Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

Image via irishexaminer

Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

837
Makanan organik memang lebih sehat dibandingkan dengan bahan makanan non-organik. Namun hal ini tentu saja membawa konsekuensi pada jumlah anggaran yang harus dipersiapkan.

Rata-rata, makanan organik bisa 40% lebih mahal dibandingkan makanan non-organik. Wow, selisih harganya cukup fantastik ya, Ma.

Dari segi kesehatan, makanan organik memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih baik daripada makanan non-organik. Misalnya saja, kadar antioksidan dalam susu yang dihasilkan dari sapi yang diternakkan secara organik 50-80% lebih tinggi dibanding dengan susu biasa.

Mengapa? Karena makanan organik memerlukan treatment yang berbeda, mulai dari perawatan hingga cara panennya. Hampir semuanya dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia dan tidak tersentuh bahan kimia. Nggak heran, dengan kualitas yang lebih tinggi seperti ini, kita harus rela merogoh kocek lebih dalam.


BACA JUGA


4 Cara Agar Mama Beralih Ke Makanan Organik!

4 Cara Agar Mama Beralih Ke Makanan Organik!

Makanan organik lebih merepotkan dan mahal? Well, think again

Read more..


Nah, kalau sudah bicara tentang anggaran, Mama harus memutar otak. Sebagai menteri keuangan yang andal, Mama tentu dituntut untuk jeli dan selalu hemat dalam mengatur setiap rupiah yang dikeluarkan. Termasuk soal urusan dapur ini.

Lalu bagaimana caranya agar keluarga tetap sehat dengan makanan organik, namun anggaran belanja di kantong tak cepat menipis? Mengayunkan tongkat sakti? Tentu saja bukan ya, Ma! Kita hanya perlu sedikit usaha. Tapi demi menjaga agar kantong belanja tetap tebal, kenapa nggak? Setuju?


8 cara jitu belanja bahan makanan organik, namun tetap hemat


1. Belilah langsung pada petani


Image via sleepinglion

Meski terdengar aneh dan sulit dilakukan, tapi mendapatkan bahan makanan organik langsung dari tangan petani adalah salah satu hal yang paling menguntungkan, baik dari segi kualitas maupun harga.

Tahukah Mama, kebanyakan stok sayur mayur organik itu akan mengalami penurunan kualitas selama perjalanan distribusi? Karena itu, coba deh, cari tahu di mana lokasi terdekat para petani organik ini.

Kalau sudah ketemu, Mama bisa borong deh aneka bahan pangan organik itu banyak-banyak. Lumayan untuk mengisi kulkas yang kosong seminggu ke depan kan?


2. Sesuaikan belanjaan Mama dengan musim panen


Image via tumbuhanhidroponik

Sayur mayur akan berada dalam limpahan stok tertingginya saat panen tiba. Namun, karena sifatnya yang cepat busuk, para petani dan pedagang kayaknya nggak akan bisa menyimpannya terlalu lama. Nggak heran kalau harganya akan lebih miring.

Kalau sudah gini, sesuaikan saja stok bahan pangan organik dengan musim panen yang sedang berlangsung. Cerdas, kan?


3. Maksimalkan kulkas


Image via keywordsuggest

Banyak yang beranggapan bahwa freezer di lemari pendingin hanya cocok untuk menyimpan es batu dan aneka daging mentah. Padahal, kita pun bisa menggunakannya untuk memasukkan sayur mayur juga lho!

Nggak percaya? Cobain deh, kapan-kapan. Sayur dan buah yang dimasukkan dalam freezer, bahkan bisa bertahan hingga satu atau dua bulan ke depan. Syaratnya, Mama harus menyimpannya rapat-rapat dengan wadah yang bersih dan kedap udara.


BACA JUGA


Detox Drinks - Minuman Sehat Yang Bisa Mama Bikin Di Rumah. Yuk, Ma, Sontek 11 Resep Mudah Ini!

Detox Drinks - Minuman Sehat Yang Bisa Mama Bikin Di Rumah. Yuk, Ma, Sontek 11 Resep Mudah Ini!

Minuman sehat perlu banget Mama konsumsi untuk tubuh lebih sehat. 11 Minuman sehat ini berfungsi sebagai detox loh, bisa Mama bikin di rumah ...

Read more..


4. Jangan membeli berdasarkan merek


Image via bitra

Untuk hidup yang lebih sehat dan hemat, jangan terpaku pada merek ya, Ma. Banyak bahan makanan organik dengan merek terkenal, dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan merek supermarket lokal. Padahal, kualitasnya nggak jauh beda.

Jadi, nggak ada salahnya kok, membeli merek yang tidak terkenal, selama kualitasnya bagus.


5. Manfatkan diskon


Image via epa

Karena sayur dan buah sangat mudah menurun kualitasnya, supermarket biasanya akan rutin “membuang” produk yang sudah tak menarik, menurunkannya dari rak display utama, untuk kemudian memberikan potongan harga yang cukup besar.

Nah, kita bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan harga terbaik. Tapi ingat ya, Ma, sebaiknya segera konsumsi bahan makanan seperti ini agar tak menjadi busuk.


6. Belanjalah untuk keperluan seminggu saja


Image via fokusjabar

Agar tak membuang-buang waktu, tenaga dan uang, sebaiknya Mama menyesuaikan isi keranjang belanja dengan kebutuhan keluarga.

Jangan melebihi stok untuk seminggu ya, agar sayur dan buah segar itu berakhir di tong sampah.


BACA JUGA


Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Menu makanan sehat ala food combining sebenarnya gimana sih? Buah kan ada banyak jenisnya, jangan-jangan yang kita makan ini nggak termasuk ...

Read more..


7. Tingkatkan skill memasak


Image via shutterstock

Memasak dengan teknik yang benar, akan sangat menghemat waktu dan tenaga. Dari segi rasa dan tampilan pun, pastinya akan lebih menarik anggota keluarga untuk menyantap aneka menu makanan organik di rumah, ketimbang jajan di luar.

Mama bisa juga memasak dalam jumlah banyak untuk satu menu tertentu, lalu simpanlah sebagian dengan baik, untuk dipanaskan lagi kemudian. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam keadaan terburu-buru, misalnya untuk sahur atau berbuka puasa.

Dengan trik ini, Mamas nggak akan membuang-buang makanan yang kita beli dengan mahal ini ya.


8. Tanam sendiri? Kenapa nggak?


Image via kebunhidro

Mamas punya lahan kecil di rumah? Jangan ragu memanfaatkannya untuk menanam aneka sayur ataupun buah organik.

Nggak harus berupa lahan tanah lho. Kita bisa memakai barang-barang bekas untuk dijadikan media tanam, ataupun plastik khusus yang bisa dibeli di toko pertanian. Bibitnya bisa dibeli juga sekalian di sana.

Meski sedikit repot, cara ini jauh lebih hemat bagi kantong keluarga, bukan?


BACA JUGA


Ini Dia 3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Agar Mudah Diterapkan Sehari-hari

Ini Dia 3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Agar Mudah Diterapkan Sehari-hari

Gaya hidup yang paling bermanfaat adalah gaya hidup sehat. Tapi menjalankannya tidak dengan prinsip tertentu dapat memberikan dampak ...

Read more..


Well, itu tadi 8 cara jitu mendapatkan makanan organik dengan cara yang cerdas dan hemat. Hidup lebih sehat, kantong pun tetap aman.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bety Kristianto | @betykristianto

Penikmat kopi yang jatuh cinta pada kata-kata. Penulis buku Smart mom, Happy Mom dan beberapa buku antologi bertema perempuan.

Silahkan login untuk memberi komentar