Anak Susah Mandi? Coba 5 Trik Mudah Ini untuk Mengatasinya, Ma!

Anak Susah Mandi? Coba 5 Trik Mudah Ini untuk Mengatasinya, Ma!

611
Menanamkan pemahaman kepada anak untuk mencintai diri sendiri sebaiknya dilakukan sejak usia dini ya, Ma. Salah satunya dengan rajin menjaga kebersihan tubuh dan mandi

Untuk sebagian anak-anak, kegiatan mandi adalah hal paling ditunggu-tunggu. Mungkin juga dalam sehari bisa berkali-kali masuk ke kamar mandi dan bermain air seharian.

Tapi ada juga anak yang sulit sekali kalau disuruh mandi. Jika anak Mama termasuk anak yang susah mandi, jangan hadapi dengan emosi ya, Ma.


BACA JUGA


Ingin Mendidik Anak Mandiri, Ini Dia Checklist yang Harus Mama Perhatikan!

Ingin Mendidik Anak Mandiri, Ini Dia Checklist yang Harus Mama Perhatikan!

Kita sudah bisa mendidik anak untuk mandiri sejak usia berapa? Dan, apa saja yang harus kita ajarkan pada anak lebih dulu saat mendidik anak ...

Read more..


Coba yuk, ikuti trik mengatasi anak yang susah mandi berikut ini!

1. Air hangat

Usahakan memakai air hangat ya, Ma. Karena anak-anak sangat malas mandi jika suhu air dalam keadaan dingin. Air yang hangat membuat anak nyaman dan ingin berendam. Air hangat juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah si kecil ketika lelah setelah beraktivitas.


Photo Credit : pinterest

2. Dekorasi kamar mandi

Ini mungkin harus merogoh kantong agak dalam ya, Ma. Bisa jadi si kecil takut masuk ke kamar mandi karena gelap dan kamar mandinya kurang terbuka. Mama bisa memandikan si kecil di ruangan yang lain, dan jangan lupa memajang mainannya di dekat tempat mandi.

Nah, jika kamar mandi sudah terang tapi masih tidak mau masuk juga, gimana ya? Mama bisa aplikasikan sticker-sticker lucu karakter favorit si kecil di tembok kamar mandi.

Jangan lupa mengikutsertakan si kecil saat menempelkan sticker tersebut agar anak bisa lebih betah berada di kamar mandi.


Photo Credit : leinsight

3. Kamar mandi yang bersih

Kalau kamar mandi bau dan kotor, pasti si kecil akan takut. Apalagi sampai keluar binatang seperti kelabang atau kecoa yang membuat si kecil trauma.

Jangan pernah menyepelekan kebersihan kamar mandi ya, Ma. Bukan hanya untuk kenyamanan si kecil saja, tapi juga bermanfaat sekali untuk kesehatan keluarga, termasuk Mama dan Papa sendiri.


Photo Credit : bobobebe

BACA JUGA


Jangan Lupa Mendidik Anak Soal 4 Hal Remeh Temeh yang Sering Terlupakan Ini Agar Mereka Survive Kelak!

Jangan Lupa Mendidik Anak Soal 4 Hal Remeh Temeh yang Sering Terlupakan Ini Agar Mereka Survive Kelak!

Dalam mendidik anak, banyak sekali PR yang harus kita kerjakan; sex education, pendidikan akademis, ini, itu. Lalu, kadang kita terlupa ...

Read more..


4. Permainan dan mainan

Pas waktu mandi tiba, coba buat mainan seolah-olah harus tersiram air. Bisa dengan menggunakan tembakan air atau papan seluncur untuk membuat si kecil nyaman bersentuhan dengan air.

Menaruh mainan di bak kamar mandi juga bisa dilakukan agar menarik perhatian si kecil.


Photo Credit : pinterest

5. Jaga mental si kecil

Ini kesalahan yang terkadang tidak disadari, Mama menakuti-nakuti si kecil dengan binatang dan hantu yang menyeramkan, sehingga menyebabkan si kecil tidak berani masuk ke ruangan tertentu. Hal ini bisa menyebabkan mental si kecil terganggu. Yuk hentikan menakuti si kecil dalam keadaan apa pun. Karena bisa berpengaruh pada psikologis si kecil loh, Ma.


Photo Credit : fanpop

BACA JUGA


Saat Mendidik Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Mengajarkan 10 Keterampilan Dasar Hidup Ini pada Mereka!

Saat Mendidik Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Mengajarkan 10 Keterampilan Dasar Hidup Ini pada Mereka!

Mendidik anak yang sudah dititipkan pada kita itu memang tak pernah mudah. Ada banyak hal yang harus segera kita ajarkan dan biasakan, agar ...

Read more..


Mungkin cara di atas sangat berlebihan untuk sebagian mama yang anaknya cenderung gampang bermain dengan air, tapi untuk si kecil yang sangat susah mandi semoga tips tadi bisa menolong ya, Ma.

Tetap semangat, Ma!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Susah Mandi? Coba 5 Trik Mudah Ini untuk Mengatasinya, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Silahkan login untuk memberi komentar