Baru Saja Bisa Mengendarai Mobil? Ini Dia 5 Hal yang Harus Diwaspadai, Diperhatikan dan Dihindari Selama di Jalan Raya oleh Para Newbie!

Baru Saja Bisa Mengendarai Mobil? Ini Dia 5 Hal yang Harus Diwaspadai, Diperhatikan dan Dihindari Selama di Jalan Raya oleh Para Newbie!

632
Mengendarai mobil itu memang perlu kewaspadaan tinggi. Apalagi kita yang baru saja bisa menyetir. Apa saja yang harus diperhatikan?

Mengendarai mobil memang menyenangkan ya, Ma, apalagi bagi para pemula, alias baru lulus kursus menyetir dan mendapatkan SIM A. Wih! Kalau sebelumnya kita selalu duduk di sebelah pengemudi atau malah di deretan kedua atau terbelakang di kendaraan, kini saatnya kita yang memegang kendali.

Waw, menyenangkan sekaligus menegangkan! Ini nih, yang saya mau cerita nih, Ma.

Selama hampir 9 bulan ngerasain jadi supir pribadi, saya pun mendapat banyak sekali pelajaran saat mengendarai mobil di jalan raya, baik dalam kota ataupun di tol.


BACA JUGA


Kena Tilang Polisi? Hadapi dengan Cantik, Tak Perlu Marah-Marah Apalagi Mencakar

Kena Tilang Polisi? Hadapi dengan Cantik, Tak Perlu Marah-Marah Apalagi Mencakar

Kena tilang? Ah, itu biasa. Jutaan pengendara dan pengguna jalan lain juga mengalaminya. Nggak perlu drama, yang dibutuhkan adalah sikap ...

Read more..


Yang pertama adalah kita harus senantiasa hati-hati, tetap waspada akan semua kemungkinan yang terjadi di jalan raya. Entah itu pengemudi lain yang ingin menyalip, memperkirakan berapa lama lampu akan tetap hijau, memperhatikan kecepatan kendaraan di batas aman, dan banyak lagi.

Hal kedua yang tidak boleh dilupakan adalah sabar. Kesabaran seorang pengemudi bisa terlihat saat jalanan lengang, di jalan tol misalnya. Di daerah saya, kecepatan maksimal di jalan tol adalah 80 km per jam. Namun, karena jalan yang lengang atau ingin ikut-ikutan pengemudi mobil lain, seringkali kita akan menaikkan kecepatan sampai ke 120 km per jam.

Ya, mungkin masih wajar sih buat yang sudah biasa mengendarai mobil. Tapi lain perkara buat yang belum mahir-mahir amat dalam urusan mengendalikan mobil. Hahaha. Jadi, ya gitu deh, Ma. Harus tetap sabar!

Selain kedua hal di atas, ada beberapa hal lain yang harus diwaspadai oleh pengemudi mobil, terutama para newbie, agar selamat di jalan raya. Apa saja? Let's see!


5 Hal yang harus diwaspadai oleh Mama yang baru saja bisa mengendarai mobil


1. Alat transportasi umum


Image via SIndo Jabar

Angkot, bus kota, metro mini, bajaj, ... just name it! Sudah bukan rahasia umum ya, jika kebanyakan lampu sein angkot tidak berfungsi dengan baik. Jadi, hanya supir dan Allah yang tahu ke mana angkot itu akan menuju; ke kiri, kanan ataukah berhenti.

Belum lagi, angkot-angkot ini biasanya berhenti di sembarang tempat yang akan membuat kita jadi 'kagok' untuk bergerak. Di tempat-tempat yang seharusnya dilarang berhenti, angkot malah menurunkan penumpang dan menimbulkan kemacetan.

Iya sih, saya juga pengguna angkot. Tapi setidaknya saya selalu berusaha berhenti di halte, tempat di mana angkutan umum memang seharusnya berhenti. Nah, ini juga jadi catatan ya, buat Mama yang masih memanfaatkan angkot sebagai alat transportasi. Mintalah berhenti di tempat yang seharusnya.

Selain angkot, kita juga harus waspada pada bus kota. Sudah beberapa kali saya temukan pengemudi bus kota yang ugal-ugalan dan menghentikan bus di jalur cepat. Jalur cepat, lho, Ma, yang pastinya adalah tempat kendaraan melaju dengan cepat. Bayangkan, kalau ada bus yang berhenti mendadak di sana. Subhanallah deh!


2. Sepeda motor (khususnya yang ugal-ugalan)


Image via Wikipedia

Saya seringkali salut pada pengendara sepeda motor. Udahlah ngebut, nyelip sana-sini, tiba-tiba nyempil di tengah-tengah deretan mobil, menempel bodi mobil dan banyak lagi kehebatan lainnya. Padahal tubuh mereka nggak dlindungi apa pun lho. Tapi sungguh, mereka amat sangat pemberani. Salut!

Tapi, ngeri!

Jadi, saran saya, jika ingin meminimalisir kecelakaan atau bersitegang dengan pengendara lain di jalan raya, maka waspadai pengemudi sepeda motor yang ugal-ugalan, atau terlalu mepet dengan mobil kita. Biarkan saja mereka mendahului kita, karena biar lambat asal selamat. Betul, Ma?


3. Pak Ogah


Image via Terselubung

Itu lho, Ma, yang suka "membantu" mengatur lalu lintas ketika Pak Polisi sedang tidak ada di tempat. Biasanya mereka ini anak-anak muda atau tukang ojek di sekitar lokasi yang memang mencari pendapatan dari mengatur lalu lintas.

Ada 2 tipe dari Pak Ogah ini. Tipe pertama adalah mereka yang benar-benar membantu pengendara untuk menyeberang jalan, berputar arah atau lainnya. Mereka ini bertanggung jawab untuk memberhentikan mobil yang akan lewat dan memberi jalan untuk pengendara yang lain. Pokoknya, helpful deh!

Tipe kedua adalah mereka yang mengatur lalu lintas dengan asal-asalan. Asal-asalan menyuruh kita jalan tanpa memberi jalan yang cukup. Alhasil, biasanya malah pengendara akan menabrak pengendara lain atau malah bikin macet dan segala macam kekacauan lainnya. Dan, mereka ini cuek saja gitu, nggak bertanggung jawab.

Apalagi kalau terus minta recehannya maksa. Beugh!


4. Lubang di jalan


Image via Media Masyarakat

Walaupun tampaknya sepele, please deh, Ma, jangan anggap remeh lubang yang ukurannya besar dan dalam, apalagi berada di jalur cepat.

Saat kita mengendarai mobil, lengah dan tidak sempat menghindar, kelar! Bagian bawah bodi mobil akan terbentur dengan keras. Pastinya ini akan membuat mobil lecet, Ma, setidaknya pada bagian bawah. Nggak sedikit juga kendaraan yang mengalami kecelakaan karena hal ini lho.

Jadi, tetap waspada pada lubang di jalan ya!


5. Mengendarai mobil sambil memangku anak yang sedang tantrum


Nah, ini pengalaman pribadi nih, Ma.

Waktu itu, anak saya, karena satu sebab sedang tantrum, maka akhirnya harus saya pangku. Dan yah, ini memang nggak boleh sih, masa mengendarai mobil sambil pangku anak. Akhirnya, saya pun menabrak ibu-ibu pengendara motor yang ada di depan mobil saya.

Ya, untungnya, waktu itu sedang macet parah, sehingga benturannya pun cukup ringan. Tapi tetep aja, Ma, saya mendapat tatapan tajam dari si ibu. Duh, beneran deh. Setajam silet! Huhuhu.


BACA JUGA


Harus Menerobos dan Mengemudi di Tengah Banjir? Hati-hati, dan Lakukan 8 Hal Berikut!

Harus Menerobos dan Mengemudi di Tengah Banjir? Hati-hati, dan Lakukan 8 Hal Berikut!

Kadang kita terjebak dan harus mengemudi di tengah banjir. Tetap tenang, dan lakukan 8 tips berikut

Read more..


Oke, itu dia 5 hal yang harus dihindari oleh kita yang baru saja bisa mengendarai mobil sendiri, agar selamat sampai tujuan. Oh iya, jangan lupa juga, Ma. Gunakan lampu sein dengan semestinya ya! Jangan sein kiri eh beloknya ke kanan. Ingat-ingat ya! Hehehe.

Hmmm, ada yang harus ditambah nggak ya? Sharing yuk, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Baru Saja Bisa Mengendarai Mobil? Ini Dia 5 Hal yang Harus Diwaspadai, Diperhatikan dan Dihindari Selama di Jalan Raya oleh Para Newbie!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dessy Natalia | @dessynatalia

Happy single mom, mompreneur, blogger at www.ibujerapah.com

Silahkan login untuk memberi komentar