Bahaya Anak Gemuk - Obesitas Ternyata Juga Memengaruhi Kemampuan Matematika? Ketahui Lebih Rinci, Yuk!

Bahaya Anak Gemuk - Obesitas Ternyata Juga Memengaruhi Kemampuan Matematika? Ketahui Lebih Rinci, Yuk!

844
Bahaya anak gemuk ternyata tak hanya memengaruhi kesehatan dan perkembangan sosialnya. Tapi juga berdampak pada intelektualitasnya. Duh!

Gemasss banget rasanya kan, kalau melihat ada anak batita kita pipinya gembil dan badannya montok. Eh, tapi sebaiknya cek dulu deh Ma, jika hal ini terjadi pada si kecil, so apakah ia masih dalam batas normal, overweight, atau bahkan obesitas? Soalnya, Ma, wah, jangan sampai deh putri atau jagoan kecil Mama masuk dalam kategori yang terakhir! Karena Mama pasti sudah tahu bahaya anak gemuk.

Salah satunya, ini nih, Ma. Berbagai penelitian membuktikan, bahwa anak dengan kasus obesitas mengalami masalah sosial dan kesehatan. Masalah sosial yang dialaminya misalnya seperti rentan di-bully dan merasa rendah diri karena aktivitas dan motoriknya yang terbatas. Sedangkan masalah kesehatan yang bisa saja akan dialaminya adalah gangguan tidur, diabetes, bahkan tekanan darah tinggi.

Ada juga fakta lain dari bahaya anak gemuk ini, Ma.

Hal yang rentan dan akan dialami oleh anak dengan obesitas di samping masalah sosial dan kesehatan seperti di atas, adalah intelektualitasnya. Yes, anak akan kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah, Ma, khususnya matematika.


BACA JUGA


Anak Takut Matematika, Begini Seharusnya Cara Mama Mendampinginya dan Mengubah Nilai 4 Menjadi 10

Anak Takut Matematika, Begini Seharusnya Cara Mama Mendampinginya dan Mengubah Nilai 4 Menjadi 10

Anak takut matematika mungkin hanya karena kurang memahami konsep dasarnya. Jangan abaikan, namun dampingi dengan metode yang tepat

Read more..


Untuk itu, saat nilai matematikanya agak di bawah standar kompetensi, sebaiknya jangan langsung memanggil guru les privat untuk memberinya pelajaran tambahan matematika, atau malah memforsir anak untuk menghafal rumus dan latihan soal hitungan.

Kenali dulu penyebab utamanya, jangan-jangan si kecil sudah masuk kategori obesitas. Kalau iya, mungkin itulah penyebabnya!



Dalam jurnal Child Development, ada fakta yang menyatakan, bahwa dari 6.250 anak dari seluruh pelosok Amerika sebagai sampel yang dilacak sejak usia taman kanak-kanak hingga kelas 5 SD, anak yang mengalami obesitas cenderung memperoleh nilai rendah dalam ujian matematika dibandingkan dengan anak dengan berat badan normal.

Sementara, bagi anak yang mengalami kegemukan hingga obesitas pada pertengahan studi (sekitar pada kelas 3 SD) mengalami penurunan pada nilai matematikanya.

Dikutip dari ParentsGuide dalam Time, studi yang dilakukan oleh Universitas Missouri menemukan bukti, bahwa ada salah satu bahaya anak gemuk atau anak yang mengalami obesitas akan memengaruhi kemampuan matematika anak.

Sarah Gable, ketua tim peneliti, menyatakan, bukan anak-anaknya yang kurang pintar, namun performa mereka yang kurang bagus. Tidak ada hubungan sebab-akibat secara langsung, namun memang obesitas memengaruhi kemampuan anak dalam pelajaran matematika.


Untuk mengatasi bahaya anak gemuk satu ini, kontrol dari lingkungan sosialnya sangat dibutuhkan, demi untuk membantu anak 'lepas' dari obesitas, terutama saat di sekolah. Hal ini dikarenakan pada umumnya anak menghabiskan kurang lebih 7 - 8 jam dari satu harinya di sekolah. Karena kalau di rumah sendiri, Mama dengan mudah bisa mulai mengontrol si kecil, maka sekarang yang harus dipikirkan adalah saat si kecil berada di sekolah.

Para ahli pun yakin, Ma, bahwa sekolah merupakan tempat utama yang efektif untuk mencegah (dan menanggulangi) bahaya anak gemuk atau obesitas dengan menggunakan pendekatan berbasis sekolah yang komprehensif. Misalnya, setidaknya anak harus melakukan aktivitas fisik 60 menit sehari di sekolah.

Untuk makanan yang dikonsumsi oleh si kecil saat di sekolah pun bisa Mama kontrol dengan memesankan katering sehat, jadi anak tidak bebas melahap makanan favoritnya di kantin sekolah yang kadang kurang terjaga kandungan nutrisinya.

Pesankan juga pada wali kelas si kecil agar mengingatkannya ketika ngemil terlalu banyak. Hal tersebut dapat membantu si kecil mendapatkan kembali berat badan idealnya, sehingga ia akan merasa lebih percaya diri karena tidak 'berjuang' sendirian.

Dengan begitu, ia jadi bisa lebih fokus menyerap pelajaran di sekolahnya terutama saat hitung-menghitung alias matematika.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Hal Yang Tak Pernah Diajarkan di Sekolah, Dari Dulu Hingga Sekarang!

Ini Dia 5 Hal Yang Tak Pernah Diajarkan di Sekolah, Dari Dulu Hingga Sekarang!

Jangan harapkan hal-hal ini diajarkan oleh sekolah. Kita yang harus melakukannya, Ma

Read more..


Nah, demikian beberapa fakta mengenai bahaya anak gemuk, selain yang bisa memengaruhi kesehatan dan perkembangannya.

Well, keep an eye on your child's weight, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bahaya Anak Gemuk - Obesitas Ternyata Juga Memengaruhi Kemampuan Matematika? Ketahui Lebih Rinci, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar