#AskHealer bersama Paolo Kenzo: Self Healing untuk Segala Permasalahan Hidup, Wujudkan Kesehatan dan Kebahagiaan Hakiki

#AskHealer bersama Paolo Kenzo: Self Healing untuk Segala Permasalahan Hidup, Wujudkan Kesehatan dan Kebahagiaan Hakiki

6.9K
Semua masalah ada penyelesaiannya. Hanya perlu bersabar dan belajar tekniknya. ~ Paolo Kenzo, Self Healing Master.

Selamat pagi, Mama! Bagaimana kabarnya? Saya harap Mama semua berada dalam kondisi yang sehat dan bahagia selalu, ya! Oh ya, masih ingat dengan artikel wawancara saya dengan Paolo Kenzo untuk hidup sehat, sejahtera, bahagia, kan, Ma? Atau mungkin cuma ingat sama mukanya aja ya? Hihihi.

Beberapa waktu lalu, Rocking Mama Community menggelar sesi #askhealer untuk mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan seputar Terapi Aura dan Self Healing pada Paolo. Syukurlah, beliau cukup ramah dan fast response, juga welcome banget atas semua pertanyaan.

Berikut, saya tuliskan kembali apa yang menjadi jawaban dari wong Solo ini berikan via email kepada Rocking Mama ya.


BACA JUGA


Ini Dia 4 Kata-Kata Motivasi yang Ampuh untuk Membuat Mama yang Down Merasa Bahagia Lagi

Ini Dia 4 Kata-Kata Motivasi yang Ampuh untuk Membuat Mama yang Down Merasa Bahagia Lagi

Kata-kata motivasi ini bisa jadi "mantra" kebahagiaan Mama. Ucapkanlah setiap kali Mama merasa down, gagal atau sedih. Dijamin deh, kata- ...

Read more..


---

Dear Rocking Mamas,

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih atas segala pertanyaan dan kepercayaannya kepada saya. Saya akan bantu, siapa pun yang membutuhkan bantuan saya sebagai seorang Healer. Panggilan jiwa saya ada di sana.


Untuk pertanyaan-pertanyaan yang sudah masuk seputar healing, berikut jawabannya dari saya.


1. Carolina Ratri: Bagaimana cara melepaskan diri dari masa lalu? Ada sesuatu di masa lalu, dan kepikiran sampai sekarang.


Dear Ms. Carolina Ratri,

Pertama, saya mengucapkan terima kasih untuk pertanyaan Anda yang sangat menarik ini. Ini adalah masalah yang sangat umum, dan banyak dari kita yang mengalaminya, namun tidak mengerti cara mengatasinya.

Masa lalu memiliki dampak besar dan kuat, dan berpengaruh atas apa yang kita capai sekarang. Kita semua, sekarang ini adalah produk dari apa yang telah kita lakukan di masa lalu, baik atau buruk. Dan itu adalah fakta. Karena fakta itu, kita harus hidup di saat ini, dan tidak di masa lalu atau masa depan.

Hanya hidup di saat ini yang dapat membangun masa depan, memengaruhi dan menciptakan apa yang akan terjadi kepada kita nanti di masa depan. Jika kita terlalu mengkhawatirkan, energi untuk menciptakan masa depan kita sekarang akan hilang. Sayang sekali. Juga, jika kita merasa buruk tentang masa lalu, ya energi itu akan terbuang juga. Karena itu sudah terjadi, dan kita adalah apa yang telah kita lakukan di masa lalu. We are what we have done.

Jadi sebenarnya, solusinya sangat mudah. Mulai di detik ini, setelah Anda baca jawaban saya, usahakan mengubah apa yang Anda pikir telah dilakukan buruk di masa lalu sampai sekarang. Sifat-sifat, karakter yang kurang baik, mulai berubah, dan lakukan itu secara baik dari sekarang. Sehingga masa depan Anda akan menjadi makmur.

Secara energi, pasti masalah yang lalu berpengaruh ke cakra Solar Plexus (biasanya jadi susah napas, kadang-kadang), organ hati (kalau sering marah-marah, artinya kemungkin besar masalah ada pada kolesterol, darah tinggi, pusing kepala), cakra jantung depan dan belakang (harus dibersikan dan di-treat cakra jantung belakang, agar rasa damai mengalir terus menerus).

Semuanya banyak berpengaruh secara energi, apalagi kalau situasi dan emosi sudah dibawa selama bertahun-tahun.



Tetapi jika Anda masih berpikir Anda perlu bantuan pada isu-isu masa lalu, ini ada beberapa teknik atau terapi yang bisa membantu:

(Catatan: but please pay attention, saya belum tahu rincian tentang masalah masa lalu Anda, apakah berhubungan dengan orang tertentu -keluarga, mantan, teman, suami- atau pekerjaan/bisnis, sehingga jawaban saya hanya bisa secara keseluruhan atau tidak spesifik.)

  • konsultasi dengan doktor/psikolog Anda, lalu
  • terapi psikis
  • autogenic training or Mind Diving (sangat efektif untuk menghapus masalah di masa lalu selangkah demi selangkah, dengan cara dan teknik memprogram diri -saya menulis buku tentang teknik ini.)
  • Reiki (ini berkerja secara ajaib, karena Reiki punya sebuah teknik untuk lepas dari masa lalu, terutama jika masalah lalu ada hubungannya dengan sesama manusia. Kadang-kadang disembuhkan di dalam satu sesi aja.)
  • Prana psiko terapi (pasti ada ahli pengobatan Prana di kota Anda jika ingin bantuan secara langsung. Kalau berkenan, secara jarak jauh saya juga bisa bantu.)

Dengan kombinasi salah satu teknik/cara di atas, saya rekomendasikan juga melakukan Meditasi Vipra Cinta. Saya sedang menulis buku tentang teknik luar biasa ini sekarang.


2. Putu Ayu: Ibu legenda musik Indonesia, Titiek Puspa, konon katanya, bisa SEMBUH total dari kanker hanya dengan teknik pernapasan. Itu gimana caranya ya?


Terima kasih, Ibu Ayu.

Teknik pernapasan ada banyak sekali, hampir semua grup aliran ahli energi punya teknik dan strategi sendiri.

Tapi terutama, kita harus melakukan napas seperti bayi. Artinya, hanya mengunakan cara napas dengan dalam sampai perut. Bukan napas yang hanya di bagian di atas dengan paru-paru seperti kebiasaan orang di zaman sekarang. Kalau tarik napas, kembungkan perut secara halus dan perlahan, isi udara ke dalam perut, dan waktu mengeluarkan napas perut jadi kecil lagi, tapi tidak dengan tekanan apa pun.

Juga ada teknik napas bernama Qi Gong. Itu kepercayaan yang sudah turun-temurun dan terbukti khasiatnya. Bisa menyembuhkan hampir semua penyakit dalam 30-100 hari.

Caranya:

  • Duduk santai dengan punggung (tulang belakang) lurus (boleh tidur jika tidak nyaman)
  • tutup mata
  • napas santai dan pelan-pelan dengan hidung, dengan mulut ditutup
  • lalu tempelkan ujung lidah ke belakang gigi depan-atas (cakra minor diaktivasi untuk sirkulasi energi)
  • tarik napas pelan-pelan dengan cara napas perut (perut jadi besar secara alami, tidak di paksa, rileks) dan sambil visualisasikan energi kesembuhan mengalir perlahan lewat lubang hidung mengalir ke perut bawah (posisi sekitar 2 cm di bawah pusar, ini dinamakan 'center energy Dan Tian'), dan energinya terkumpul di sana (energi itu umumnya sebesar bola tenis)
  • tahan napas sekitar 2 detik (atau senyamannya saja) dan bayangkan energi kesembuhan itu menyebar ke seluruh badan untuk kesembuhan total. Gunakan imajinasi sebaik dan senyaman mungkin, karena gerakan energi itu mengikuti (perintah) pikiran. Jika ada sakit di bagian tertentu, misalnya sakit gigi, segera pikirkan/perintahkan energinya untuk pergi ke sana.
  • setelah itu, keluarkan napas pelan-pelan dari mulut, kecilkan perut (secara alami tidak terpaksa), dan dalam waktu sama, lepaskan lidah dari belakang gigi depan-atas. Jadi, tarik napas lewat hidung, mulut tutup, lidah menempel di belakang gigi depan/atas. Keluar napas lewat mulut, lepas lidah dari posisi semula. Jangan lupa bayangkan dari semua sisi (kulit, napas, dan seluruh badan) energi penyakit, energi negatif keluar.

Itu dinamakan 1 circle. Silakan lakukan 5 menit sehari dalam beberapa circle. Dan, jika sudah lebih kuat dan terbiasa, sampai 30 menit. Teknik ini sangat terkenal dengan penyembuhannya yang secara ajaib.

Catatan: jika Anda menderita glaukoma atau darah tinggi, jangan tahan napas. Dari posisi napas masuk ke pusar, langsung dengan santai keluarkan napas.


BACA JUGA


Mama Gampang Sakit dan Sering Merasa Tak Sehat? Sebelum Pergi ke Dokter, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!

Mama Gampang Sakit dan Sering Merasa Tak Sehat? Sebelum Pergi ke Dokter, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!

Mama, pernah nggak sih kita merasa kalau perempuan itu lebih gampang sakit dibandingkan pria? Nggak disibukkan dengan pekerjaan saja bisa ...

Read more..


Satu teknik lagi, yang saya sendiri lakukan setiap hari, yaitu Wai Tan Kung. Ini adalah Qi Gong yang terdiri dari 12 gerakan, dikombinasikan dengan meditasi dan aktivasi titik akupunktur, juga teknik napas. Namanya 'teknik 100 hari', karena kepercayaannya adalah kesembuhan dalam 100 hari.

Jika Anda lakukan Wai Tan Kung setiap hari, semua penyakit hilang. Ini terkenal juga sebagai teknik 'Panjang Umur' (coba search di internet, orang Chinese yang berumur 100 tahun masih melakukan teknik ini).

Kedua teknik ini sangat luar biasa dan ajaib.


3. Frida Herlina: Bagaimana cara bernapas yg benar? Yaitu menggembungkan perut saat tarik napas dan mengempiskan perut saat buang napas?

Bagaimana menjaga hati, pikiran dan jiwa untuk tetap tenang dan positive thinking? Sebagai Mama yang lumayan baperan, saya cukup sering dirundung murung karena ulah orang-orang sekitar. Apalagi di masa-masa menjelang haid, kondisi emosi rawan sumbu pendek.
Bagaimana mengatasinya?


Salam kenal, Ibu Frida.

Benar, sangat benar, sebaiknya bernapas sampai ke perut, bukan hanya dada. Yang terpenting, semua gerakan perut harus dengan pelan-pelan dan halus. Tidak dipaksa menggembungkan perut hingga sangat besar, dan mengempiskan sampai mengkerut. Pelan dan santai saja, seperti bayi.

Jika latihan napas seperti itu, banyak penyakit atau gangguan kesehatan hilang secara alami. Juga detak jantung jadi lebih teratur. Dan, setelah beberapa bulan latihan lebih pelan lagi, efeknya kerja jantung tidak kerja keras lagi. Artinya, akan berpengaruh pada umur yang secara fisik panjang (walaupun tentu saja rahasia umur berada di tangan Tuhan Yang Maha Esa).

Memang tugas seorang mama adalah sebuah tugas yang paling butuh kerja keras di dunia. Semua orang di sekeliling Mama selalu minta bantuan, dan terkadang tidak ada ucapan terima kasihnya dari mereka.

But trust me, itu hanya feeling dari Mama sendiri. Semua orang sangat berterima kasih, karena dalam keluarga, posisi seorang mama itu paling penting, seperti 'rock' yang membuat stabil keluarga, membuat kemajuan keluarga. Masalah emosi, pasti ada, apalagi wanita punya masa-masa hormon tidak nyaman. Tahan saja emosi, sabar, yang saran saya kembali ke beberapa hal:

  • Belajar teknik pernapasan dan meditasi, agar Mamaa terbiasa stabil secara emosional sepanjang waktu. Tidak mudah goyah karena hal-hal kecil
  • Cari aktivitas di luar rumah yang membuat senang, misalnya jalan bersama teman-teman perempuan, minum teh bersama, nonton bioskop, atau aktivitas di alam seperti berkebun, main bersama binatang peliharaan, untuk refreshing.

Kondisi rileks adalah saat gelombang otak berada di posisi nyaman. Otak yang nyaman, suasana hati akan ikut nyaman, tingkah laku terkendali.


4. Winda Krisnadefa: Penyakit maag, katanya pengaruhnya lebih besar dari kondisi psikis. Jadi makin stres seseorang, maag suka kambuh. Benarkah? Kalau iya, apakah berarti ada treatment untuk maag secara psikis juga, semacam terapi buat depresi? Dan gimana caranya kita bisa bedain kondisi maag itu krn badan yang lagi nggak bener (makan asal-asalan) dan karena pikiran?


Dear Ibu Winda, terima kasih atas pertanyaan Anda. Dan ya, hampir semua penyakit ada korelasi antara psikis dan fisik.

Bukan hanya fisik atau hanya psikis. Banyak orang yang sudah menyadari. Contohnya klien saya yang seorang akuntan. Ia sadar, bahwa tekanan secara psikis dan emosional di kantor itu sangat besar. Apa yang terjadi jika dia tidak punya instrumen atau cara untuk mengatasi tekanan itu?

Tekanan psikis akan termanifestasi jadi tekanan fisik. Contohnya darah tinggi. Atau jika dia sering marah, akan ada manifestasinya ke organ hati (liver) yang memproduksi kolesterol. Orang butuh gula untuk proses produksi itu, artinya bisa ada masalah kolesterol, atau tekanan darah tinggi, bisa berpengaruh ke jantung dan sebagainya.

Hanya karena masalah psikis atau emosional, akan ada reaksi negatif ke organ-organ dan proses tubuh seperti itu yang kemudian menimbulkan masalah kesehatan.

Jika si akuntan hanya dapat otot yang kaku di daerah pinggang atau tulang belakang, karena duduk lama dan posisinya salah terus-menerus setiap hari, otomatis otot di leher belakang juga jadi kaku. Karena ada hubungan antara otot leher dengan otot bagian bawah atau sekitar pinggang.

Jika itu jadi kronis, bisa jadi dia mengalami depresi, darah tinggi, lalu kena masalah kesehatan seperti semua yang diceritakan di atas tadi.

Secara singkat, pasti masalah fisik dan psikis selalu ada bersama, tetapi salah satu bisa lebih dominan, dan satu lagi tidak.

Treatment-nya ada banyak sekali;

  • konsultasi ke dokter
  • autogenic training (ini sangat saya rekomendasikan)
  • Pranic Healing (ini juga sangat efektif)
  • akupunktur
  • meditasi Vipra Heart
  • homoepathy

Masalah membedakan antara kondisi maag itu tercipta dari makanan atau pikiran, memang agak susah karena sudah terbentuk lama hingga sudah ada Panic Level (ketakutan di dalam diri). Kalau lihat satu cup kopi saja yang ingin sekali dicicipi, sudah takut sakit maag datang. Lalu proses sakitnya sudah mulai sebelum mencicipi kopi. Hal seperti itu namanya Panic Attack.

Jika mengalami sakit maag, tentu saja kurangi makanan dan minuman yang memicunya untuk kambuh. Dan lakukan sebuah teknik yang saya sarankan di atas. I will help you.


5. Avizena Zen: Apakah depresi bisa on off? Apa harus psikolog/psikiater yang memvonis seseorang depresi/punya penyakit mental? Bagaimana cara 'menerima keadaan yang berubah' setelah menikah?


Dear Ibu Avizena, masalah depresi itu topik yang sangat kompleks karena harus dilihat sumbernya dari mana, dan kenapa sampai depresi.

Bisa jadi karena Birth Trauma (karena ternyata banyak wanita mengalami depresi sesudah melahirkan), kondisi hidup, atau masa lalu yang belum diselesaikan. Atau bahkan tidak tahu alasannya sama sekali. Jadi ini sangat kompleks dan mohon maaf tidak bisa dijawab se-simple itu di forum Mama yang keren ini.

Yang jelas, depresi pasti punya masa-masanya sendiri, kadang ringan, kadang berat, atau bahkan hilang. Memang begitu adanya. Konsultasi dengan dokter adalah ide yang pasti saya rekomendasikan, karena mereka ahlinya.

Tapi ada banyak cara yang terbukti ampuh menyembuhkan depresi, yaitu Pranic Healing, Wai Tan Kung, dan meditasi-meditasi tertentu (harus diskusi lagi sama ahli prana karena tidak semua meditasi bagus jika sedang mengalami depresi).

Depresi juga bisa berasal dari fisik (karena hormon, dan banyak faktor yang tidak seimbang di dalam badan secara fisik - misalnya kurang mineral, besi, magnesium), kurang cahaya matahari yang bantu produksi vitamin D (padahal penting untuk menyerap kalsium yang penting untuk kekuatan tulang), dan lainnya. Artinya, depresi sangat bisa bermula dari masalah fisik juga.


BACA JUGA


Inilah Kisah Saya, Sang Survivor Depresi Pasca Melahirkan - Saat Menjadi Seorang Mama Jadi Hal yang Begitu Menakutkan

Inilah Kisah Saya, Sang Survivor Depresi Pasca Melahirkan - Saat Menjadi Seorang Mama Jadi Hal yang Begitu Menakutkan

Depresi pasca melahirkan dialami oleh 10 - 15% mama yang baru melahirkan dari 80% yang mengalami baby blues syndrome. Depresi pasca ...

Read more..


Masalah keadaan yang berubah setelah menikah... Hm, pasti seseorang yang menikah berubah karena dia sekarang ada di comfort zone. Ada rasa aman di sana.

Tetapi saran saya, pasangan juga harus selalu lihat lebih detail, sekecil apa pun. Maksudnya, coba senangkan pasangan dengan hal-hal sederhana, misalnya beli bunga, ajak makan di luar, memberi pelukan, bicara dengan lembut hati, dan lain-lain. Semua bisa membuat pasangan lebih keras berusaha juga untuk membalas kebaikan.

Saya kenal banyak pasangan yang sudah cukup umur dan masih sangat lembut dan romantis, sama seperti waktu mereka masih muda. Itu butuh kerja keras, perhatian pada detail, intropeksi diri sebelum kritik ke pasangan. Pokoknya harus kerja keras. Hahaha.


6. Lusi Tris: Saya tertipu-tipu sekarang kok diam saja ya? Mobil keserempet dan karatan, ya udah let it go, nggak marah, apalagi minta ganti rugi. Padahal dulu disundul taksi dikit aja, langsung bikin ribut. Apakah tanda memang sudah ikhlas, atau malah hopeless sama kehidupan? Bagaimana bisa tahu antara kedua hal itu yg sdg terjadi biar nggak salah arah?


Dear Ibu Tris, bukan. Bukan karena hopeless. Saya rasa Anda sudah berada di atas umur 35 ya.

Pada manusia dengan umur di atas 35 tahun memang biasa terjadi perubahan. Kita jadi lebih spiritual. Dan Anda sudah berkembang secara spiritual dengan luar biasa.

Di bawah sadar, Anda sudah tahu itu, bahwa semua materialistik itu tidak lagi penting. Yang penting adalah hubungan dengan manusia lain yang harmonis.

Positifnya, biasanya kalau Anda sudah bisa sampai pada tahap ikhlas, secara otomatis hal yang baik akan datang. Bisnis lebih laris, lebih banyak teman, anak-anak baik. Dan itu fakta. Saya sendiri sudah tidak bisa marah-marah lagi terhadap apa saja. Whatever happen I never get angry. Saya selalu happy, bangun happy, tidur happy.

Saya juga 4 minggu lalu mengalami masalah. Spion saya ditabrak lari. Saya tidak marah, selanjutnya hanya perlu cari uang untuk beli lagi. Marah tidak lagi penting.

Jadi, congratulation! Anda tidak salah arah! Hidup Anda pasti sekarang jadi lebih harmonis dan hati Anda lebih damai terus-menerus. Fantastic!


BACA JUGA


Hanya Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas yang Mengalami Berbagai Hal yang Menguntungkan Ini, Maka Berbahagialah!

Hanya Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas yang Mengalami Berbagai Hal yang Menguntungkan Ini, Maka Berbahagialah!

Adakah yang mau dibilang tua? Sepertinya sih nggak ada. Mama-mama pasti maunya muda selamanya. Yah, orang bilang, tua atau muda itu hanya ...

Read more..


7. Titi Alfa Khairina: Gimana caranya untuk fokus di satu hal saja sampai sukses, baru ngerjain hal lain? Terkadang merasa ingin ini itu, bisa ini itu, nyatanya malah nggak ke mana-mana.


Dear Ibu Titi, ya, itu hal yang sangat umum. Manusia memang biasanya pengin mencapai semua, dalam waktu yang sama. Ambil semua kerjaan, lalu sukses total.

Tapi itu tidak mungkin dan pasti gagal. Orang sukses mencapainya dengan cara damai di dalam hati dan kerja dengan sistematik. Ada rencana-rencananya.

Jadi, tulis saja rencana Anda. Misalnya, 'Saya ingin selesaikan sekolah malam -ini tahap satu. Habis itu, tahap dua, setelah lulus ingin kerja di sebuah perusahaan (sebutkan namanya) sebagai akuntan. Tahap tiga, sambil jadi akuntan, saya ingin belajar controlling dan bahasa ingris, lalu melamar ke perusahan internasional.' Kemudian ping: 10 tahun ke depan kerja sebagai Finance Manager di Hong Kong, dengan gaji bagus.

Itu langkah-langkahnya. Write the plan, and be specific.

Jadi kuncinya, damai hati and never panic. Ada strateginya. Investigasikan dengan detail cara mencapainya, dan buatlah rencana. Lakukan semua dengan tenang dan self confident. That's it.

Oh iya, contoh di atas bisa juga digunakan untuk semua situasi ya, bukan hanya masalah job. Masalah hubungan dengan sesama, dengan atasan, dengan orangtua, dengan teman, dan lain-lain juga bisa.

Yang pasti, pada dasarnya harus tenang hati dan damai, bukan berdasar pada uang. Uang datang sendiri kalau kita tenang dan taktis. Hati damai = agama yang kuat, meditasi, relasi yang harmonis dengan keluarga dan teman-teman. Sebuah teknik pernapasan akan cocok untuk melatih kesabaran dan ketekunan.


BACA JUGA


Begini 5 Cara Simpel Menjadi Bahagia ala Working Mom yang Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Begini 5 Cara Simpel Menjadi Bahagia ala Working Mom yang Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Menjadi bahagia adalah hak setiap orang. Menjadi bahagia juga adalah hak setiap mama, baik itu seorang ibu bekerja ataupun seorang stay at ...

Read more..


Demikianlah, Mama-mama yang baik dan cantik. Saya sungguh berharap semoga solusi dari saya bisa membantu semua masalah yang ada.

Saya ditakdirkan menjadi seorang healer, hidup saya digariskan untuk membantu sesama. Saya ingin semua manusia bisa hidup dalam kesehatan, kedamaian, kebahagiaan seperti yang diinginkan.

Kalau Mama masih membutuhkan bantuan saya untuk konsultasi atau pengobatan lebih lanjut, saya akan dengan senang hati membantu sebisanya. Please feel free to contact me, ya. Bisa di forum Rocking Mama Community, atau langsung melalui email saya di prana4u@yahoo.de atau paolo_lissmann@yahoo.com.

Atau, jika ingin bertanya-tanya lebih dulu, Mama bisa hubungi saya di nomor WhatsApp 0858 0320 0047.

Cheers to you all,

God Bless.

Paolo.


---

Well, bagaimana jawaban-jawabannya, Ma?

Semoga berkenan dan bisa membantu ya. Kalau mau bertanya lebih lanjut, nantikan dan silakan kembali bertanya di sesi #AskHealer selanjutnya ya, atau bisa juga dengan menghubungi langsung Paolo, sang healing master, di alamat-alamat di atas.

Tenang saja, Ma, semua masalah tentu ada penyelesaiannya. Stay pretty, healthy, and happy ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "#AskHealer bersama Paolo Kenzo: Self Healing untuk Segala Permasalahan Hidup, Wujudkan Kesehatan dan Kebahagiaan Hakiki". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar