Bayi Ngeces, Benarkah Akibat Ibu Ngidam yang Tak Tersalurkan? Begini Cara Mengatasinya!

Bayi Ngeces, Benarkah Akibat Ibu Ngidam yang Tak Tersalurkan? Begini Cara Mengatasinya!

593
Bayi ngeces, akibat dari ibu ngidam yang tidak tersalurkan, mitos atau fakta?

Si bayi ngeces terus, Ma? Sampai-sampai Mama sering mendapatkan pertanyaan atau pernyataan atau saran atau ... whatever it is ... seperti ini?

“Dulu ngidam apa? Kok sampai anaknya ileran gitu? Sekarang coba carikan yang ibunya idamkan dulu, biar air liurnya berhenti.”

Hmmm, apakah benar ngeces itu dari ibunya yang ngidam? Dan, coba dilogika lagi, apa hubungannya bayi ngeces dengan ibu yang ngidam?

Bayi ngeces atau ileran, atau drooling dalam bahasa kesehatan, sebenarnya merupakan aktivitas normal yang dilakukan balita di bawah umur 2 tahun, Ma.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi bayi ngeces ini. Beberapa di antaranya adalah tumbuhnya gigi, infeksi pada kelenjar liur (parotitis), infeksi pada organ lain di dalam mulut seperti lidah, gusi, maupun gigi, baik oleh bakteri maupun karena jamur.

Selain itu, produksi air liur juga semakin meningkat akibat perangsangan yang terus menerus, misalnya pemakaian dot atau empeng atau dummy.

Dan, oleh karena respon anak terhadap air liur belum sempurna, maka tumpahlah air liur itu dari mulutnya. Jadilah ia bayi ngeces, Mama. Itu adalah benang merah kenapa balita suka ngeces (drooling).


BACA JUGA


Saat Si Bayi Sulit Berpisah dengan Mama, Ini Dia Beberapa Langkah yang Harus Mama Lakukan!

Saat Si Bayi Sulit Berpisah dengan Mama, Ini Dia Beberapa Langkah yang Harus Mama Lakukan!

Si bayi nggak bisa jauh-jauh dari Mama? Bukankah memang seharusnya begitu? Namanya juga mamanya. Tapi, kalau kebangetan, wah, repot juga. ...

Read more..


Nah, jadi jelas ya, Ma, sekarang, apa penyebab bayi ngeces?

Jadi kalau ada orang yang bilang bahwa bayi ngeces itu akibat dari ibu ngidam yang tidak tersalurkan itu sebenarnya hanyalah mitos belaka.

So, jangan sangkut-pautkan lagi dengan mitos yang beredar di masyarakat itu ya, Ma.

Lalu, karena bayi ngeces itu normal, apakah sebaiknya kita biarkan saja sembari menunggu, nanti kan juga berkurang sendiri? Nggak juga, Ma. Kita justru harus menolong bayi ngeces agar ia kemudian bisa belajar untuk mengendalikan dan merespon air liur dalam mulutnya tersebut.


Berdasarkan buku yang saya baca, berikut ada 4 tips yang bisa Mama lakukan untuk meminimalisir bayi ngeces



1. Gunakan alas dada

Ya, berikan bip yang lembut dan berlapis plastik untuk menampung air liur si kecil. Ya, memang sih. Kebanyakan bayi akan risih saat memakai alas ini. Ya karena ia merasa kurang nyaman, Ma. Hal ini bisa Mama siasati dengan menggabungkan bip ini dengan baju atau kaus yang dipakainya. Dengan demikian, ia pun nyaman saat memakainya.


BACA JUGA


Bayi Baru Lahir Gumoh? Normal Kok! Kenali Juga 6 Keluhan Bayi Baru Lahir yang Lain Ini Supaya Mama Nggak Panik!

Bayi Baru Lahir Gumoh? Normal Kok! Kenali Juga 6 Keluhan Bayi Baru Lahir yang Lain Ini Supaya Mama Nggak Panik!

Hai, Mama! Melihat bayi baru lahir kita rasanya begitu membahagiakan ya. Semua rasa sakit selama hamil dan melahirkan rasanya terbayarkan, ...

Read more..


2. Waspada iritasi kulit

Oleskan salep ke bagian dagu sampai lehernya agar tidak iritasi. Kulit bayi yang sangat sensitif, rentan untuk terkena iritasi. Usahakan selalu kering.



3. Pijat gusi

Pijat gusi si kecil dengan lembut. Tapi sebelumnya, jangan lupa untuk cuci tangan dulu ya, Ma.


4. Ajak si kecil berbicara

Dengan mengajaknya berbicara, maka akan membuat perhatian si kecil teralihkan, dan mengikuti kata-kata yang kita ucapkan. Ia pun mungkin akan menirukan Mama.

Kegiatan ini baik untuk melatih otot-otot di sekitar mulut si kecil.


BACA JUGA


Produk Perawatan Bayi Bisa Membahayakan Loh Ma! Inilah Alasan Pentingnya Perawatan Bayi Berbahan Alami

Produk Perawatan Bayi Bisa Membahayakan Loh Ma! Inilah Alasan Pentingnya Perawatan Bayi Berbahan Alami

Salah memilih produk perawatan bayi akan bisa membahayakannya loh, Ma. So, be careful ya

Read more..


Nah, sekali lagi ya, Ma. Jangan khawatir kalau melihat si bayi ngeces. Hal tersebut adalah normal, dan bukan karena Mama dulu ngidam dan nggak kesampaian. Itu hanya mitos belaka. Lakukan beberapa langkah sederhana di atas untuk mengatasi bayi ngeces.

So, happy parenting, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bayi Ngeces, Benarkah Akibat Ibu Ngidam yang Tak Tersalurkan? Begini Cara Mengatasinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Atiqo Atiqo | @atiqo498

Silahkan login untuk memberi komentar