Anak Bermain Ada Manfaatnya Lho, dan Bahkan Penting Bagi Tumbuh Kembangnya!

Anak Bermain Ada Manfaatnya Lho, dan Bahkan Penting Bagi Tumbuh Kembangnya!

1.2K
Anak bermain keharusan. Nggak boleh diganggu gugat! Karena dengan bermain, mereka bisa mengembangkan daya kreatifitas dan juga bisa melatih mereka untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Bermain merupakan aktivitas yang penting untuk anak-anak berapa pun usianya, bener nggak Ma? Aktivitas yang juga sebetulnya tetap dibutuhkan oleh mereka yang telah remaja atau kita orang dewasa dan mereka yang mulai menua. Bermain memang identik dengan anak-anak. Apalagi mereka yang tengah berada dalam masa tumbuh kembang memang membutuhkan porsi aktivitas bermain yang jauh lebih banyak dari kita. Oleh karena itu, anak bermain itu penting lho bagi pertumbuhan mereka.


BACA JUGA


5 Kegiatan Weekend Bersama Keluarga yang Seru untuk Menggantikan Weekdays yang Kurang Berkualitas

5 Kegiatan Weekend Bersama Keluarga yang Seru untuk Menggantikan Weekdays yang Kurang Berkualitas

Kegiatan weekend bersama keluarga penting untuk dilakukan, untuk mengganti weekdays yang mungkin terasa kurang berkualitas karena Mama sibuk ...

Read more..


Bermain hakikatnya juga merupakan hak anak-anak. Bukan tanpa sebab, karena memang manfaat dan peran bermain sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Mereka tidak hanya butuh bermain untuk perkembangan fisik namun juga mental dan kecerdasannya.



Anak bermain merupakan sarana stimulasi yang paling lengkap karena melibatkan hampir semua aspek kecerdasan majemuk anak-anak (multiple intelligence) mulai dari kecerdasan bahasa, fisik, logik matematik, kecerdasan alamiah, visual spasial, musik, kecerdasan emosi atau intrapersonal, dan bahkan hubungan antar personal atau interpersonal

Untuk anak-anak usia dini (0-5 tahun), anak bermain sebaiknya ke permainanang lebih sederhana dengan mainan edukatif sangat baik untuk merangsang fungsi panca indera anak, meningkatkan kecerdasan berbahasa, meningkatkan ketangkasan, dan yang lebih penting membangun interaksi si kecil dengan Mama, Papa, kakak-kakaknya atau bahkan teman-temannya.

Pada usia yang lebih besar beragam jenis permainan baik permainan aktif maupun permainan pasif membantu anak-anak mengembangkan potensi kecerdasan majemuknya. Dalam permainan aktif di mana anak-anak bebas berekplorasi melakukan apa yang diinginkannya, akan menumbuhkan rasa senang dan sekaligus menemukan pengalaman-pengalaman baru.


Anak bermain aktif misalnya bermain peran. Anak-anak paling suka bermain peran terutama jika dilengkapi dengan mainan dari tokoh cerita favoritnya. Tidak hanya melatih imajinasi, bermain peran meningkatkan kemampuan anak berinteraksi dan berkomunikasi. Ini merupakan proses pengembangan kecerdasan bahasa dan interpersonal, Ma.

Anak bermain pasif seperti membaca buku cerita atau game yang bersifat edukatif juga masih bisa menjadi pilihan asalkan kita bisa mendampingi mereka. Begitu banyak manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak, sedemikian pentingnya hingga kita harus memastikan bahwa mereka mendapatkan hak tersebut sesuai perkembangan usianya.


Untuk Mama yang memiliki anak-anak dengan usia yang berdekatan, Mama beruntung karena saat bermain, mereka bisa bermain bersama. Permainan berkelompok seperti main peran, sekolah-sekolahan, rumah-rumahan, main congklak, atau bahkan saat bermain di luar rumah terutama untuk permainan yang harus dilakuan secara tim. Saat sedang penat dan ada hal yang harus Mama kerjakan, Mama bisa meminta mereka bermain bersama. Asalkan ada fasilitas yang menunjang, biasanya mereka tetap asyik dan seru bermain bersama dan lupa sama Mama. Mama bisa santai sebentar, kan?

Oh, ya, sebaiknya Mama membebaskan mereka bermain dan mengeksplore mainan yang mereka punya dan memilih ruangan untuk bermain.



Berantakan? itu sih biasa! Kadang biarkan mereka berimajinasi sendiri dengan dunia mainan mereka. Bahkan sering-seringlah Mama ikut main sama mereka. You know what, Ma? it is FUN. Sebisa mungkin ketika anak bermain singkirkan sejenak TV, gadget atau main game, semakin mereka interaktif satu sama lain semakin bagus untuk mereka kan?


Jika dirangkum, adapun 5 manfaat utama dari anak bermain :
1. Membuat anak untuk belajar tentang segala hal.
2. Anak bermain adalah langkah awal bagi mereka untuk bersosialisasi dengan lingkungan.
3. Dapat meningkatkan self development mereka yang nantinya hal ini bisa berguna lho Ma dalam perkembangan psikologis mereka.
4. Untuk anak usia dini, bermain dapat meningkatkan pertumbuhan kognitif mereka.
5. Dan paling terpenting dengan anak bermain bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.


BACA JUGA


Kehabisan Ide Main? Ini Dia 10++ Aktivitas Seru untuk Anak Usia 0 - 2 Tahun ala Buku Pojok Bermain Anak

Kehabisan Ide Main? Ini Dia 10++ Aktivitas Seru untuk Anak Usia 0 - 2 Tahun ala Buku Pojok Bermain Anak

Anak yang berusia 0 - 2 tahun memang menghabiskan lebih banyak waktunya bersama mamanya di rumah. Maka, agar ia nggak menjadi bosan, kita ...

Read more..


Jadi, yuk, Ma, sisihkan waktu sedikit untuk bermain bersama mereka. Entah itu membacakan dongeng, bermain menyusun lego ataupun melakukan aktivitas fisik keluarga di luar rumah.

So, karena Mama kini sadar akan pentingnya anak bermain, maka fasilitasilah dengan permainan. Atau izinkanlah anak bermain di luar rumah dengan pengawasan dari Mama.

Let them play, with you too!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Bermain Ada Manfaatnya Lho, dan Bahkan Penting Bagi Tumbuh Kembangnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ophi Ziadah | @OphiZiadah

Mom of Trio Alinga, Zaha, and Paksi. Legislative drafter who loves blogging. Visit her personal blog at www.ophiziadah.com www.marlekum.net

Silahkan login untuk memberi komentar