Begini Cara Praktis dan Mudah Memasang dan Merawat Hiasan Dinding untuk Rumah Mama

Begini Cara Praktis dan Mudah Memasang dan Merawat Hiasan Dinding untuk Rumah Mama

5K
Home is where your heart is.

Beberapa waktu yang lalu, Rocking Mama pernah ngobrolin soal hiasan dinding seperti apa yang cocok dalam ruangan mana, maka kali ini kita akan cari tahu soal prinsip pemasangan hiasan dinding nih, Ma.

Pemasangan hiasan dinding nggak bisa ngasal, ini Mama pasti juga tahu. Harus enak dipandang, itu intinya. Tapi ‘enak dipandang’ itu yang bagaimana sih? Kan nggak mungkin kita nyoba-nyoba pasang hiasan dinding dulu, dipandang kemudian. Kalau nggak enak, dipindah. Nggak bisa kan? Kalau kayak gitu, wahhh, bisa-bisa dinding rumah kita jadi bolong-bolong karena paku dong. Nggak enak dipandang lagi deh, jadinya.

Memang dibutuhkan keterampilan organisasi visual yang baik agar hiasan dinding nggak asal terpasang dan tertata di dinding. Jika direncanakan dengan baik, hiasan dinding dapat berfungsi secara optimal sebagai elemen dekoratif, penyeimbang, dan pengoreksi dalam ruangan.


Baca juga: Kenalan dengan Hand Lettering - Hobi Asyik yang Bisa Menghasilkan Karya Artistik!


Nah, supaya kita bisa langsung tepat saat memasang hiasan dinding di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih, Ma.



  • Agar nyaman dipandang mata, ketinggian titik tengah hiasan dinding dari lantai sebaiknya sejajar dengan ketinggian pandang mata. Well, kalau di Indonesia kisarannya ada pada 150 – 160 cm dari lantai.
  • Jangan terpancang pada pemasangan yang simetris. Tanamkan di benak kita, bahwa yang penting adalah keseimbangan. Peletakan asimetris dapat menimbulkan efek yang sangat dinamis jika Anda kita mampu menyeimbangkannya dengan furniture-furniture yang telah lebih dulu ditata.
  • Mama bisa mencoba-coba komposisi hiasan dinding (jika terdiri atas beberapa hiasan yang akan dipasang berkelompok) lebih dulu di lantai sebelum dipasangkan di dinding. Setelah kita menemukan komposisi yang pas, seperti yang kita mau, baru deh dipasang paku pada dindingnya.
  • Jika Mama ingin memasang foto-foto keluarga di atas meja atau bufet, mungkin namanya sudah bukan lagi hiasan dinding, ya. Namun sebenarnya fungsinya sih masih sama saja. Dengan demikian, prinsip penataannya pun masih sama, yaitu keseimbangan. Letakkan yang berukuran kecil lebih berada di depan yang berukuran lebih besar.


Nah, kalau sudah terpasang, jangan lupa untuk merawatnya juga, Ma. Berikut langkah-langkah praktis merawat hiasan dinding yang sudah terpasang.


Baca juga: Rumah yang Penuh Keberuntungan? Coba Lengkapi dengan 7 Home Decor Berikut!



  • Periksa hiasan dinding secara periodik, apakah kaitan dan tali gantungannya masih kuat, dan posisi serta kondisinya masih baik.
  • Jika hiasan dinding Mama berpigura dan berkaca, maka bersihkan kacanya secara rutin dengan menggunakan cairan pembersih kaca yang banyak dijual di pasaran. Semprotkan ke lap yang bersih kemudian seka ke permukaan kaca.
  • Akan lebih baik hasilnya jika kita juga membersihkan kaca bagian dalamnya karena biasanya cenderung berjamur.
  • Segera keringkan jika masih ada embun yang tertinggal karena hal ini akan membuat hiasan dinding semakin lembap dan semakin menimbulkan jamur.
  • Cegah timbulnya jamur karena kelembapan dengan menempelkan satu sachet silica gel (dapat dibeli di apotek) di bagian belakang hiasan dinding.
  • Bingkai hiasan dinding dari kayu rentan pula terhadap jamur. Bersihkan secara periodik dengan kemoceng dan dilap dengan kain yang bersih. Bingkai yang berprofil atau berukir biasanya cenderung lebih berdebu, bersihkan dengan menggunakan sikat yang kecil yang dapat menjangkau hingga ke sela-sela ukiran.
  • Backing (bagian belakang dari hiasan dinding) bisa dibersihkan dengan lap bersih yang diberi sedikit air, namun jangan sampai terlalu basah.
  • Lukisan yang dibingkai tanpa kaca bisa dibersihkan dengan hati-hati menggunakan kemoceng atau lap katun halus yang kering. Jangan gunakan lap yang berbulu karena bulu-bulunya bisa menempel pada cat lukisan.


Baca juga: Agar Vibrasi Rumah Lebih Nyaman, Ini Dia 5 Pilihan Kristal yang Paling Tepat!


Nah, gimana, Ma? Sudah cemerlang lagi kan sekarang, hiasan dindingnya?

Semoga rumah Mama semakin meriah dan nyaman ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Cara Praktis dan Mudah Memasang dan Merawat Hiasan Dinding untuk Rumah Mama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar