Anak Perempuan dari Ibu Bekerja Lebih Sukses di Pekerjaannya Kelak - Benarkah Demikian?

Anak Perempuan dari Ibu Bekerja Lebih Sukses di Pekerjaannya Kelak - Benarkah Demikian?

4.4K
4,5 % anak perempuan dari seorang ibu bekerja ternyata lebih sukses dalam kariernya, dan memegang posisi penting dalam pekerjaannya.

Sudah tahu belum, Ma, bahwa ada hasil penelitian Harvard Business School dirilis pada tanggal 19 Juni 2015 lalu, dan menjelaskan, bahwa 4,5 % anak perempuan dari seorang ibu bekerja ternyata lebih sukses dalam kariernya, dan memegang posisi penting dalam pekerjaannya.

Mereka bahkan juga mendapatkan gaji yang lebih baik dan lebih sukses dibandingkan ibu mereka lo. Di Amerika Serikat, pendapatan atau gaji anak perempuan dari seorang ibu bekerja rata-rata lebih tinggi bisa mencapai 5,200 US dollar!

Ini tentunya menjadi kabar bahagia ya, Ma, terutama untuk para ibu bekerja. Karena tak bisa dimungkiri, dilema seorang ibu bekerja adalah nggak bisa mengawasi anak sepenuhnya, nggak punya banyak waktu luang untuk lebih banyak bercengkerama dengan anak-anaknya, dan “dicap” kurang perhatian terhadap anak-anak.

Penelitian yang dilakukan di 24 negara itu, juga mengungkapkan bahwa anak laki-laki seorang ibu bekerja juga lebih peduli terhadap keluarga, lebih senang menghabiskan waktu bersama keluarga dan lebih terampil dalam melakukan pekerjaan rumah tangga daripada anak-anak pada umumnya.

Memang, penelitian tersebut dilakukan di sebagian besar negara maju sih, misalnya seperti di Amerika Serikat dan Inggris. Tapi tak urung hal ini bisa menjadi semacam jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan yang beredar mengenai para ibu bekerja.

Selain, tentunya, fakta bahwa ternyata kontroversi mengenai ibu bekerja ini ternyata tak berhenti di negara kita saja ya, tapi juga terjadi di belahan bumi lain yang (katanya) lebih modern dalam menerima perbedaan antara working mom dan stay at home mom.


BACA JUGA


Ini Dia 11 Kalimat Paling Menyebalkan bagi Para Mama Bekerja. Don't Ever Say That!

Ini Dia 11 Kalimat Paling Menyebalkan bagi Para Mama Bekerja. Don't Ever Say That!

If evolution really works, how come mothers only have two hands? ~ Milton Berle

Read more..
[/readmore]


Lalu, Kenapa Anak Perempuan dari Seorang Ibu Bekerja Bisa Lebih Sukses?



Hal ini terjadi karena orang tua memang selalu menjadi role model, atau contoh bagi anaknya.

Padahal, masih menurut penelitian tersebut, sebagian besar ibu bekerja yang disurvey, tak banyak berharap lho kalau anak perempuan mereka akan bisa seperti mereka.

“Ibu yang bekerja menciptakan sikap dan tanggung jawab terhadap suatu pekerjaan kepada anak-anak mereka,” jelas Kathleen McGinn, professor dari Harvard Business School, yang menjadi Ketua Pelaksana dari studi tersebut. “Ketika Ibu pergi bekerja, ibu membantu anak memahami bahwa banyak kesempatan untuk mereka. Dan ini merupakan efek positif bagi anak-anak dari perempuan yang bekerja."


BACA JUGA


Wahai, Ibu Bekerja, Berhenti Meragukan Dirimu Sendiri karena Kamu Punya 7 Hal Luar Biasa Ini!

Wahai, Ibu Bekerja, Berhenti Meragukan Dirimu Sendiri karena Kamu Punya 7 Hal Luar Biasa Ini!

Mengapa harus merasa bersalah akan peranmu, wahai ibu bekerja? Don't! Karena tak semua orang bisa mempunyai 7 hal luar biasa yang hanya ...

Read more..


Ibu Bekerja dan Dampaknya Bagi Perkembangan Anak



Topik kontroversi yang satu memang tak ada habis-habisnya untuk dibahas, ya. Selalu menjadi perbincangan seru di kalangan ibu-ibu.

Sering merasa nggak sih, Ma, bahwa keberhasilan anak, kemampuan anak, seakan-akan menjadi tolak ukur baik atau tidaknya seorang ibu, terutama seorang bagi seorang ibu bekerja?

Ketika anak, baik itu anak perempuan ataupun anak laki-laki, berhasil, itu dianggap hal yang wajar karena anak mencontoh sikap bertanggung jawab daro orang tuanya yang bekerja.

Lalu, ketika anak gagal? Cemooh nggak hanya datang dari orang luar. Justru yang membuat banyak para ibu bekerja ini semakin merasa bersalah, adalah sikap keluarga (seperti ibu mertua, adik/kakak ipar, sanak famili lainnya) yang bertubi-tubi menghukum atas "kegagalan" tersebut.

Risiko menjadi seorang ibu bekerja, terutama yang bekerja 9 to 5 memang lebih besar, namun banyak alasan kenapa perempuan memilih bekerja di luar rumah, dan itu adalah pilihan hidup yang orang lain tak berhak menghakiminya.

Well, tanpa bermaksud meremehkan ibu mana pun, atau mana yang lebih baik, penelitian yang positif ini perlu disebarluaskan sebagai salah satu fakta yang sudah dibuktikan secara ilmiah.

Karena, bagaimanapun, hasil penelitian Harvard Business School ini ibarat angin segar buat ibu bekerja. Siapa tahu bisa menambah motivasinya untuk semakin sayang pada keluarga. Iya nggak, Ma?

Biarkan saja perdebatan mengenai lebih baik mana, ibu bekerja atau tidak bekerja di luar rumah, terus berlanjut. Karena, bahkan di Amerika Serikat yang dianggap modern pun, hal ini masih terus saja ada.


BACA JUGA


Perang Para Mama, Perang Abadi - Kapan Akan Berakhir? Apa yang Mama Dapatkan?

Perang Para Mama, Perang Abadi - Kapan Akan Berakhir? Apa yang Mama Dapatkan?

Perang para mama; working mom vs stay at home mom, sukses ASI eksklusif vs gagal ASI eksklusif. What is it all about, Mama? Untuk apa ada ...

Read more..


Yang penting, Ma, apa pun itu, harus diyakini keputusan yang dilakukan bersama oleh para ibu bekerja adalah yang terbaik bagi keluarga.

Semangat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Perempuan dari Ibu Bekerja Lebih Sukses di Pekerjaannya Kelak - Benarkah Demikian?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indah Sibarani | @indahjulisibarani

Emak Blogger yang tinggal di Yogyarta. Wara wiri di Jakarta. Sesekali masak, lebih sering makan enak.

Silahkan login untuk memberi komentar