Bagaimana Menjelaskan Mengenai Teror Kekerasan dan Situasi Darurat Pada Anak?

Bagaimana Menjelaskan Mengenai Teror Kekerasan dan Situasi Darurat Pada Anak?

1.4K
Children learn more from what you are, than what you teach. ~ Unknown

Indonesia dikagetkan dengan berita peledakan di salah satu jalan teramai di Jakarta kemarin. Dan, yang memprihatinkan, justru kita-kita yang panik, menyebar berita-berita hoax dengan sumber tak jelas, dan malah menebarkan teror viral pada penduduk dunia maya lainnya.

Lalu, bagaimana kalau si kecil ikut merasakan adanya suasana yang mencekam ini? Akan berpengaruh baikkah untuknya? Sepertinya, nggak akan baik ya, Ma, pengaruhnya untuk anak-anak.

Dan, menjadi tugas kitalah untuk mendampingi anak-anak di saat-saat seperti ini, Ma. Ada kalanya pikiran melintas, bahwa fakta-fakta menakutkan seperti ini haruslah dijauhkan dan disembunyikan dari anak-anak. Tapi hal ini sebenarnya nggak bisa kita lakukan. Akan lebih baik, jika fakta seperti ini justru dibuka pada mereka, dan kemudian mereka didampingi, diberi pengertian dan dijelaskan supaya mereka paham akan apa yang sedang terjadi.

Untunglah, di antara berbagai berita tak jelas yang berseliweran di media sosial dan media online, ada saja netizen yang peduli dan lebih suka menyebarkan hal positif agar menjadi pelajaran untuk sesamanya. Salah satunya dengan menyebarkan tips untuk memberikan penjelasan mengenai teror kekerasan dan situasi darurat kepada anak, seperti yang dilakukan oleh Najeela Shihab ini.


Sumber: https://twitter.com/KeluargaKitaID Poster oleh Najeela Shihab

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri juga telah merilis panduan yang bermanfaat banget bagi orangtua dan juga guru untuk menanggapi dan mencerna peristiwa teror, seperti yang terjadi pada Jakarta kemarin siang.


Sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Sudah cukup jelas ya, Ma, apa yang tertulis di poster-poster di atas?

Yang penting, kita semua tetap tenang, jangan panik, jangan membagikan foto-foto kurang layak dilihat, dan juga berita-berita yang tak jelas sumbernya.

Semoga teror ini cepat berlalu, dan tak ada lagi yang harus kita takutkan.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bagaimana Menjelaskan Mengenai Teror Kekerasan dan Situasi Darurat Pada Anak?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar