menantang, Mama bisa mulai berinvestasi mencicil peralatan berkemah, mulai dari tenda, fly sheet, senter dan lampu tenda, matras untuk keluarga makan bersama dan bermain, kasur tiup, kompor mini portable, dan sebagainya.

Semuanya bisa Mama dapatkan dari telepon genggam di toko daring!


2. Tentukan tanggal yang pas




Kapan Mama dan Papa bisa cuti? Ada harpitnas (hari kejepit nasional)-kah? Liburan anak sekolah? Long weekend?

Diskusikan bersama kapan Mama dan keluarga bisa berinvestasi hari libur untuk acara seru ini. Jangan lupa periksa cuaca ya Ma.

Meskipun berkemah adalah soal menyiapkan kita untuk tinggal di segala cuaca, namun kegiatan di dalam tenda sepanjang hari hanya memandang hujan kan kurang seru, ya Ma. Kita kan berkemah untuk bermain dan menikmati alam. Jika hanya menikmati hujan dari kamar di rumah saja bisa.

Nah, untuk memprediksi cuaca, banyak situs yang menyediakan prakiraan cuaca dalam hitungan jam dan hari. Mama bisa cari tahu di Google.


3. Tentukan kegiatan


Bacalah cerita orang lain yang pernah berkemah di tempat yang akan kita tuju; apakah ada air terjunnya, sungai, tempat foto bersama yang indah, lapangan untuk bermain layang-layang atau kasti, hiking, dan sebagainya.

Anak-anak tentunya akan mudah bosan jika kita tidak punya sesuatu untuk menyibukkan mereka.


4. Persiapan logistik adalah koentji




Berkemah bukannya sengsara lho, Ma. Asal kita well prepared, semuanya serasa menginap di hotel bintang lima.

So, apakah Mama mau masak sendiri? Jika ya, kompor portable bisa dibawa. Gasnya bisa dibeli di minimarket atau toko daring. Mama tentunya bisa menyiapkan peralatan masak sesuai menu kesukaan keluarga.

Jika tidak mau ribet, bisa beli di warung-warung yang biasanya ada di sekitar tempat berkemah. Untuk menu balita Mama tentunya bisa menyesuaikan juga.

Termos jangan lupa di bawa ya, Ma. Kalau si kecil lapar atau haus, air panas sudah siap tanpa perlu kita harus repot menjerangnya terlebih dahulu. Bawa aqua galon akan membantu juga memastikan keluarga tidak dehidrasi.


5. Kebutuhan balita yang terpenting


Semua kebutuhan balita jangan lupa di bawa ya, Ma.

Lotion anti serangga, anti sengatan matahari, bedak, pampers, boneka buat menemani tidur, dan semua yang penting jangan lupa dibawa. Double check, Ma!

Buah-buahan, minuman segar buat keluarga untuk selepas acara siang, jangan lupa disiapkan.

Meski prakiraan cuaca mengatakan aman, membawa payung dan jas hujan sebagai cadangan adalah sesuatu yang bijaksana.


BACA JUGA


Pengin Keluarga Sehat, Lakukan 5 Aktivitas yang Melibatkan Fisik Ini Secara Teratur Bersama-sama!

Pengin Keluarga Sehat, Lakukan 5 Aktivitas yang Melibatkan Fisik Ini Secara Teratur Bersama-sama!

Keluarga sehat? Wujudkan dengan melakukan 5 aktivitas menyenangkan nan seru ini bersama

Read more..


6. Bawa alat dokumentasi


Bawa alat untuk mendokumentasikan kegiatan.

Secara umum ponsel cerdas kita bisa digunakan. Pastikan kita membawa cadangan powerbank, atau charger. Membawa kamera DSLR atau mirrorless akan lebih baik lagi.

Jika Mama pengguna iPhone, pastikan membuat film dengan aplikasi iMovie yang bisa dibuat dalam waktu hitungan menit! Coba panggil Papa sekarang dan minta dia google iMovie ya Ma. Dia akan merasa tertantang!

Jika Mama adalah Androiders, aplikasi Video Show atau VidTrim juga bagus untuk mengabadikan momen gokil bersama keluarga!

Ini semua penting karena akan menjadi bagian kenangan buat anak-anak dan pasangan kita, Ma.


7. Tiba saat hari masih terang


Pastikan Mama sampai di tempat berkemah ketika masih terang.

Dengan datang ketika masih ada cahaya, kita dan anak-anak bisa memilih tempat untuk mendirikan tenda yang paling strategis. Misalnya dekat dengan toilet, warung, tempat ibadah, pemandangannya bagus, dan sebagainya.

Kita juga bisa memilih tempat berkemah yang dekat dengan lapangan luas tempat anak bisa bermain layang-layang atau kejar-kejaran, atau menghindari tempat yang berisiko buat anak.

Gunakan Google Maps atau Waze untuk memperkirakan jarak dari rumah Mama ke tempat berkemah. Kapan harus packing, jam berapa harus berangkat, rute mana yang akan dilewati adalah bagian dari serunya berpetualang Ma.

Ingat, Ma, bukan sekadar ribet. Ini investasi. Apa Ma? Investasi! Pinteeeer! Hahaha.


8. Bagi tugas


Bagi tugas dengan Papa dan siapa pun yang ikut berkemah; siapa yang memasak dan siapa yang akan menjaga anak.

Jika Mama adalah the best chef in the family, maka minta Papa menjaga anak-anak atau mengajak mereka bermain, sementara Mama menyiapkan cinta dalam bentuk masakan yang lezat tiada tara.

Tapi jangan hanya mi rebus dan telur ya, Ma? Meski makanan apa pun terasa lezat ketika berkemah di alam bebas, menyediakan makanan yang berkualitas bukannya mustahil lho, Ma. Sosis, roti bakar, dan mi goreng dengan telur biasanya memang favorit.

Mama juga bisa libatkan anak-anak saat menyiapkan makanan. Pasti beda rasanya dengan waktu memasak di rumah.


9. Berpikir positif terhadap apa pun yang terjadi



Namanya petualangan, akan ada satu dua banyak hal yang tidak sesuai rencana.

Ada barang yang diperlukan ketinggalan di rumah, misalnya. Cari jalan keluar bersama. Bukankah tujuannya mendekatkan satu sama lain dan bukannya menyalahkan yang lainnya?

Masalah datang sebagai ujian agar kita naik kelas. Agar kita terlatih problem solving. Masalah akan selalu ada, namun bagaimana kita menyikapinya akan menentukan hasil akhirnya.

Jadikan momen investasi ini (ya elah, investasi lagi disebut), sebagai momen yang menyenangkan dan indah bersama keluarga.


BACA JUGA


Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

“The sun does not shine for a few trees and flowers, but for the wide world’s joy.” –Henry Ward Beecher

Read more..


Nah, selamat mengajak si balita berkemah ya, Ma! Selamat membuat kenangan yang indah untuk memori otak di usia emasnya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ajak Balita Berkemah Itu Seru! 9 Tips Cerdas Ini Akan Bantu Mama Membuatnya Makin Seru". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wisnu Widiarta | @wishknew

A father of two cool kids who love to share good stuffs about movies, outdoor activities, family, and technology. wisnuwidiarta.com

Silahkan login untuk memberi komentar