Bayi Mama Sulit Tidur? Atasi Dengan 9 Langkah Mudah Ini!

Bayi Mama Sulit Tidur? Atasi Dengan 9 Langkah Mudah Ini!

1.2K
Menidurkan bayi bagi seorang new Mama adalah tantangan tersendiri ya. Apalagi bayi Mama sulit tidur. Duh!

Memiliki bayi adalah impian semua pasangan di muka bumi ini. Jadi, jangan heran jika dari proses kehamilan hingga kelahiran bayi, kita memiliki berbagai cara untuk mengungkapkan rasa syukur.

Setelah bayi lahir, kegembiraan pun bercampur aduk dengan perasaan, 'Bagaimana ya cara menggendong yang benar?', 'Duh apa ASI ku akan keluar?', 'Kok bayi nangis terus ya?'. Ini hanyalah sebagian kecil pertanyaan yang kerap menghampiri seorang new Mama. Dan proses belajar menghadapi bayi akan terus bertambah seiring waktu.

Ada satu hal yang kadang bikin kita pusing, bayi sulit tidur, bener nggak Ma?

Mau tidurin bayi sudah dilakukan berbagai cara mulai dari menyusui, diayunin, nyanyiin lagu, ditepuk pantat, etapi bukannya tidur malah makin melek. Duh! Masalah banget ya, Ma. Belum lagi ditambah energi kita makin menipis, rasanya pengin mewek deh.

Jika Mama masih kesulitan menidurkan bayi, 9 langkah ini bisa membantu Mama.


1. Hangatkan boks bayi dengan handuk hangat

huffingtonpost

Salah satu yang membuat bayi tidak senang disimpan di boks adalah kehilangan rasa hangat di pelukan Mama, dan diganti dengan dinginnya permukaan boks.

Hingga usia satu tahun, dokter menyarankan orang tua untuk tidak menyelimuti bayi. Sebagai gantinya, dokter menyarankan bayi mengenakan piyama hangat atau swaddling.

Namun, Mama tetap bisa membuat boks lebih hangat dengan cara: menghangatkan handuk dengan hair dryer, kemudian meletakkannya di atas seprai selama beberapa menit, dan singkirkan handuknya sebelum bayi dibaringkan di atas boks.

2. Pastikan kamar terbebas dari debu

lullabypaints

Hal lain yang mengganggu nyenyaknya tidur bayi adalah gangguan pernapasan.

Debu adalah salah satu alergen yang dapat membuat bayi kesulitan bernapas karena saluran hidung mereka meradang. Jadi, pastikan peralatan tidur bayi, lantai, lemari, dan bahkan di setiap sudut ruangan kamar terbebas dari debu ya, Ma.

3. Bergantian dengan Papa saat menidurkan bayi

thebump

Bergantian menidurkan bayi akan membuat bayi terbiasa dengan kedua orang tuanya.

Jadi, saat Mama sibuk, Papa dapat diandalkan untuk menidurkan si kecil. Selain itu, Papa pun bisa memiliki cukup waktu untuk menjalin ikatan dengan anaknya.

Waktu menidurkan bayi dapat menjadi kesempatan bagus bagi para ayah untuk melakukan interaksi one-on-one, yang dapat menguatkan hubungan ayah dan anak.

BACA JUGA


Bayi Baru Lahir Gumoh? Normal Kok! Kenali Juga 6 Keluhan Bayi Baru Lahir yang Lain Ini Supaya Mama Nggak Panik!

Bayi Baru Lahir Gumoh? Normal Kok! Kenali Juga 6 Keluhan Bayi Baru Lahir yang Lain Ini Supaya Mama Nggak Panik!

Hai, Mama! Melihat bayi baru lahir kita rasanya begitu membahagiakan ya. Semua rasa sakit selama hamil dan melahirkan rasanya terbayarkan, ...

Read more..

4. Menenangkan anak di siang hari

huffingtonpost

Apabila Mama bete di siang hari, biasanya akan terbawa sampai malam, bukan?

Nah, bayi pun seperti itu. Peluk, manjakan, dan tenangkan si kecil di siang hari sesering mungkin. Dengan cuddling, bayi akan lebih sukar tersinggung atau rewel saat tidur. Selain itu, bayi pun akan memiliki hari-hari yang lebih bahagia.

5. Cobalah "fathering down"

herfamily

Apakah Mama sudah pernah mendengar soal fathering down?

Apabila si kecil benar-benar rewel saat hendak ditidurkan, cobalah untuk ditenangkan oleh Papa. Ada kalanya bayi hanya bisa ditangani oleh Papanya.

Fathering down adalah teknik menggendong bayi dengan posisi meringkuk di dada ayah, kemudian ayah meletakkan dagunya di kepala bayi. Selanjutnya, ayah membungkuk, lalu bernanyi atau membuat suara shusing, yang meresonansi lebih dalam daripada suara ibu. Getaran inilah yang akan membuat bayi lebih mudah tidur.

6. Jadilah fleksibel

sheknows

Hanya karena satu teknik berhasil diterapkan pada anak lain, belum tentu loh teknik tersebut bisa diterapkan pada bayi Mama.

Juga, hanya karena satu metode bisa berhasil di hari ini, belum tentu metode tersebut akan berhasil di kemudian hari. Gantilah metode dari setiap teknik, misalnya mengganti cara mengelon bayi, atau mengganti jumlah makanan yang dikonsumi bayi sebelum tidur, atau metode lain yang sebelumnya berfungsi, tetapi menjadi tidak berfungsi lagi.

7. Gunakan berbagai teknik

whattoexpect

Dengan cara ini, bayi tidak akan ketergantungan pada satu teknik saja. Misalnya, hari ini bayi dikelon, besok dinyanyikan, lusa dikipasi, sehingga bayi tidak akan memerlukan satu metode atau teknik tertentu.

8. Cek jam tidur bayi

Lakukan evaluasi jam tidur bayi.

Apakah si kecil ditidurkan terlalu cepat, atau terlalu larut? Ubah jam tidur bayi sebanyak setengah atau satu jam untuk mengetahui jam tidur bayi yang tepat.

9. Berlatih

Jika Mama tidak pernah melatih si kecil untuk tidur sendiri, maka si kecil tidak akan bisa tidur dengan cepat.

Jadi, cobalah untuk melatih si kecil untuk tidur sendiri. Perlahan-lahan, cobalah untuk berhenti mengayunkan si kecil agar ia terlatih untuk tidur sendiri. Namun ingat, Mama tidak perlu melakukannya setiap hari. Atau jika Mama tidak melakukannya pun tidak mengapa sebab ada beberapa orang tua yang menikmati setiap waktu menidurkan bayi.

BACA JUGA


Masih Kesulitan Memberikan MPASI pada si Kecil? Coba Simak 9 Tips Berikut!

Masih Kesulitan Memberikan MPASI pada si Kecil? Coba Simak 9 Tips Berikut!

MPASI sudah harus diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Apa saja yang perlu dipersiapkan, diperhatikan dan diingat kala mulai ...

Read more..

Fase bayi sulit tidur ada masanya juga kok, nggak akan terjadi setiap hari Ma. Jadi Mama nggak perlu parno duluan. Calm down and take it easy. Hehehe

Yakinkan diri bahwa Mama bisa melalui semua ini. 9 Langkah menidurkan bayi ini nggak sulit kan untuk diterapkan.

Semangat selalu, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bayi Mama Sulit Tidur? Atasi Dengan 9 Langkah Mudah Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar