Begini Cara Memilih Gedung Pernikahan Agar Pesta Berjalan Nyaman, Lancar dan Meriah!

Begini Cara Memilih Gedung Pernikahan Agar Pesta Berjalan Nyaman, Lancar dan Meriah!

1.3K
Salah satu hal yang perlu dipikirkan saat menikah adalah tempat acara berlangsungnya pernikahan. Ini dia beberapa tips memilih gedung pernikahan berdasarkan dengan pengalaman saya. Selamat membaca!

Wah, barusan menerima undangan pernikahan, Ma? Atau, Mama sekarang sedang membantu keluarga untuk menyiapkan pesta pernikahan?

Uh, ikut rempong ya, Ma, kalau lagi ada proyek keluarga begini? Kebayang deh.

Tenang, Ma, Rocking Mama akan membantu Mama, seperti biasanya. Nah, apa nih yang jadi kerepotan Mama? Jadi seksi survei tempat atau gedung pernikahan?

Aha! Pas banget, karena saya juga pernah mengalami masalah yang sama saat akan menikah dulu.

Selain urusan waktu, ada memang soal gedung pernikahan ini perlu dan penting untuk diperhatikan ya. Ya pastinya sih ya, Ma, harus kita pikirkan, apalagi kalau kita mau mengundang tamu dan saudara.

Saya sendiri waktu tahun lalu hanya punya waktu persiapan pernikahan selama 6 bulan. Itu pun sudah termasuk bulan puasa, jadi kurang efektif untuk cari-cari vendor. Tapi, Alhamdulillah banget deh, semua persiapan berjalan lancar, bahkan untuk urusan gedung pernikahan juga bisa segera dapat.

Menurut saya, dalam mempersiapkan pernikahan (apalagi pesta pernikahan), penting sekali untuk menentukan tempat acara. Apakah mau di rumah, gedung, atau cukup di KUA saja?

Jika keluarga Mama ingin melangsungkan pernikahan di KUA atau di rumah, pastinya soal ini ya nggak jadi masalah ya. Tapi, yang pengin melangsungkan pesta di gedung pernikahan, gimana?

Saya ada triknya nih, Ma.


BACA JUGA


Ajak Anak ke Resepsi Pernikahan, Beberapa Hal Ini Bisa Menjadi Pertimbangan

Ajak Anak ke Resepsi Pernikahan, Beberapa Hal Ini Bisa Menjadi Pertimbangan

Anak-anak memang manis dan menggemaskan, ya, Ma. Namun, terkadang ada beberapa hal yang sedikit merepotkan bersama anak-anak, seperti pergi ...

Read more..


Mengapa menyewa gedung pernikahan?


Bukan bermaksud untuk gaya-gayaan, ataupun ingin bermewah-mewah, tapi saya sendiri dan keluarga memang memilih gedung sebagai lokasi pesta pernikahan kami dengan alasan kepraktisan saat akan menikah dulu.

Bagi keluarga saya yang jumlah anggotanya sudah cukup banyak, jika mengadakan pesta pernikahan semalam suntuk di rumah tentu akan menambahkan beban biaya dan juga tenaga bagi orang-orang di sekitar saya.

Belum lagi area rumah yang sudah pasti tidak bisa menampung tamu (apalagi parkirnya). Nggak mungkin juga rumah dibiarkan apa adanya. Kurang pantaslah rasanya untuk menyambut para tamu agung. Setidaknya ya, saya dan keluarga harus cat rumah dulu, sewa AC biar lebih nyaman, dan yang pasti harus izin dulu ke tetangga.

Haduduh, ribetnya!

Tapi, jika memang opsi untuk mengadakan pesta pernikahan di rumah atau di KUA sudah menjadi pilihan keluarga Mama, ya nggak masalah juga. Kan masing-masing punya pertimbangan sendiri. Betul?

Nah, sekarang kita lanjut ya ngomongin tentang gedung pernikahan.


Kenapa harus menentukan gedung pernikahan terlebih dahulu?


Jika keluarga Mama termasuk orang yang punya kepercayaan akan hal-hal tertentu menyangkut pernikahan seperti hari baik dan lain-lainnya, maka mungkin gedung pernikahan ini bukan jadi prioritas.

Tapi buat saya yang tidak masalah menikah kapan saja, maka sudah mulai sibuk dari 6 bulan sebelum acara untuk memesan gedung pernikahan.

Tentu ini ada alasannya. Karena:

  1. Gedung pernikahan biasanya juga dipesan orang dari jauh-jauh hari. Untuk menghindari potensi tanggal yang sudah diambil orang, maka sudah harus menentukan gedung mana yang akan digunakan.
  2. Biasanya saat akan ke vendor katering, mereka akan menanyakan di mana lokasi gedung pernikahan yang akan dipakai. Hal ini berpengaruh terhadap biaya kateringnya, Ma. Mungkin saja harga paket katering di gedung A dengan gedung B akan berbeda, walaupun jumlah pax-nya sama. Mengapanya sih mungkin bisa Mama tanyakan langsung pada vendor Mama.


BACA JUGA


Untuk Kamu Yang Masih Single, 5 Hal Seputar Kehidupan Pernikahan Ini Perlu Kamu Ketahui!

Untuk Kamu Yang Masih Single, 5 Hal Seputar Kehidupan Pernikahan Ini Perlu Kamu Ketahui!

“Marriage can bore you but there is a fortitude that comes from it, too. When you need to lean on it, you are so thankful that you can ...

Read more..


Hal apa yang harus menjadi pertimbangan keluarga Mama saat memilih gedung pernikahan?


Bujet

Karena sebaik-baiknya kita pasang kriteria saat memilih gedung pernikahan, maka bujet pulalah yang menjadi batasnya. Hehehe.

So, mulailah cari informasi harga sewa gedung pernikahan. Jangan lupa untuk tanyakan ke pihak pengelola gedung, apakah ada biaya tambahan terkait dengan listrik, sound system, uang kebersihan, dan lainnya.


Jumlah tamu undangan

Buat list atau daftar tamu undangan yang akan diundang. Tapi, jangan list saja ya. Hitung juga perkiraan jumlah orang yang akan datang.

Dengan begini kita sudah tahu gedung pernikahan mana saja yang sesuai dengan jumlah tamu. Jangan sampai isi gedung kepenuhan, dan jangan juga sampai terlalu besar hingga kesannya nanti pestanya terlalu kosong.


Kondisi ruangan gedung pernikahan

Pengalaman saya, gedung pernikahan yang sudah tua dan tidak terawat memang lebih murah, tapi perlu ekstra biaya untuk mendekornya agar bisa menutup kekurangannya.

Pernah juga saya datang ke gedung pernikahan yang menggunakan eskalator. Ini juga cukup menyulitkan, Ma. Terutama bagi para tamu lanjut usia. Pasti akan banyak yang kesulitan naik, bahkan terjatuh saat menaiki tangga.


Lokasi gedung pernikahan

Jangan sampai lokasi acara terlalu jauh sebagian besar tamu undangan ya, Ma. Bicarakan dengan calon pengantin, lokasi gedung pernikahan mana yang sama-sama strategis.

Jika tidak ada titik temu, pilih daerah yang berada di tengah-tengah.


BACA JUGA


5 Nasihat Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Menikah, dari Kami yang Telah Beberapa Tahun Menjalani Pernikahan

5 Nasihat Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Menikah, dari Kami yang Telah Beberapa Tahun Menjalani Pernikahan

Hei, kalian. Iya, kalian yang sebentar lagi akan mulai terikat satu sama lain. Sebaiknya kalian membaca terlebih dahulu artikel ini sampai ...

Read more..


Nah, Mama, sudah siap survey gedung pesta pernikahan sekarang?

Selamat mencari yaaa!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Cara Memilih Gedung Pernikahan Agar Pesta Berjalan Nyaman, Lancar dan Meriah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lia Harahap | @liaharahap

Beauty & lifestyle journal at www.liaharahap.com. Read www.baleomah.wordpress.com to see my wedding preparation and newlyweds life.

Silahkan login untuk memberi komentar