Bakalan Menjalani Hubungan Jarak Jauh? No Worries, Mama Hanya Perlu Menyiapkan 5 Hal Kecil Ini!

Bakalan Menjalani Hubungan Jarak Jauh? No Worries, Mama Hanya Perlu Menyiapkan 5 Hal Kecil Ini!

2.4K
Long distance marriage atau hubungan jarak jauh dalam ikatan pernikahan sudah biasa saja di zaman sekarang. Everything would be fine, persiapkan saja 5 hal kecil ini!

Sebentar lagi akan menjalani hubungan jarak jauh, Ma? Suami akan dipindahkan tugas ke luar kota, Ma? Atau malah Mama yang akan pindah kota menjauhi suami?

Menjalani hubungan jarak jauh dari suami memang sepertinya bakalan berat ya. Bisa dibayangkan, bakalan sulit dan tak menyenangkan. Tapi, demi suatu alasan yang kuat (mengejar mimpi dan cita-cita adalah beberapa alasan di antaranya), Mama dan suami tetap harus menjalaninya.


BACA JUGA


Kangen Gara-gara Hubungan Jarak Jauh, Ma? Ini Dia 5 Lagu Yang Cocok Untuk Didengarkan oleh Mama-Papa yang LDM-an!

Kangen Gara-gara Hubungan Jarak Jauh, Ma? Ini Dia 5 Lagu Yang Cocok Untuk Didengarkan oleh Mama-Papa yang LDM-an!

Meskipun terpisah jarak (dan mungkin, waktu), hubungan jarak jauh harus tetep dijaga. Redam rasa kangen Mama dengan 5 lagu ini, yuk

Read more..


Demi cinta yang tetap terjalin hangat, berikut 5 hal yang harus Mama persiapkan sebelum Mama dan suami bersiap pergi meski hanya sementara dan menjalani hubungan jarak jauh ini


1. Komunikasi


Dari semua hubungan jarak jauh yang pernah ada, selalu saja hal yang dianggap paling penting adalah komunikasi. Karena itu, persiapkan hal ini paling dulu di antara persiapan yang lain.

Jarak yang memisahkan antara Mama dengan suami akan terasa dekat dengan tetap saling berkomunikasi. Sisi baiknya, teknologi sudah begitu membantu Mama memperpendek jarak ini. Mama tak perlu menunggu datangnya sepucuk surat yang diantar oleh Pak Pos, atau harus pergi menemuinya di kota lain atau malah harus ke luar negeri.

Sekarang dengan mudahnya Mama bisa chatting, bahkan bisa saling melihat melalui webcam.

Pastikan Mama dan suami sepakat mengenai media apa yang akan dipergunakan berdua untuk berkomunikasi. Pilihlah media yang paling bersahabat di kantong, dan yang memudahkan.

Sesuaikan pula intensitas komunikasi antara Mama dan suami. Janjian, pada pukul berapa sebaiknya Mama menghubungi suami, atau suami menghubungi Mama. Karena itu sangatlah penting untuk tahu jadwal masing-masing agar bisa saling menyesuaikan, karena siapa tahu Mama dan suami akan berada di zona waktu yang berbeda.

Ya, biasanya yang menjadi kendala utama dalam berkomunikasi adalah penyesuaian waktu. Jangankan yang berada di zona waktu berbeda. Saat Mama dan suami sama-sama sibuk pun bisa jadi merupakan hambatan untuk menjalin komunikasi yang intens. Bisa saja saat Mama lagi selow, suami ternyata sedang meeting dengan klien. Kan kacau banget tuh.

Ini bisa disesuaikan sambil jalan, Ma. Jadi santai saja. Pada awalnya, pasti sering terjadi bentrok waktu. Bicarakan hal-hal ini sebelum Mama atau suami berangkat ya. Capai kata sepakat, dan setelahnya tinggal Mama dan suami yang harus berkomitmen.


2. The Trust Issue


Hal kedua yang harus Mama sepakati berdua sebelum mulai hubungan jarak jauh adalah kepercayaan.

“Keterpaksaan” yang Mama putuskan berdua dengan suami hingga harus menjalani hubungan jarak jauh bisa berakhir pada dua kemungkinan; makin saling percaya atau semakin menipisnya kepercayaan.

Nah, jangan sampai hal kedua yang terjadi ya, Ma.

Bagaimanapun, pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh hanya bisa mengandalkan kepercayaan satu sama lain. Hal ini memang membutuhkan niat yang kuat dan memang tak semudah membalikkan telapak tangan.

Kejujuran dan kepercayaan merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan dalam sebuah hubungan cinta, terutama dalam hubungan jarak jauh. Tak hanya harus saling percaya, namun keduanya harus saling jujur.

Jadi, tetapkan hati Mama mulai sekarang, dan percayalah pada suami. Tak lupa berjanjilah padanya, bahwa Mama akan selalu jujur.


3. Mulai memikirkan kesibukan pribadi


Selain mempersiapkan diri untuk jauh dari suami, Mama juga harus mempersiapkan diri sendiri supaya nggak terlalu larut dalam kesepian saat harus menjalani hubungan jarak jauh. Karena akan ada perbedaan besar dalam keseharian Mama.

Kalau biasanya Mama bisa melakukan semua berdua dengan suami, maka sekarang mungkin akan berbeda. Mama harus melakukan semuanya sendirian. Dan, ini nggak mudah bagi sebagian orang lo.

Supaya nggak merasa terlalu kesepian, ada baiknya Mama mulai mencari kesibukan yang kira-kira bisa Mama lakukan sendiri. Kesibukan yang Mama sukai, sehingga nggak selalu memikirkan mengenai suami yang jauh di sana.

Karena, Ma, kalau terus-terusan mikirin hubungan jarak jauh yang harus dijalani ini, terus mengasihani diri terlalu lama karena harus jauh dari suami, maka lama kelamaan malah membuat Mama selalu curiga dan berpikir yang enggak-enggak lo.

So, ayo cari kesibukan baru, dan alihkan perhatian Mama pada hal-hal yang lebih positif.


BACA JUGA


Hubungan Cinta Jarak Jauh Mama dan Papa Sedang Berada di Ujung Tanduk Jika 5 Tanda Bahaya Ini Sedang Terjadi

Hubungan Cinta Jarak Jauh Mama dan Papa Sedang Berada di Ujung Tanduk Jika 5 Tanda Bahaya Ini Sedang Terjadi

Keberhasilan hubungan cinta jarak jauh tergantung pada komunikasi dan saling percaya. Maka pastikan tidak ada 5 tanda bahaya ini dalam ...

Read more..


4. Merencanakan sesuatu saat sudah bersama lagi nanti


Yang perlu selalu diingat, Ma, bahwa hubungan jarak jauh ini hanya sementara.

Lalu nanti saat sudah bersama lagi, mau ngapain nih? Apa yang akan Mama dan suami lakukan bareng? Membuka bisnis bersama? Mewujudkan cita-cita bersama?

Hal-hal indah tersebut perlu Mama dan suami rencanakan bahkan sejak sebelum terpisah jarak dan waktu. Mengapa? Karena hal-hal indah yang akan Mama lakukan bareng suami ini, akan membuat Mama bersabar menjalani hubungan jarak jauh. Di samping itu, juga hal-hal tersebut bisa menjadi bahan perbincangan hangat antara Mama dan suami saat sedang chatting nanti.

Dan, percayalah, antusiasme Mama dan suami akan rencana tersebut akan membuat cinta Mama dan Papa semakin kuat.


5. Don’t ever say goodbye


Ya, jika sudah waktunya berpisah, jangan pernah ucapkan goodbye, melainkan “See you later.”. Sampai jumpa nanti. Sampai ketemu di Skype. Sampai ketemu di Twitter. Dan, sebagainya.

Karena memang Mama tidak berpisah dalam arti yang sebenarnya kan? Hanya ada sedikit saja jarak yang terbentang, dan itu hanya masalah waktu bahwa Mama dan suami akan kembali bersama.


BACA JUGA


Hanya Pasangan Suami Istri Long Distance Marriage yang Mengalami 7 Hal Istimewa Ini!

Hanya Pasangan Suami Istri Long Distance Marriage yang Mengalami 7 Hal Istimewa Ini!

Pasangan suami istri modern masa kini kadang harus menghadapi berbagai masalah untuk bisa bersama, di antaranya jarak

Read more..


Semoga tip-tip persiapan untuk menjalani hubungan jarak jauh di atas bisa bermanfaat, dan selamat menjalani hari-hari indah bersama pasangan, meski lewat dunia virtual.

Stay happy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bakalan Menjalani Hubungan Jarak Jauh? No Worries, Mama Hanya Perlu Menyiapkan 5 Hal Kecil Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar