Begini Cara Bersihkan Apartemen dalam Waktu Kurang dari 30 Menit

Begini Cara Bersihkan Apartemen dalam Waktu Kurang dari 30 Menit

172
Bersih-bersih apartemen menjelang kedatangan tamu? Trik ini akan membantu Anda membersihkan ruangan apartemen dengan mudah dan cepat.

Membersihkan apartemen mungkin bukan hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Tapi tak ada alasan untuk menghabiskan banyak waktu membersihkan apartemen, terutama di apartemen yang kecil ukurannya.

Mama mungkin pernah mengalami ini, ada kerabat atau teman yang mengabarkan akan bertamu, sedangkan apartemen Mama lagi terlihat tidak rapi. Yang perlu Mama lakukan adalah membersihkan apartemen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Fokuskan pada ruangan yang banyak digunakan dan lakukan beberapa tugas penting agar Mama bisa menghemat waktu. Bila ada anak atau orang yang bisa membantu, pastinya waktu yang Mama butuhkan untuk bersih-bersih akan jauh lebih sedikit. Jadi boleh juga tuh mengajak anak-anak dan suami ikut membantu, yes?

Nah, sebelumnya, Mama perlu pastikan dulu memiliki peralatan penting untuk bersih-bersih seperti sabun cuci piring, spon, kantong sampah, cairan semprot, lap, serta vacuum cleaner ya, supaya pekerjaan Mama bersih-bersih apartemen lebih lancar.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Agenda Membersihkan Rumah Rutin Mingguan Supaya Nggak Terlalu Berat

Ini Dia 5 Agenda Membersihkan Rumah Rutin Mingguan Supaya Nggak Terlalu Berat

4 agenda membersihkan rumah ini harus bisa Mama atur agar bisa dilakukan seminggu sekali. Dan, lakukanlah dengan hati gembira

Read more..


Jadi, yuk, kita mulai bersih-bersih apartemen!



Kamar mandi

Kamar Mandi - Photo credit: victorianplumbing
Photo credit: victorianplumbing


Sekarang Mama siap untuk mulai bersih-bersih dan kamar mandi jadi tempat pertama yang perlu dibersihkan. Ini masuk akal, karena tamu akan menggunakannya ketika berada di apartemen Mama. 

Pastikan Mama membersihkan sampah atau benda yang tercecer dari wastafel serta atas tangki toilet. Lalu semprot permukaan kamar mandi dengan cairan pembersih dan biarkan beberapa menit sambil Mama melakukan tugas lain.

Gunakan pembersih kaca untuk membersihkan cermin kamar mandi (bagian ini sebenarnya jadi tempat berkumpulnya banyak kuman) dan benda berbahan chrome. Mama juga perlu fokus pada area seperti dudukan toilet (bagian permukaan dan bawahnya), serta wastafel.

Selanjutnya perhatikan alat mandi, handuk, dan peralatan elektronik seperti hair dryer serta pelurus rambut. Pastikan semua terlihat rapi. Jangan lupa menutup tirai shower.

Kamar mandi harus jadi tempat pertama dan terakhir yang Mama datangi selama bersih-bersih y,a Ma. Bila Mama memiliki vacuum dengan handle kecil, Mama bisa menggunakannya untuk membersihkan rambut yang rontok atau debu yang ada di bagian lantai. 

Ini membuat kamar mandi terlihat lebih bersih dan hanya butuh beberapa menit untuk membersihkannya.



Kamar tidur

Kamar Tidur - Photo credit: roomstogo
Photo credit: roomstogo


Merapikan tempat tidur harus jadi prioritas Mama. Ini merupakan tugas sederhana dan sebenarnya membuat keseluruhan apartemen bisa terlihat lebih rapi lo, Ma. Selanjutnya, pastikan tiap pakaian yang tercecer di lantai masuk ke keranjang baju kotor.

Ambil perabot yang seharusnya ada di dapur seperti gelas atau cangkir kopi, dan pastikan masuk ke bak cuci atau simpan di tempatnya. 

Kamar tidur biasanya tidak perlu terlalu dibersihkan seperti halnya dapur dan kamar mandi, jadi ruang ini hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk dibersihkan.


BACA JUGA


Membersihkan Rumah Jadi Tugas Paling Malesin? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Mama Ringan Mengerjakannya

Membersihkan Rumah Jadi Tugas Paling Malesin? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Mama Ringan Mengerjakannya

Namanya rumah dengan anak-anak, pasti kondisinya berantakan. Belum selesai capeknya saat membersihkan rumah, sudah mesti dibereskan lagi

Read more..


Dapur

Dapur - Photo credit: ikea
Photo credit: ikea


Setelah semua piring kotor di apartemen berada di dapur, pastikan untuk mencucinya, atau setidaknya ditumpuk di bak cuci dan tidak terlihat.

Dapur yang kotor jadi indikator kalau Mama adalah penghuni apartemen yang tidak rapi. Ada baiknya Mama gunakan kulit lemon di tempat sampah, yang bisa digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari sampah yang ada.

Berikutnya, ambil lap dan botol semprot lalu lap meja dapur. Ini terutama penting dilakukan bila Mama akan kedatangan tamu yang suka berkumpul di area dapur bersama tuan rumah. Meja dapur juga biasanya berantakan, jadi pastikan semua benda berada di tempatnya.



Ruang tamu

Ruang Tamu - Photo credit: jendela360
Photo credit: jendela360


Bila akan kedatangan tamu, kemungkinan tamu akan menghabiskan banyak waktu di ruang tamu, jadi penting untuk Mama memperhatikan kebersihan area ini.

Pindahkan semua  benda yang tercecer dari coffee table dan bersihkan sampahnya. Lalu vacum atau pel cepat bagian lantai. Kemudian lap rak buku serta meja TV, karena dua tempat ini biasanya sangat berdebu. Setelah semua bersih, Mama bisa nyalakan beberapa lilin aromaterapi untuk menciptakan suasana yang hangat.

Yang juga perlu diperhatikan, jalan masuk ke apartemen Mama. Biasanya tempat ini juga jadi tempat berbagai benda seperti kunci, tas, sepatu dan benda lain. Jadi segera kembalikan barang-barang ini ke tempat yang seharusnya, ya Ma.


BACA JUGA


Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Sudah waktunya untuk menyingkirkan semua yang artifisial. Bunga plastik di dalam rumah? That is so yesterday! Yuk, menanam untuk membawa ...

Read more..


Dan, terakhir, selalu jadikan sesi bersih-bersih apartemen ini sebagai aktivitas yang menyenangkan, Ma. Bila perlu, putar musik yang Mama sukai untuk membuat kegiatan ini lebih seru.

Kalau sudah selesai acara beberesnya, bolehlah Mama menraktir diri Mama sendiri segelas cokelat hangat dan camilan sehat, sembari menunggu para tamu datang.

Selamat beres-beres, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Cara Bersihkan Apartemen dalam Waktu Kurang dari 30 Menit". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ismawati Asmat | @Ismawati

Silahkan login untuk memberi komentar