Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

912
Aromaterapi, dengan formula tepat, bisa membantu meredakan stres hingga meningkatkan imunitas tubuh. Yuk, telusuri manfaat wangi-wangian yang nggak sekadar untuk relaksasi ini, Ma!

Hai, Mama! Apakah Mama termasuk dari mereka yang familier dengan penggunaan aromaterapi? Bener nggak sih, aromaterapi ini bisa meredakan stres?

Aromaterapi merupakan salah satu jenis penyembuhan yang menggunakan bahan cairan yang bersifat mudah menguap, dan juga senyawa aromatik lainnya, untuk memengaruhi baik kesehatan maupun suasana hati kita.

Dan, yes, aromaterapi memang dipercaya merupakan salah satu alternatif terapi bagi kita yang sedang mengalami tekanan batin ataupun stres. Kok bisa ya? Well, terapi dengan wewangian dari berbagai jenis tanaman ini memang bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks dan tenang, Ma.

Beberapa kombinasi wewangian aromaterapi bahkan diklaim bisa membantu dalam pengobatan penyakit tertentu lho.

Tapi seperti halnya obat, kadang satu orang juga nggak sama reaksinya dengan orang yang lain. So, kalau salah meramu atau memilih, bisa jadi bukan kesembuhan yang didapat, melainkan pusing, mual dan reaksi alergi lainnya.


BACA JUGA


Pijat Sehat dan 20 Manfaat Terbaiknya untuk Kesehatan Mama

Pijat Sehat dan 20 Manfaat Terbaiknya untuk Kesehatan Mama

Pijat sehat sudah terbukti secara klinis mampu mengurangi kecemasan (anxiety) dan depresi! So, ayo, jadwalkan pijat sehat sekarang ...

Read more..


Yes, jadi ketepatan pemilihan jenis aromaterapi ini penting banget ya, Ma, kalau kita pengin menggunakannya secara efektif. Jadi gimana dong?

Ya sebaiknya, ayo kenalan lebih dalam dengan aromaterapi ini.


Cara Kerja Aromaterapi


Elemen penting dari aromaterapi adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman.

Pembuatannya adalah dengan menyuling berbagai bagian tanaman aromatik, seperti bunga, kelopak, akar, biji, daun, kulit pohon, ranting dan lain-lain, yang kemudian diproses sedemikian rupa. Penyulingan ini akan menghasilkan sari minyak beraroma khas dengan kepekatan aroma melebihi hampir 2 kali lipat dari tanaman aslinya.

Sekarang, aromaterapi nggak cuma berbentuk cairan esensial saja, tapi ada yang berbentuk lilin, sabun, garam mandi, dupa hingga minyak pijat.

Aromaterapi, pada dasarnya, bekerja melalui sistem penciuman dan sistem sirkulasi tubuh, Ma. As you know, organ penciuman merupakan satu-satunya indra kita yang mempunyai reseptor syaraf yang berhubungan langsung dengan dunia luar, dan langsung terhubung ke otak.

Jadi, memang akan peka sekali ya.


BACA JUGA


Perawatan Tubuh Dengan 7 Sisa Bahan Makanan Ini Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Kecantikan Mama

Perawatan Tubuh Dengan 7 Sisa Bahan Makanan Ini Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Kecantikan Mama

Saya paling suka mengoptimalkan penggunaan barang hingga benar-benar habis. Contohnya nih, body lotion yang sudah nggak mengeluarkan cairan ...

Read more..


Manfaat Aromaterapi

Menurut beberapa pihak, aromaterapi memang sangat manjur dalam penyembuhan beberapa macam penyakit. Namun, beberapa sumber lain menyebutkan bahwa aromaterapi hanya sekadar sugesti. Jadi, ini memang masih jadi perdebatan hingga sekarang.

Terus, bolehkah kita coba? Pastinya sih boleh-boleh saja ya, Ma. Kalau memang pengaruhnya baik, kenapa nggak kita coba kan?


1. Membantu meringankan stres


Manfaat paling populer dari aromaterapi adalah untuk menghilangkan stres.

Senyawa aromatik dari berbagai minyak esensial yang berbeda akan membantu proses relaksasi dan bisa menenangkan pikiran serta menghilangkan kecemasan.

Beberapa minyak esensial terbaik untuk menghilangkan stres adalah minyak lemon, lavendel, bergamot, peppermint, vetiver, dan ylang ylang.

Beberapa studi bahkan menyebutkan bahwa minyak lemon juga bisa untuk memperbaiki mood dan mengurangi kemarahan lho, Ma.


2. Atasi gangguan pencernaan


Masalah pencernaan tertentu juga dapat diobati dengan aromaterapi, misalnya seperti meringankan sembelit, kembung dan mempercepat metabolisme sehingga makanan bisa lebih cepat dicerna.

Minyak esensial yang terbaik untuk pencernaan adalah minyak lemon, jahe, adas, chamomile, clary sage dan lavendel.


BACA JUGA


2 Jenis Perawatan Setelah Melahirkan yang Bisa Mama Lakukan Sendiri di Rumah Ini Akan Membuat Mama Segera Pulih. Cobain Deh!

2 Jenis Perawatan Setelah Melahirkan yang Bisa Mama Lakukan Sendiri di Rumah Ini Akan Membuat Mama Segera Pulih. Cobain Deh!

Perawatan setelah melahirkan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah secara tradisional. Iya, kuncinya hanya satu, yaitu telaten dan ...

Read more..


3. Penyembuhan dan pemulihan


Beberapa minyak esensial juga dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi penyembuhan luka atau penyakit, Ma, karena bisa membantu proses peningkatan aliran oksigen dan peredaran darah ke luka yang perlu disembuhkan.

Sifat antimikroba dari minyak esensial tertentu juga bisa menjaga tubuh terlindungi selama tahap penyembuhan pasca sakit berat.

Beberapa minyak esensial yang paling populer untuk mempercepat proses penyembuhan, antara lain lavendel, calendula, rosehip, everlasting, dan minyak buckthorn.

Sejumlah orang bahkan menggunakan aromaterapi lebih dari sekadar menyembuhkan luka, tapi juga untuk mengurangi tingkat keparahan dan ketidaknyamanan karena masalah kulit, seperti psoriasis dan eksim.


4. Mengatasi insomnia


Sudah tahu kan, Ma, kalau kekurangan tidur bisa memperburuk atau menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, juga dapat menyebabkan rasa lelah dan kurang berenergi.

Minyak esensial terbaik untuk mengatasi gangguan insomnia dan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas antara lain lavendel, chamomile, melati, benzoin, neroli, mawar, cendana, dan ylang ylang.


5. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh


Efek antimikroba, antijamur, atau antibakteri dari minyak esensial aromaterapi dapat melindungi Mama dari sejumlah penyakit dan infeksi juga, Ma.

Beberapa minyak yang paling efektif adalah oregano, lemon, peppermint, kayu manis dan eucalyptus.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

Ada yang susah tidur? Rasanya gimana, Ma? Pastinya nggak enak ya di tubuh. Makanya Mama harus tahu beberapa cara tidur nyenyak yang bakalan ...

Read more..


Tips aman menggunakan aromaterapi


Aromaterapi yang digunakan pada pagi hari akan dapat membantu Mama untuk meningkatkan semangat atau energi. Apabila ingin efek yang menenangkan, gunakanlah aromaterapi pada malam hari ataupun menjelang tidur.

Sebelum menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan agar efek aromaterapi ini lebih efektif.

  1. Simpan semua minyak esensial dalam botol gelap, dan hindari panas matahari serta sinar secara langsung, karena bisa merusak komposisinya.
  2. Minyak esensial hanya digunakan sebagai obat luar, bukan untuk diminum atau dimakan.
  3. Jangan sampai terkena mata. Jika kena, segera periksa ke dokter.
  4. Banyak minyak esensial yang sensitif terhadap cahaya dan menimbulkan reaksi dengan kulit jika terkena sinar matahari. Hindari menggunakan minyak esensial ini jika akan keluar rumah.
  5. Beberapa minyak esensial dapat menyebabkan iritasi kulit, Ma. Jadi, segera hentikan pemakaian jika ada reaksi alergi ya.
  6. Gunakan oil burner, yaitu semacam alat bertenaga listrik khusus yang dapat memanaskan minyak esensial pada suhu yang tak terlalu tinggi. Dengan demikian, uap dari minyak dapat keluar dan menebarkan aromanya tanpa merusak molekul minyak.
  7. Jika Mama sedang hamil, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu jika ingin menggunakan minyak esensial.
  8. Pastikan pula minyak esensial yang Mama peroleh merupakan produk asli yang nyaan dan berasal dari sumber yang terpercaya.



Nah, mumpung nih, weekend. Mama mau coba relaksasi di rumah dengan aromaterapi ini sekarang? Yes, pilih aroma yang sesuai dengan "keluhan" Mama, dan lalu siapkan alat-alatnya dengan baik.

Selamat bersantai, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar