Baca Buku Seharusnya Menjadi Acara Wajib Para Mama Zaman Now - Begini Caranya Agar Suka dan Sempat Baca Buku

Baca Buku Seharusnya Menjadi Acara Wajib Para Mama Zaman Now - Begini Caranya Agar Suka dan Sempat Baca Buku

97
Dengan baca buku, ada pengetahuan yang masuk, sehingga Mama semakin mampu untuk berbagi. Tidak membaca, berarti tidak ada input, sehingga apa yang Mama ucapkan hanya mengulang-ulang apa yang sudah Mama ketahui sebelumnya.

"Siapa yang punya waktu untuk baca buku?".

Mungkin begitu pikiran Mama saat membaca judul artikel ini. Ya, hampir semua dari kita punya kesibukan yang sangat menyita waktu. Apalagi seorang Mama, yang tanggung jawabnya sangat variatif: menjadi ibu, istri, anak kandung, anak menantu, guru privatnya anak-anak, menteri keuangan, suster yang siaga 24 jam .... You name it! Sudah sebegitunya sibuk, masih harus ditambah baca buku? Hadeuuh!

Tapi, kenapa tidak? Membaca berarti memberi asupan pada otak dengan cara yang paling sederhana. Hampir semua pengetahuan yang ada di bumi, ada di media bacaan apa pun--terutama sih buku.

Dengan baca buku, ada pengetahuan yang masuk, sehingga Mama semakin mampu untuk berbagi. Tidak membaca, berarti tidak ada input, sehingga apa yang Mama ucapkan hanya mengulang-ulang apa yang sudah Mama ketahui sebelumnya.

Mau, jadi Mama yang 'kedaluwarsa', 'out of date', dengan pengetahuan segitu-segitu saja? Nggak dong ah!


BACA JUGA


10 Buku yang Paling Banyak Dibaca di Seluruh Dunia - Sudahkah Mama Membaca Semuanya?

10 Buku yang Paling Banyak Dibaca di Seluruh Dunia - Sudahkah Mama Membaca Semuanya?

Buku adalah gudang ilmu. Mau buku fiksi atau nonfiksi, semua perlu banget kita baca untuk menambah wawasan kita sendiri. Sudah baca 10 buku ...

Read more..


Untuk itu, Rocking Mama sudah mengumpulkan 3 cara manjur agar Mama bisa suka dan berhasil meluangkan waktu untuk baca buku. Yuk, disimak!

Telaah Minat

Menurut seorang Consumer Behaviour Researcher, Cristel Russell di situs Bustle, kembali ke sesuatu yang familiar itu menawarkan sebuah perspektif baru, yang jika dilakukan dengan benar, maka ada manfaat terapetik sekaligus menjadi bahan introspeksi diri.

Jadi, tidak semua harus dibaca, ya Ma, hanya demi memiliki pengetahuan seluasnya. Untuk apa terlalu banyak tahu, wong sudah ada dik Google kan? Hahaha. Bacalah lebih banyak hanya pada hal-hal yang sesuai minat Mama, karena itu akan menjadi lebih menyenangkan.

Seperti kata pepatah, "We lose ourselves in books, we find ourselves there, too!", Mama akan 'tenggelam' dalam hal-hal yang Mama sukai dengan baca buku. Entah itu dalam sebuah buku 'Beautiful-Easy Embroidery', yang mengajak Mama berpetualang dalam variasi tusukan yang beragam, atau sekadar cerpen dengan judul 'Bebek Buruk Rupa', yang membuat Mama menerawang jauh ke suatu masa.

Dalam petualangan dan penerawangan itu, Mama akan menemukan diri sendiri. Apakah itu sebuah simpul sulam yang mewakili karakter Mama, atau bahwa si bebek buruk rupa itu dulunya adalah Mama banget!

Perasaan yang bercampur aduk karena baca buku itu adalah sensasi yang menggairahkan lo, Ma! Yuk, gali lagi diri Mama, dan temukan apa yang menjadi minat Mama, lalu temukan dalam sebuah buku dan tenggelamlah bersamanya!


Mulai dari yang kecil

Menurut sebuah penelitian di Mindlab International, Universitas Sussex, Inggris, hanya dengan 6 menit saja baca buku, akan membantu mengurangi tingkat stres sampai dengan 68%. Jadi, mulailah dengan bacaan-bacaan ringan, dan hanya selama 6 menit saja!

Untuk mengawali apa pun, sebaiknya memang dari yang kecil dan sedikit. Untuk itu, Mama bisa mulai berburu artikel-artikel yang hanya membutuhkan waktu sebentar untuk membacanya, atau buku-buku tipis yang dapat dilahap dalam waktu dua minggu--jika benar-benar dibaca hanya selama 6 menit sehari!

Tapi percayalah, Ma, sekali Mama sudah menemukan artikel yang menarik minat, tanpa disadari, Mama akan melanjutkan ke artikel-artikel selanjutnya yang bertema sama. Coba Mama lihat-lihat lagi beberapa artikel menarik di Rocking Mama, lalu lanjutkan ke artikel-artikel lain yang bertema sama, Ma. Mama akan asyik masyuk di depan gawai, untuk menambah pengetahuan.

Demikian pula halnya dengan baca buku. Sebuah buku tipis akan menuntun ke lebih banyak buku tipis--atau yang tebal--lainnya.


BACA JUGA


Yuk, Tetap Membaca Buku Meski Mama Sibuk Luar Biasa, Luangkan Waktu dengan 5 Tips Berikut!

Yuk, Tetap Membaca Buku Meski Mama Sibuk Luar Biasa, Luangkan Waktu dengan 5 Tips Berikut!

Membaca buku barangkali merupakan hobi yang paling mudah ya, Ma. Nggak butuh bakat khusus, nggak butuh keterampilan aneh-aneh. Yang penting ...

Read more..


Tempat yang nyaman dan waktu yang pas


Untuk hubungan awal yang baik dengan kegiatan baca buku, terutama, Mama perlu menyiapkan sebuah tempat yang menyenangkan. Layaknya sebuah kencan, tempat yang baik akan mendukung proses sebuah hubungan.

Ini beberapa rekomendasi tempat yang baik untuk bisa baca buku:

  • Di taman. Biarkan orang lalu lalang dengan hewan peliharaan, kekasih, atau anak-anaknya. Mama akan melanglang buana dengan sebuah buku dan rumput serta bunga-bunga di sekelilingnya
  • Di sebuah sofa. Tenggelamlah dalam sebuah single-seated sofa yang besar dan empuk, bersama buku Mama!
  • Di tempat tidur. Hm, untuk baca buku novel-novel romantis, atau artikel-artikel tentang tips bermesraan dengan Papa, ya, tempat tidur adalah tempat ideal!
  • Di halte. Saat orang lain sibuk memperhatikan jadwal bus dan menunggunya dengan tak sabar, Mama ada di sana dalam sebuah ketenangan dan buku yang bagus.
  • Di sebuah meja di kafe. Dengan secangkir Cappuccino dan satu potong Tiramisu Cake, mungkin?
  • Di dalam bath tub. Dengan air mandi hangat berbau lavender yang menenangkan, dan taburan garam mandi yang memijit-mijit, hmm....

Mama bahkan bisa juga menyempatkan diri baca buku di tengah kegiatan Mama kok. Lagi nunggu anak pulang sekolah, ketimbang ngegosipin artis dengan orang tua murid lain, barangkali akan lebih bermanfaat kalau Mama baca buku saja. Atau, sambil nunggu panggangan kue di oven selesai, Mama buka deh buku yang kemarin belum selesai dibaca. Atau, sambil acara wajib di pojokan kamar mandi? Bisa juga kan sambil baca buku? Hahaha.

Ya, ubah mindset Mama, bahwa kalau baca buku itu time consuming, menyita waktu. Nggak sama sekali. Buku adalah teman terbaik untuk melewatkan waktu yang ada dengan bermanfaat.


BACA JUGA


Lakukan 6 Cara Jitu Ini Agar Anak Mama Suka Membaca Buku!

Lakukan 6 Cara Jitu Ini Agar Anak Mama Suka Membaca Buku!

We lose ourselves in books, we find ourselves there too ~ a quote

Read more..


Nah, coba katakan sekali lagi, apa Mama tidak punya waktu untuk baca buku?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Baca Buku Seharusnya Menjadi Acara Wajib Para Mama Zaman Now - Begini Caranya Agar Suka dan Sempat Baca Buku". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar