Beberapa Tips Agar Lipstik Lebih Tahan Lama yang Mungkin Belum Mama Ketahui

Beberapa Tips Agar Lipstik Lebih Tahan Lama yang Mungkin Belum Mama Ketahui

3.2K
Bingung deh, baru beli lipstik tapi baru beberapa bulan aja udah rusak. Padahal suka banget sama warnanya.

Hei, Mama! Mama hobi koleksi lipstik? Sama dong kita! Hihihi.

Buat perempuan, lipstik sudah jadi semacam kebutuhan ya, bukan lagi sekadar buat gaya-gayaan. Alat make up yang wajib punya, wajib pakai, and wajib bawa banget deh. Lipstik hampir bisa dipastikan selalu ada di tas atau pouch setiap perempuan, yang pengin selalu nampak cantik dan gaya. Selain jenis lipstik, banyak juga yang menggunakan jenis lip tint atau lip balm.

Kenapa perempuan ini selalu membawa-bawa lipstik ke mana pun mereka pergi? Kenapa lipstik menjadi begitu penting? Ini hubungannya dengan kepercayaan diri. Dengan mengoleskan lipstik, kita menjadi percaya bahwa diri kita cantik. Coba saja, saat lipstik luntur sehabis makan siang di luar kantor, kita pasti juga akan mampir ke restroom dulu untuk membenahi lipstik sebelum benar-benar kembali bekerja. Ingat saat dulu masih pacaran dan kencan sama Papa, kita juga akan ke restroom dulu untuk bercermin, sudah nampak cantik apa belum. Apa yang pertama kali diperhatikan? Bibir! Lipstiknya sudah oke belum? Hihihi. Kayaknya sampai sekarang begitu juga kan? Banyak perempuan nggak bisa keluar rumah tanpa oleskan lipstik lebih dulu.

Mama juga ya?

Nah, buat Mama yang doyan banget beli dan menggunakan lipstik, ada baiknya untuk memperhatikan 5 tips ini dulu deh. Supaya lipstik Mama bisa awet dan lebih tahan lama.



1. Perhatikan kandungannya

Biasanya kalau kita membeli lipstik, asal warnanya kelihatan oke di bibir langsung aja deh dibeli.

Tapi sebenarnya kita perlu tahu lho, kandungan dari lipstik yang akan kita beli. Karena ada beberapa bahan berbahaya yang sampai sekarang masih terdapat dalam lipstik, padahal sudah dilarang. Misalnya seperti methylparaben. Zat ini bahkan sudah benar-benar dilarang penggunaannya di Eropa, Ma, karena dapat menyebabkan kanker dan bisa mengganggu kinerja sistem kelenjar di tubuh kita. Methylparaben ini merupakan bahan dengan tingkat bahaya yang paling tinggi. Bahan lain yang juga nggak boleh ada dalam lipstik (tapi masih sering dijumpai adalah) timbal, propylparaben, tocopheryl acetate, colorants, dan retinyk palmitate.

Cara untuk mengetahui kandungan bahan berbahaya dalam lipstik ini, Mama bisa bertanya kepada BA (Beauty Advisor)-nya, Ma. Atau bisa juga membaca pada label kemasannya.

Untuk mengecek apakah lipstik yang akan Mama beli itu mengandung timbal, Mama bisa mencobanya lebih dulu, Ma. Gampang kok mengenalinya. Oleskan dulu lipstik di permukaan kulit pada tangan. Gosokkan emas (kalung atau gelang Mama) pada lipstik yang telah dioleskan tadi. Perhatikan, Ma, kalau warnanya berubah, berarti lipstik tersebut positif mengandung timbal.


2. Perhatikan masa berlakunya

Nggak semua hal bisa digunakan selamanya, Ma. Begitu juga lipstik. Masa 'aman' untuk menggunakan satu lipstik biasanya adalah 2 - 4 tahun, dihitung sejak lipstik dibuka kemasannya pertama kali.

So, pastikan lipstik-lipstik Mama masih dalam masa 'aman' ini sebelum digunakan ya.


Baca juga: Hati-hati Make Up Kedaluwarsa, Ma!




3. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung

ALat make up yang terpapar sinar matahari secara langsung sudah pasti nggak akan bertahan lama, Ma. Termasuk lipstik.

Efeknya apa? Well, bisa dipastikan dalam beberapa bulan saja, lipstik Mama sudah akan berubah warnanya. Hindari juga untuk meninggalkan lipstik di dalam mobil, apalagi di mobil yang sedang terparkir di luar, kepanasan di bawah matahari dalam waktu yang lama. Bisa meleleh soalnya.


4. Untuk mencoba tester lipstik, oleskan pada ujung jari

Penting ya, Ma. Kalau hendak membeli lipstik, biasanya kan kita akan disodori tester kan? Nah, jangan langsung mengoleskan tester lipstik pada bibir Mama ya.

Mengapa? Karena tester lipstik sama sekali nggak higienis, Ma. Bayangkan, sudah berapa banyak orang nyobain tester itu? Hiyyy! Jadi, sebaiknya Mama kalau mau nyobain, mendingan Mama oleskan saja pada ujung jari.

Tapi, ntar kan warnanya beda setelah dioles di bibir? Kalau gitu, pakai cara saya, Ma.

Saat terpaksa harus mencoba langsung di bibir, saya membawa sendiri kuas lipstik dari rumah. Dengan demikian, saya aman deh mengoleskan lipstik tersebut langsung ke bibir. Setelah sampai kembali di rumah, bersihkan kuas lipstiknya dengan air hangat dan tisu. Aman deh!


Baca juga: Darurat Kehabisan Alat Rias, Ma? Coba Trik-Trik Berikut untuk Mengatasinya!


Nah, untuk pemakaian lipstiknya sendiri supaya tahan lama, saya juga ada beberapa tip yang barangkali bisa Mama coba juga.



1. Sebelum lipstik: bedak tabur dan pelembap

Ini tip super simpel yang bisa Mama lakukan.

Supaya lipstik yang Mama gunakan bisa tahan lama, oleskan bedak tabur terlebih dahulu pada bibir Mama. Baru deh Mama oleskan lipstiknya. Saya pernah mencobanya, dan terbukti lebih tahan lama.

Selain bedak tabur, sebelum menggunakan lipstik, gunakan dulu juga lip balm, Ma, supaya bibir Mama bisa tetap lembap.


2. Menyeka lipstik dengan tisu

Nah, ini nih, barangkali juga ada yang belum tahu.

Memakai lipstik juga ada tekniknya lho, Ma. Jadi pertama Mama oleskan dulu untuk layer lipstik pertama pada bibir. Setelah itu, sekalah bibir Mama yang sudah diolesi lipstik pada sehelai kertas tisu. Cara menyekanya, selipkan tisu di antara dua bibir, lalu katupkan bibir menjepit kertas tisu. Ulangi lagi langkah tersebut untuk lipstik layer kedua.

Saya selalu melakukan langkah ini, dan terbukti tahan lama.


Baca juga: Serba-serbi Sulam Alis yang Perlu Mama Pertimbangkan Sebelum Melakukannya


3. Jangan lupa bersihkan sebelum tidur

Hapus lipstik dengan pembersih wajah waterproof setelah pemakaian, Ma. Mama bisa menggunakan sikat gigi, gosok dengan lembut agar bibir benar-benar bersih.


4. Gunakan lipstik yang berbahan dasar alami

Nah, yang alami selalu lebih aman. Sepakat, Ma?

Usahakan untuk nggak terlalu sering menggunakan lipstik yang jenis matte, Ma. Memang sih lipstik matte lebih tahan lama bisa nempel di bibir. Tapi, kalau nggak perlu banget, mendingan Mama menggunakan lipstik yang biasa saja, meski ini berarti Mama harus lebih sering touching up ke restroom.


Baca juga: Mau Menggunakan Produk Kosmetik Alami? Pastikan Aman dengan 7 Tips Panduan Ini!


Nah, gitu deh, tip-tip menggunakan lipstik dari saya. Semoga bisa bermanfaat ya. Mama punya tip-tip lain selain yang sudah saya tulis? Yuk, Ma, share di kolom komen ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Beberapa Tips Agar Lipstik Lebih Tahan Lama yang Mungkin Belum Mama Ketahui". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Caroline Adenan | @carolineadenan397

Silahkan login untuk memberi komentar