Bahan Makanan Harus Dicuci Sebelum Dimasak? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Bahan Makanan Harus Dicuci Sebelum Dimasak? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

2.1K
Bahan makanan harus dicuci, itu betul demi higienitas. Tapi, 3 bahan makanan ini justru jangan dicuci.

Masih ingat nggak, Ma, pesan orang tua kita dulu. Sebelum dimasak, semua bahan makanan harus dicuci terlebih dulu.

Alasannya sih sederhana saja, agar semua bahan makanan tersebut lebih bersih dan sehat. Bahkan ada juga lho, Ma, yang ekstrem banget, pakai dicuci dengan sabun!

Hwa! Emang bersih sih, tapi sisa sabun bisa-bisa ikutan kemakan tuh, Ma. Iyuh!

Yes, nyatanya, nggak semua bahan makanan harus dicuci lho, sebelum diolah. Justru kalau kita nggak hati-hati, proses pencucian bahan makanan malah dapat menyebarkan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan.


BACA JUGA


5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

Banyak makanan beredar di pasaran yang diklaim sehat dan bergizi. Namun kalau kita lebih jeli lagi, ternyata makanan tersebut justru ...

Read more..


Nah, ini dia daftar bahan makanan yang enggak boleh dicuci sebelum dimasak dan alasannya!

1. Daging


Daging dan organ dalam hewan ternak seperti sapi, domba, kambing serta unggas (ayam dan bebek) sebaiknya nggak perlu dicuci sebelum diolah di dapur.

Menurut USDA (United State Departemen of Agriculture), proses pencucian pada bahan makanan ini akan menyebarkan bakteri dan kotoran yang menempel di permukaan daging ke bahan makanan atau alat memasak lainnya. Percikan air saat mencuci daging dapat saja menyebar ke permukaan dapur, alat makan dan minum.

Inilah yang disebut kontaminasi silang.

Kalau Mama membeli daging di supermarket, tentu dagingnya sudah bersih dan siap diolah. Namun, kalau beli di pasar tradisional terkadang memang ada aja kotoran yang menempel di permukaan daging, misalnya pasir atau bulu yang menempel.

Jika kondisinya seperti itu, mau tidak mau ya harus dicuci dengan air yang mengalir. Hanya saja, Mama harus memastikan tempat mencucinya berada jauh dari tempat penyimpanan peralatan masak dan makan untuk menghindari penyebaran bakteri berbahaya.

Jangan lupa, Ma, air cucian juga harus dibuang dengan benar. Oh iya, Ma, pisau dan talenan yang dipakai untuk memotong daging juga sebaiknya langsung dicuci menggunakan detergen dan air mengalir sebelum digunakan lagi.

Dalam permukaan daging terdapat bakteri campylobacter yang dapat menyebabkan keracunan makanan dengan gejala diare, sakit perut, kram perut dan demam. Bakteri tersebut tidak mudah mati dan akan tetap hidup jika menempel di permukaan meja dapur.

Maka, cara terbaik mengolah bahan makanan berupa daging yaitu dengan langsung direbus hingga mendidih kemudian buang airnya. Setelah itu daging siap dimasak dengan aneka bumbu.


BACA JUGA


Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

Makanan organik memang lebih sehat dibandingkan dengan bahan makanan non-organik. Namun hal ini tentu saja membawa konsekuensi pada jumlah ...

Read more..


2. Telur


Kebiasaan hampir semua mama ya, akan mencuci telur yang dibeli sebelum disimpan di kulkas. Iya kan, Ma?

Sayangnya, kebiasaan itu kurang tepat. Sebelum telur dijual, ada prosedur khusus yang harus dilalui yaitu pencucian dan dilapisi minyak-mineral aman konsumsi yang melindungi telur dari bakteri sehingga telur akan tahan lama.

Jika Mama mencuci ulang telur tersebut, justru akan menghilangkan lapisan pelindung telur. Akibatnya, telur akan mudah terkontaminasi oleh kuman dan mudah rusak. Apalagi telur yang cangkangnya sudah retak.

Hanya telur yang dijual di pasar modern saja sudah melalui prosedur pelapisan atau “bloom” ini, Ma. Sementara, telur yang dijual di pasar tradisional belum memenuhi regulasi tersebut. Mama pasti pernah kan menemukan kotoran ayam masih menempel di cangkang telur saat beli telur di warung atau di pasar tradisional.

Yah, kalau kondisinya seperti itu, bahan makanan ini tetap kudu dibersihin, Ma. Telur harus dicuci untuk membuang kotoran dan dikeringkan menggunakan lap kering atau tisu.

Setelah itu disimpan di kulkas dan terpisah dengan bahan makanan lain agar tidak terjadi kontaminasi silang.


3. Ikan


Bahan makanan berupa ikan segar yang dibeli di supermarket, apalagi kalau sudah dalam bentuk fillet, memang nggak perlu dicuci lagi sebelum dimasak.

Tetapi kalau ikan yang dibeli langsung dari pelelangan ikan atau pasar tradisional harus dicuci dulu nggak, ya? Galau kan, Ma?

Sebenarnya sama aja, kok Ma. Ikan segar yang mau diolah nggak perlu dicuci dulu, langsung potong ikan sesuai kebutuhan dan buang bagian perut, kemudian bumbui dan langsung dimasak.

Sama halnya dengan daging, mencuci ikan tidak akan membersihkan ikan dari bakteri yang melekat. Sebaliknya, justru akan menimbulkan kontaminasi silang.


Yes, daging, telur dan ikan merupakan 3 bahan makanan yang nggak perlu dicuci sebelum dimasak.


BACA JUGA


Faktor Penyebab Keguguran Salah Satunya Adalah Makanan. Ibu Hamil Harus Hindari 6 Makanan Ini Selama Kehamilan!

Faktor Penyebab Keguguran Salah Satunya Adalah Makanan. Ibu Hamil Harus Hindari 6 Makanan Ini Selama Kehamilan!

Penyebab keguguran bisa karena beragam faktor, salah satunya Makanan. Oleh karena itu, Mama mesti lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi ...

Read more..


Berikutnya adalah daftar bahan makanan yang wajib dicuci sebelum dimasak

Makanan dan minuman kaleng


Bukan bahan makanan atau minuman yang harus dicuci, Ma, tapi kalengnya yang harus dicuci dulu sebelum bahan makanan yang tersimpan di dalamnya digunakan.

Kita nggak tahu apa yang menempel di permukaan kaleng bagian luar, bisa jadi ada bahan kimia berbahaya atau kuman penyakit.

Itu sebabnya, sebelum mengonsumsi minuman atau makanan kaleng, kalengnya harus dicuci bersih atau setidaknya dilap dengan tisu basah. Sehingga, kotoran tersebut tidak mengontaminasi bahan makanan di dalamnya.

Khusus untuk kacang kalengan, selain kalengnya yang dicuci, kacangnya pun sebaiknya dicuci sebelum dimasak untuk membersihkan sisa bahan pengawet.


Sayur dan Buah-buahan

Sebelum Mama menyimpan, mengolah atau mengonsumsi bahan makanan berupa buah dan sayur, sebaiknya dicuci dulu hingga bersih.

Beberapa sayur, seperti bayam dan kangkung, terkadang masih ada tanah yang melekat di batang atau daunnya. Jika buah dan sayur langsung diiris tanpa dicuc, makai kotoran dan kuman berbahaya yang menempel bisa berpindah ke pisau, talenan dan permukaan lainnya sehingga rentan mengakibatkan sakit.

Sementara, jika dicuci setelah dikupas maka buah dan sayur akan kehilangan kandungan vitaminnya.

Oh iya, Ma disarankan untuk membuang bagian terluar sawi putih dan kubis ya, karena bagian itu banyak mengandung pestisida dan kotoran yang melekat.


BACA JUGA


Trik Menyimpan Bahan Makanan dalam Freezer

Trik Menyimpan Bahan Makanan dalam Freezer

Agar lebih awet dan aman dikonsumsi, perhatikan beberapa hal ini sebelum menyimpan bahan makanan dalam freezer

Read more..


Well, ternyata memasak bahan makanan bukan pekerjaan yang simpel ya, Ma. Banyak prosedur keamanan pangan yang harus dipelajari agar makanan yang tersaji tetap sehat dan justru tidak menyebabkan berbagai penyakit.

Keep Healty, Ma, dan tetap semangat memasak, ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bahan Makanan Harus Dicuci Sebelum Dimasak? Tidak dengan 3 Bahan Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Anittaqwa Elamien | @anittaqwaelamien

Setelah resign sebagai peneliti di lembaga Penelitian Penyakit Tropis Universitas Airlangga. Bunda dari Fikri dan Raisa benar-benar jatuh cinta pada dunia menulis. Baginya menulis merupakan katarsis stress yang paling ampuh.

Silahkan login untuk memberi komentar