Anak Susah Makan? Ini Dia 5 Trik ala Seorang Papa Chef yang Bisa Mama Praktikkan Untuk Memperbaiki Pola Makan Mereka!

Anak Susah Makan? Ini Dia 5 Trik ala Seorang Papa Chef yang Bisa Mama Praktikkan Untuk Memperbaiki Pola Makan Mereka!

2.8K
Anak susah makan? Atasi segera, Ma. Tapi sabar, karena membentuk kebiasaan dan pola makan yang baik adalah proses yang memerlukan waktu panjang.

Benar adanya kan, Ma, jika kita sering dibuat pusing kepala karena bingung harus bagaimana lagi untuk mengatasi anak picky eater? Si anak susah makan, Mama juga pusing bukan kepalang ya.

Sebagian besar orang tua, terutama Mama pasti pernah mengalami masa-masa sulit di mana anak susah makan atau hanya memilih makanan tertentu saja.

Yah, supaya Mama merasa lebih baik saja nih, bahwa anak susah makan, lebih khususnya pada balita, atau biasa disebut picky eater, ini merupakan hal yang wajar terjadi ketika anak mulai beralih mengonsumsi makan makanan cair ke padat. Yes, semua anak pasti ada saatnya melewati tahap ini. Mereka akan mogok makan, atau melancarkan gerakan tutup mulut (GTM) karena menolak jenis makanan tertentu dan pengin yang lain.

Tetapi, Ma, kita harus mencegah hal itu agar jangan sampai keterusan. Anak akan belajar dari kebiasaan dalam sehari-hari, termasuk para anak susah makan ini. Jadi Mama harus segera mengubah kebiasaan pola makan anak dan keluarga, jika Mama mendapati anak mulai pilih-pilih makanan.

Jangan sampai anak keterusan jadi picky eater deh!


BACA JUGA


Selera Makan Anak yang Baik Dibentuk oleh Selera Makan Kita Sendiri - Yuk, Biasakan Supaya Anak Nggak Jadi Picky Eater!

Selera Makan Anak yang Baik Dibentuk oleh Selera Makan Kita Sendiri - Yuk, Biasakan Supaya Anak Nggak Jadi Picky Eater!

Selera makan dibentuk oleh budaya keluarga. anak dari orangtua yang picky eater memang biasanya akan cenderung jadi picky eater juga. So, ...

Read more..


Untuk mengatasi anak susah makan ini, sebaiknya Mama perlu untuk memahami lebih dulu, bahwa aktivitas makan pada anak merupakan suatu proses edukasi yang perlu dilakukan secara berkesinambungan, penuh kesabaran, dan pastinya juga, kasih sayang.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, bahwa untuk usia balita, anak susah makan memang wajar terjadi karena mereka sudah mulai memilih-milih makanannya. Namun, hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan segera kok. Caranya adalah dengan memperbanyak variasi dan pilihan jenis makanan dan rasa atau warna yang menarik.

Yes, kita sebagai seorang Rocking Mama memang dituntut untuk selalu lebih pintar dan kreatif dalam menyiapkan makanan, terutama MPASI, Ma. Tenang saja, Mama bisa kok mengutip trik dari Papa Roger Mooking, seorang chef asal Kanada, ini.


Mengatasi anak susah makan karena menjadi picky eater ala Roger Mooking, seorang chef asal Kanada.


1. Kenalkan Makanan Baru Setiap Minggu


Mengatasi anak susah makan #1: sering-seringlah mengganti menu makanan dan ajak makan di luar

Mama mesti mulai mengenalkan anak dengan menu baru yang beragam setiap minggunya, bahkan kalau bisa sih sebelum kejadian anak susah makan.

Cobalah untuk mengajak anak pergi ke supermarket untuk memilih sendiri bahan makanannya, atau Mama bisa juga mengajaknya makan di luar di akhir pekan.

Menurut Roger Mooking, Mama harus mengenalkan 52 jenis rasa setiap tahunnya selama 18 tahun awal kehidupan anak Mama. Ha, lama ya?

Jangan kaget dan marah, kalau mungkin si picky eater hanya akan mencicip sedikit, atau bahkan memuntahkannya. Beri semangat padanya untuk mau mencoba berbagai masakan baru, dan hargai setiap usahanya jika dia mau mencobanya.

Berdasarkan pengalaman saya, mungkin sekarang anak terlihat nggak menyukai makanan tersebut. Tetapi, percaya deh, suatu saat nanti, dia akan ingat rasa yang pernah dicicipinya ini dan tiba-tiba memintanya. Kalau sudah demikian, ya, berikan saja, Ma.


2. Mengreasikan Makanan yang Unik


Mengatasi anak susah makan #2: olah bahan makanan sekreatif mungkin

Anak susah makan mungkin nggak menyukai buah pisang, tapi Mama bisa loh merubah tekstur pisang dan mengreasikannya menjadi keripik pisang, banana cake atau pancake pisang.

Mama merasa nggak pandai mengolah dan mengreasikan makanan? Tenang aja, Ma, Rocking Mama punya banyak sekali resep kreasi makanan yang praktis dan pasti anak suka. Misalnya saja yang satu ini nih, resep sandwich yang akan memperkenalkan anak pada tekstur avokad. Atau, mungkin mau coba resep pisang goreng balut cokelatnya? Yummy banget lho! Juga ada berbagai resep snack yang praktis sebagai pengganti camilan junk food yang biasanya disukai oleh anak-anak.

Tinggal pilih deh! Semua praktis!


3. Biarkan Anak Memilih


Mengatasi anak susah makan #3: biarkan dia plating sendiri

Mama juga bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk menentukan dan memilih sendiri apa yang akan dan ingin dia makan. Biarkan anak plating sendiri di piring makannya.

Tugas Mama tinggal menyiapkan beberapa jenis makanan. Misalnya saja, Mama cukup menyiapkan berbagai macam buah-buahan dan mayonaise. Biarkan anak Mama sendiri yang memilih buah mana yang akan disajikan menjadi salad buah untuk menu breakfast-nya.


4. Libatkan Anak Saat Memasak


Mengatasi anak susah makan #3: ajak mereka untuk ikut mengolah makanan yang akan dimakannya

Melibatkan anak dalam proses memasak terbukti mendorong mereka mengadopsi pola makan sehat lho, Ma.

Ketika anak dilibatkan dalam kegiatan memasak, maka anak akan lebih mengenal beragam bahan makanan dan memahami zat gizi bahan-bahan tersebut. Dengan begitu, kemungkinannya untuk tumbuh menjadi anak susah makan dan picky eater akan berkurang.

Proses pembelajaran ini akan menjadi semakin efektif apabila sang anak menikmati proses tersebut. Jangan mencoba melarang jika anak tiba-tiba minta untuk ikut ke dapur dan pengin melihat Mama memasak. Coba jelaskan saja serba serbi memasak di dapur, mulai dari jenis-jenis bahan dan alat yang digunakan untuk memasak. Lalu ajak dia untuk membantu Mama memasak. Misalkan, Mama akan membuat roti, maka biarkan dia membantu mencampurkan adonannya.

Have fun, Mama!


5. It's OK, Jika Kadang-kadang Mama Berbuat "Curang"



Tidak jarang ditemui anak susah makan dan benar-benar menolak buah dan sayur. Kebalikannya justru banyak anak-anak lebih suka junk-food daripada makanan hasil olahan Mama sendiri.

Jika Mama memang sudah berada di ambang putus asa menghadapi anak seperti ini, boleh juga sekali-kali Mama mengakalinya. Misalnya, Mama bisa mencampurkan puree sayur dalam saus tomat yang sering dimakan anak bersamaan dengan junk-food kesukaannya.

Yang penting, anak mendapatkan nutrisi yang memang menjadi kebutuhannya.


BACA JUGA


Inilah 5 Manfaat  Positif Memasak Bareng Si Kecil

Inilah 5 Manfaat Positif Memasak Bareng Si Kecil

Cooking with kids is not just about ingredients, recipes, and cooking. It's about harnessing imagination, empowerment, and creativity. ~ Guy ...

Read more..


Mengubah pola makan anak susah makan supaya menjadi lebih sehat itu bukan tanpa proses. Yang Mama harus ingat, jangan memaksakan anak untuk menjadi penyuka segalanya. Mengenalkan rasa demi rasa secara bertahap adalah hal terbaik yang bisa kita terapkan kepada si picky eater dan si anak susah makan.

Yang terpenting, Mama harus tetap waras ya, Ma! Hehehe.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Susah Makan? Ini Dia 5 Trik ala Seorang Papa Chef yang Bisa Mama Praktikkan Untuk Memperbaiki Pola Makan Mereka!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yeni Susanti | @yenifkip

Silahkan login untuk memberi komentar