Bayi Dapat Mengingat Masa-Masa Saat Berada di Rahim Lo! Hal Apa Saja yang Diingat oleh Si Kecil?

pixabay

Bayi Dapat Mengingat Masa-Masa Saat Berada di Rahim Lo! Hal Apa Saja yang Diingat oleh Si Kecil?

2.8K
Bayi sudah banyak belajar sejak masih di dalam kandungan. Apa saja yang sudah bisa diingatnya sejak masih dalam kandungan?

Sesaat setelah mengetahui bahwa ada calon bayi mungil nan cantik tumbuh dalam rahim, Mama pasti langsung tidak sabar untuk berjumpa dengannya.

Mama dan Papa, juga mungkin Kakek dan Nenek, akan sibuk mempersiapkan perlengkapan bayi, juga mungkin mempersiapkan bayi untuk menyambut dunia. Segala hal akan diperhatikan demi kesempurnaan bayi saat lahir, dari mulai makanan, minuman, vitamin, olahraga, rajin berbicara pada bayi, hingga memperdengarkan beberapa musik pilihan.

Namun, pernahkah Mama bertanya-tanya, dari sekian banyak usaha yang Mama dan Papa lakukan, berapa banyakkah yang si kecil ingat? Apakah memang ada pengaruhnya pada bayi?

Pertanyaan di atas ternyata sudah terjawab melalui beberapa penelitan. Nah, jIka Mama ingin mencari tahu jawabannya, simak ulasan di bawah ini ya Ma.


BACA JUGA


Saat Si Bayi Sulit Berpisah dengan Mama, Ini Dia Beberapa Langkah yang Harus Mama Lakukan!

Saat Si Bayi Sulit Berpisah dengan Mama, Ini Dia Beberapa Langkah yang Harus Mama Lakukan!

Si bayi nggak bisa jauh-jauh dari Mama? Bukankah memang seharusnya begitu? Namanya juga mamanya. Tapi, kalau kebangetan, wah, repot juga. ...

Read more..


Beberapa hal yang sudah bisa diingat oleh bayi sejak masih dalam kandungan

1. Kata-kata

Beberapa hal yang sudah bisa diingat oleh bayi sejak masih dalam kandungan - kata-kata

Meskipun bayi tidak benar-benar mampu untuk memahami perkataan yang didengarnya semasa di rahim, namun bayi ternyata mampu mengenali suara-suara yang sering didengarnya.

Science Magazine melaporkan sebuah penelitian yang menemukan, bahwa para newborn memberikan respon positif terhadap kata-kata rekayasa yang diucapkan berulang kali saat mereka masih berada dalam rahim.

Selain itu, ditemukan pula bahwa bayi mulai mengenal dan membiasakan diri mereka dengan bahasa yang orang tua mereka gunakan.

Dalam penelitian lain terbukti, bahwa apabila orang tua berbicara dalam bahasa Inggris pada janin, kemudian saat lahir, bayi akan menunjukkan gelagat mengenali bahasa tersebut. Sementara saat diuji dengan diperdengarkan bahasa lain, seperti bahasa Swedia, bayi tidak menunjukkan gejala mengenali bahasa asing tersebut.

Wow. Amazing kan, Ma?


2. Lagu

Beberapa hal yang sudah bisa diingat oleh bayi sejak masih dalam kandungan - Lagu

Rumor yang berkembang di antara para ibu hamil adalah, dengan memperdengarkan musik tertentu pada calon bayi, perkembangan otak mereka akan lebih pesat. Rumor tersebut belum terbukti secara klinis, namun, di sisi lain penelitian membuktikan bahwa bayi ternyata mampu mengingat lagu yang diperdengarkan orang tuanya saat masih dalam rahim.

The Guardian melaporkan, bahwa terdapat sebuah penelitian yang menguji dua kelompok ibu hamil, satu kelompok mengujidengarkan lagu "Twinkle Twinkle Little Star" pada ibu hamil, sementara kelompok yang lainnya tidak. Para peneliti memperdengarkan lagu tersebut sebanyak lima kali seminggu di trimester kedua kehamilan para ibu.

Setelah bayi lahir, para peneliti kemudian memperdengarkan lagu yang sama kepada para bayi. Penelitian membuktikan bahwa kelompok bayi yang mendengarkan lagu "Twinkle Twinkle Little Star" menanggapi lagu dengan aktivitas elektrik yang lebih tinggi daripada yang tidak mendengarkan.


BACA JUGA


Yang Perlu Mama Tahu Tentang Asam Folat yang Bisa Mencerdaskan Bayi Sejak dalam Kandungan

Yang Perlu Mama Tahu Tentang Asam Folat yang Bisa Mencerdaskan Bayi Sejak dalam Kandungan

Begitu Mama hamil, Mama pasti berkenalan dengan nutrisi yang disebut asam folat. Apa sih manfaat asam folat? Benarkah asam folat bisa bikin ...

Read more..


3. Stres

Beberapa hal yang sudah bisa diingat oleh bayi sejak masih dalam kandungan - Stres

Stres di masa kehamilan sangatlah wajar terjadi. Namun perlu waspada, Ma, sebab ternyata bayi dapat merasakan apa pun yang Mama rasakan, termasuk stres.

Jadi, jika Mama merasakan stres yang berlebihan, rahim pun akan berubah menjadi lingkungan dengan tingkat stres tinggi bagi bayi.

Hormon stres yang tinggi mampu menyelinap ke dalam plasenta, yang berisiko besar akan membuat bayi lebih cemas dan mudah tersinggung.

Untuk menghindari perubahan rahim menjadi tempat berbahaya bagi bayi, pastikan Mama mampu menerapkan manajemen stres. Ada beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk meredakan stres, antara lain beristirahat dari aktivitas yang membuat stres, makan dengan baik, dan rajin berolahraga ringan yang aman untuk ibu hamil.


4. Makanan

Beberapa hal yang sudah bisa diingat oleh bayi sejak masih dalam kandungan - Makanan

Bayi memang tidak benar-benar makan saat berada dalam rahim, tetapi mereka akan mulai mengembangkan indra pengecapan mereka di usia 13 minggu.

Bayi akan dikelilingi air ketuban, yang akan perlahan-lahan ditelannya. Berbagai rasa makanan yang Mama makan akan dibawa oleh air ketuban, seperti halnya ASI. Di trimester akhir, bayi akan menelan kurang lebih satu liter air ketuban per hari untuk mempersiapkan masa-masa menyusui.

Saat lahir, bayi akan menunjukkan berbagai preferensi terhadap rasa dan aroma makanan.

Jadi, sebaiknya, di masa kehamilan, Mama memakan berbagai jenis makanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak jenis makanan yang dimakan ibu semasa kehamilan, maka semakin kecil kemungkinan bayi akan pilih-pilih saat makan.


5. Aroma ibu

Beberapa hal yang sudah bisa diingat oleh bayi sejak masih dalam kandungan - Aroma ibu

Air ketuban bukan hanya membawa rasa dari makanan yang Mama makan, tetapi juga aroma Mama.

Di jam pertama kelahirannya, bayi akan mengandalkan indra penciuman, yang memang lebih baik daripada indra penglihatan mereka. Indra penciuman digunakan bayi untuk mendeteksi keberadaan ibu mereka.

Sebuah penelitian pernah dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat relasi antara aroma ibu dengan pengenalan bayi. Seorang ibu diminta untuk mencuci satu sisi payudara sebelum menyusui. Ternyata, bayi memilih payudara yang tidak dicuci daripada yang dicuci.

Hasil penelitian ini juga menjawab mengapa bayi terkadang hanya bersedia digendong oleh Mama, dan mampu mengenali Mama bahkan pada saat tidur.


BACA JUGA


5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

Perawatan bayi baru lahir kadang begitu membingungkan, apalagi untuk Mama yang belum berpengalaman. Don't panic, Rocking Mama telah ...

Read more..


Hmmm. Pantas saja ya, Ma.

Saat seorang, atau beberapa orang, bayi tumbuh di dalam rahim Mama, maka jadi tidak heran bila hubungan ibu-anak sudah terjalin bahkan sebelum bayi dilahirkan jika memang bayi bisa mengingat hal-hal di atas setelah ia lahir.

Apakah Mama mengalami salah satu dari kelima fakta di atas?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bayi Dapat Mengingat Masa-Masa Saat Berada di Rahim Lo! Hal Apa Saja yang Diingat oleh Si Kecil?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar