Bang Bing Bung! - Begini Mengajarkan Anak untuk Menabung Sejak Dini!

Bang Bing Bung! - Begini Mengajarkan Anak untuk Menabung Sejak Dini!

911
Mengajarkan anak untuk menabung itu gampang-gampang susah. Tapi, yang penting, tentunya Mama harus menjadi role model yang baik untuknya lebih dulu.

Si kecil mulai mengerti nilai uang? Mulai menyadari bahwa dengan uang, dia bisa membeli mainan yang dia mau, jepit rambut yang dia suka, gantungan kunci yang lucu-lucu? Kalau iya, inilah saatnya Mama mengajarkan anak untuk menabung.

Menabung merupakan kebiasaan yang harus dimulai sejak dini. Adalah tugas orangtua untuk mengajarkan anak untuk menabung, dan menjelaskan padanya apa manfaat dari menabung.

Well, bisa saja sih sebenarnya si kecil sudah tahu manfaat menabung, karena pasti sudah pernah disinggung juga oleh guru di sekolahnya. Tapi mungkin dia belum peduli, Ma, karena si kecil merasa untuk apa menunda kesenangan jika dia bisa mendapatkannya sekarang dan kapan saja dia mau. Lagipula kan sekarang apa-apa yang dikepinginin tinggal minta saja pada Mama atau Papa kan?

Nah, di sinilah peran orangtua mengajarkan anak untuk menabung sekaligus untuk memberi tambahan pemahaman manfaat dari menabung.


Cara mulai mengajarkan anak untuk menabung sejak dini


1. Mulai dari hal kecil


Mengajarkan Anak untuk Menabung - mulai dari yang kecil

Tak perlu hal besar untuk memulai, Ma. Justru Mama harus memulai dari hal-hal kecil, misalnya seperti mengajarkan anak untuk menabung demi bisa membeli perlengkapan sekolah yang unik-unik, atau buku bacaan kesukaannya, hingga untuk berlibur dan rekreasi ke tempat yang diinginkannya.

Jangan lupa untuk menyediakan tempat tabungan yang lucu untuknya ya! Namanya anak-anak pasti lebih tertarik pada kemasan. So, supaya makin semangat, Mama bisa membelikan piggy bank yang imut, atau bahkan bisa mengajaknya untuk berkreasi sendiri membuat celengan dari bahan bekas yang ada di rumah.


2. Tekankan pada kepuasan


Mengajarkan Anak untuk Menabung - bahwa mendapatkan sesuatu dari jerih payah itu sangat memuaskan!

Tekankan mengenai rasa senang dan puas ketika berhasil mendapatkan sesuatu dari hasil susah payah saat menyisihkan uang jajan.

Mama bisa lho mengajarkan anak untuk menabung dengan cara menularkan semangat menabung Mama sendiri. Coba ceritakanlah bagaimana Mama harus bekerja keras saat ingin membeli laptop Mama yang sedang Mama gunakan sekarang. Juga bagaimana Mama sekarang harus mengangsur cicilan mobil, rumah dan lain sebagainya, yang semuanya dilakukan dengan menyisihkan gaji kantor Mama.


3. Antara kebutuhan dan keinginan


Mengajarkan Anak untuk Menabung - ada batas tegas antara kebutuhan dan keinginan. Kenali!

Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak untuk menabung dengan menjelaskan padanya mengenai perbedaan antara ‘butuh’ dan ‘ingin’.

Tujuan menabung akan terasa lebih bermanfaat saat dilakukan untuk sesuatu yang penting, Ma. Setuju kan?

Lalu, bagaimana cara membedakan barang yang dibutuhkan dan diinginkan ini? Mintalah si kecil untuk membuat daftar barang-barang yang ingin dimilikinya dari hasil menabung. Kemudian dampingi dia untuk menganalisis, mana barang yang dibutuhkan segera, dibutuhkan nanti, dan yang hanya akan dibeli karena sebatas keinginan.


Be grateful for the home you have, all you have is all you need. Demikian kata Sarah Ban Breathnach, penulis buku Simple Abundance.

Setelah si kecil paham sepenuhnya apa arti dan manfaat menabung, juga cara melakukannya, maka sekaranglah saatnya Mama benar-benar mengajarkan anak untuk menabung. Dampingi dia untuk melaksanakan rencana menabungnya ya, Ma.

Mama bisa mengusahakan untuk memberinya uang jajan yang dilebihkan sedikit, agar dia bisa menyisihkannya untuk ditabung. Biasakan si kecil untuk bisa menyisihkan uang tabungan di awal, dan bukan merupakan sisa dari jajan.

Setelah terkumpul cukup banyak, Mama bisa membuka rekening baru di bank atas nama si kecil, agar dia merasa eksistensinya lebih dan makin diakui. Dengan demikian, semangatnya untuk menabung akan lebih terpacu lagi.

Nah, selamat menabung bersama si kecil, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bang Bing Bung! - Begini Mengajarkan Anak untuk Menabung Sejak Dini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.