Begini Cara Stimulasi Anak yang Menyenangkan untuk Bisa Jadi Juara Hebat Kebaikan

Begini Cara Stimulasi Anak yang Menyenangkan untuk Bisa Jadi Juara Hebat Kebaikan

2.4K
Stimulasi anak diperlukan, tak hanya soal kecerdasan akademik, namun juga untuk melatih kecerdasan emosionalnya. Yuk, dukung anak untuk selalu berbuat baik!

“Help us to spread the kindness.”

Berbuat baik adalah bawaan alami manusia. Tetapi ternyata meskipun sudah bawaan lahir, kita harus tetap memberikan stimulasi anak dan harus tetap terus dikembangkan.

Stimulasi anak berbuat baik sedari kecil ini akan menjadi dasar tata perilaku anak, agar kelak anak mampu berinteraksi dalam cara yang positif, tidak agresif dan kooperatif serta lebih andal dalam menyesuaikan diri.

Dengan kata lain, anak akan lebih cerdas emosional. Kecerdasan emosional ini tidak lepas dari peran orang tua dalam stimulasi anak dan mendukung buah hati agar tumbuh menjadi anak hebat.


BACA JUGA


Celebrity Mom And Baby Fashion Show bersama Popok Sweety: Bertabur Bintang dan Keajaiban

Celebrity Mom And Baby Fashion Show bersama Popok Sweety: Bertabur Bintang dan Keajaiban

Popok Sweety menawarkan berbagai inovasi terbaru yang cukup 'ajaib' dan belum pernah ada sebelumnya dalam rangkaian acara campaign Amazing ...

Read more..


Dan seperti hal-hal lainnya, untuk membentuk anak yang suka berbuat baik, mereka biasanya akan meniru sosok yang paling diidolakannya, yaitu Mama.


So, berikut cara menyenangkan stimulasi anak yang bisa mama lakukan di rumah untuk bisa menjadi Juara Hebat Kebaikan


1. Beri anak kesempatan menampilkan perilaku baik di rumah


Stimulasi anak berbuat baik - Biarkan dia membantu pekerjaan rumah tangga

Biarkan anak mengeksplor nilai kebaikan yang alamiah ada dalam dirinya. Meskipun belum sempurna dukung selalu setiap inisiatifnya.

Jangan terlalu dilarang ya, Ma! Biarkan dia membantu Mama melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan, membuat adonan kue di dapur misalnya, meskipun akan membuat Mama butuh tenaga ekstra buat beres-beres tepung yang bertebaran.


2. Memberikan contoh yang baik


Stimulasi anak berbuat baik - Beri contoh

Jika si kecil salah, jangan langsung membentak dan melarang dia melakukannya lagi, Ma.

Tunjukkan caranya dan beri contoh yang benar agar si kecil bisa tahu seperti apa cara yang tepat dalam melakukan sesuatu.


BACA JUGA


Kenalan dengan TIGGI, Si Maskot Toys Kingdom, yang Selalu Creating Smiles

Kenalan dengan TIGGI, Si Maskot Toys Kingdom, yang Selalu Creating Smiles

TIGGI, si maskot harimau Sumatera membawa kedekatan pelanggan dengan Toys Kingdom

Read more..


3. Mentransfer nilai via diskusi


Stimulasi anak berbuat baik - Selalu sempatkan mengobrol dengannya

Betty Hart dan Todd Risley dalam bukunya yang berjudul Meaningful Differences in the Everyday Experience of Young American Children membuktikan, bahwa semakin banyak kata yang didengar anak via diskusi maka sangat berkorelasi positif terhadap kemampuan bahasa, IQ dan kemampuan akademisnya.

Jika anak memiliki IQ yang baik maka lebih mudah bagi anak untuk mengetahui kebaikan. dan hal tersebut akan mendukung anak dalam berbuat kebaikan itu sendiri.


4. Berikan penguat berupa dukungan dan penghargaan setelah anak mampu berbuat baik seperti berupa pujian verbal


Stimulasi anak berbuat baik - Ikut sertakan dalam kegiatan "Juara Hebat Kebaikan"

Hal terakhir tapi terpenting ini harus Mama lakukan ya!

Setelah anak berhasil melakukan setiap kebaikan kecil, berilah penghargaan yang tulus padanya. Pujian dari Mama adalah penghargaan paling berarti bagi si kecil, dan inilah yang akan menjadi stimulasi anak untuk melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

Dukungan Mama juga dapat di ditunjukkan dengan mengikutsertakan anak pada kegiatan yang bisa mendukung aksi nyata kebaikannya, misalnya seperti diikutsertakan dalam kegiatan "Juara Hebat Kebaikan" yang digagas oleh Bebelac.

Kegiatan ini dimulai dari tanggal 5 Mei 2017 sampai dengan 30 Juni 2017 mendatang, Ma. Mama dapat ikut serta mendukung anak dalam melakukan kebaikan setiap harinya dengan mengunggah foto atau video dan cerita aksi hebat si buah hati ke website www. bebelac. co. id/juarahebatkebaikan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung Mama dalam memberikan stimulasi anak yang tepat agar si kecil menjadi anak yang hebat dalam kebaikan. Aksi nyata program ini juga melibatkan seluruh anak dalam kegiatan donasi lho.

Ade Umiyana Savitri, Brand Head Bebelac, PT. Nutricia Indonesia Sejahtera menjelaskan, bahwa setiap partisipasi satu anak dalam program Juara Hebat Kebaikan maka akan ada satu donasi yang diberikan ke satu anak di Rumah Yatim. Momen ini bertepatan dengan bulan Ramadan dan menjadi saat yang tepat untuk memberi stimulasi anak akan kebaikan.


BACA JUGA


Belajar Matematika dengan Metode Vedic Math - Bantu Anak untuk Berhitung Lebih Cepat

Belajar Matematika dengan Metode Vedic Math - Bantu Anak untuk Berhitung Lebih Cepat

Belajar matematika itu rumit? Ngajarin anak matematik itu lebih sulit! Tapi dengan metode Vedic Math ini, belajar matematika jadi ...

Read more..


Nah, Mama, tunggu apa lagi? Yuk, ajak si kecil segera untuk ikutan program yang penuh kebaikan ini ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Cara Stimulasi Anak yang Menyenangkan untuk Bisa Jadi Juara Hebat Kebaikan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Feni Kusumawati | @fenikusumawati

Silahkan login untuk memberi komentar