Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Picture credit: readanddigest.com

Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

1.6K
Minuman kemasan memang menyegarkan, di samping penyajiannya yang praktis. Namun, hati-hati, karena kita tidak tahu dengan pasti, kandungan apa saja yang ada di dalam minuman kemasan tersebut.

Di tengah cuaca panas terik maupun sedang hujan, tidak jarang minuman kemasan menjadi pilihan bagi Mama dan keluarga, bukan? Segar sih ya, Ma, dan praktis pula!

Namun, tahukah Mama bila minuman kemasan ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, terlebih bagi kesehatan anak-anak?

Sekadar informasi, ya, Ma, anak-anak dalam rentang usia antara 1 - 3 tahun boleh mengonsumsi 5 sendok teh gula per hari yang setara dengan 80 kalori jika satu sendok teh gulanya mengandung 16 kalori. Sedangkan untuk anak dalam rentang usia 4 - 6 tahun, konsumsi gula yang dianjurkan hingga 8 sendok teh per hari, yang setara dengan 128 kalori atau 10% dari kandungan gizi yang dikonsumsi.

Namun sayangnya, hal ini tidak berlaku bila anak sering mengonsumsi minuman kemasan, karena terkadang minuman kemasan mengandung kadar gula yang berlebih sehingga dapat memicu penyakit, apalagi terlalu sering dikonsumsi.

Nah, tapi Mama tidak perlu khawatir.

Simak dulu uraian dari Rocking Mama tentang minuman kemasan serta penyajian yang pas dan tepat untuk anak-anak berikut ini.


BACA JUGA


7 Camilan Sehat untuk Keluarga Ini Cocok Sebagai Pengganti Junk Food. Sedap Lagipula Bergizi!

7 Camilan Sehat untuk Keluarga Ini Cocok Sebagai Pengganti Junk Food. Sedap Lagipula Bergizi!

Camilan sehat harus selalu tersedia setiap saat. Namanya anak-anak kan sudah biasa nggak bisa berhenti makan. Dengan camilan sehat, maka ...

Read more..


7 Jenis minuman kemasan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya pada anak-anak



1. Minuman Berkarbonasi

1. Minuman Berkarbonasi - Photo credit: cdn.newsapi.com.au
Photo credit: cdn.newsapi.com.au


Minuman berkarbonasi ini biasanya lebih dikenal juga minuman bersoda. Minuman ini sangat mudah ditemui bahkan di warung kecil dekat rumah sekalipun. 

Minuman kemasan bersoda seperti ini memang memberikan efek yang menyegarkan saat masuk ke dalam tenggorokan. Air soda dibuat dengan melarutkan gas karbondioksida (CO2) ke dalam air dan ketika berada pada tekanan tinggi, gas tersebut akan membentuk asam karbonat yang Mama lihat pada minuman kemasan tersebut.

Sayangnya, Mama, minuman ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. 

Kandungan gula dalam minuman kemasan bersoda seperti ini bisa mencapai hingga 12 sendok teh lho, melebihi jumlah gula yang disarankan untuk dikonsumsi. Selain itu, minuman ini ternyata dapat mengakibatkan pengeroposan tulang serta kerusakan gigi, karena memudahkan proses pengeluaran kalsium dari dalam tubuh.



2. Bubble Drink

2. Bubble Drink - Photo credit: sg.theasianparent.com
Photo credit: sg.theasianparent.com


Bubble drink bisa jadi salah satu minuman yang anak-anak suka, ya, Ma. Rasanya yang manis, ditambah bubble yang ada di dasar gelas memiliki sensasi tersendiri saat diminum. Terlebih pembuatan bubble sebenarnya sangat sederhana, hanya tinggal mengentalkan tepung tapioka dalam air panas, diberi sedikit pewarna makanan, lalu dibentuk bulat, jadi deh.

Bubble drink adalah salah satu minuman yang sebenarnya masih boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Namun, Ma, perlu diingat, ya, anak-anak hanya boleh mengonsumsinya nggak lebih dari satu gelas ukuran regular atau sedang per hari. Juga, dalam pemilihan varian campuran bubble, usahakan pilihlah yang mengandung susu atau jus buah asli. 

Sebaiknya hindari bubble drink dengan campuran teh atau kopi karena mengandung kafein dan tanin yang memiliki sifat dapat mengikat zat besi. Mama tahu kan ya, kalau zat besi sangat penting dalam pembentukan darah, terlebih dalam usia perkembangan anak?

So, hati-hati dalam memilih ya!



3. Teh Instan

3. Teh Instan  - Picture credit: momjunction.com
Picture credit: momjunction.com


Teh instan kemasan memang sangat praktis untuk menjadi bekal anak-anak ke sekolah maupun ketika bepergian. Sayangnya, kandungan gula yang terkandung di dalamnya cukup tinggi bila dikonsumsi. 

Bayangkan saja, Ma, dalam minuman kemasan teh kotak ukuran 250 ml, kandungan gula rata-rata sebesar 21 gram! Bila dirincikan 1 sendok teh gula sama dengan 4 gram, maka teh intan kemasan mengandung kurang lebih 5.25 sendok teh gula. 

Maka, teh instan kemasan sebaiknya dijauhkan saja dari anak. Selain kandungan gula yang cukup tinggi, dalam minuman kemasan tersebut juga terdapat kandungan kafein serta tanin yang berbahaya bagi kesehatan. 

Hati-hati juga dengan teh kemasan dengan label less sugar atau rendah gula, ya, Ma, karena sama bahayanya bila dikonsumsi terus-menerus.

Untuk mengganti teh instan kemasan, pilih saja teh celup yang diseduh dengan air hangat. Memang agak sedikit repot, tapi setidaknya Mama bisa mengontrol minuman yang diminum oleh anak dan gula yang masuk untuk menghindari diabetes pada anak.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bella Zoditama | @bellazoditama

Saya hidup dengan kata-kata yang tertuang lewat tulisan. Sesekali memotret, membaca, dan menonton untuk menyeimbangkan hidup.

Silahkan login untuk memberi komentar