Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

5.7K
Menu makanan sehat ala food combining sebenarnya gimana sih? Buah kan ada banyak jenisnya, jangan-jangan yang kita makan ini nggak termasuk dalam menu makanan sehat ala food combining.

Buat Mama yang baru saja memulai pola hidup ala food combining barangkali masih banyak pertanyaan di benak ya, sebenarnya makanan apa saja yang termasuk menu makanan sehat ala food combining ini? Buah kan ada banyak jenisnya, jangan-jangan yang kita makan ini nggak termasuk dalam menu ala food combining ini?

Sebenarnya, kalau bicara soal menu makanan sehat dalam food combining ini sangat fleksibel, Ma. Yang jauh lebih penting untuk dipahami dalam pola hidup dan makan enak yang mudah dan sehat ini adalah prinsipnya. Soal apa menu makanan sehatnya, kembali ke budaya kuliner setempat, ketersediaan bahan juga selera kita masing-masing.

Tapi, buat para Rocking Mama, barangkali lebih baik saya berikan saja contoh menu makanan sehat ala food combining ini ya, untuk mempermudah para mama yang mungkin baru akan mulai ber-food combining.


8 Prinsip terpenting penyusunan menu makanan sehat ala food combining


Hal-hal penting yang harus diingat oleh Mama saat menyusun menu makanan sehat ala food combining ini adalah sebagai berikut.


1. Jeruk nipis peras


Jeruk nipis peras, atau yang akrab disebut jeniper, atau bisa juga lemon peras, merupakan minuman wajib pembuka hari yang pertama kali harus dikonsumsi dalam menu makanan sehat kita sehari-hari.

Konsumsilah jeruk nipis peras ini sesaat setelah bangun tidur, saat mulut masih kering, belum tersentuh minuman atau makanan lain, juga belum berkumur atau gosok gigi.


2. Sarapan buah


Menu makanan sehat untuk sarapan bagi para food combiner adalah buah-buahan saja.

So, sediakan berbagai jenis buah yang manis, berair dan matang sempurna ya. Nangka, durian, avokad dan timun suri, tidak termasuk. Avokad dan timun suri bisa dikonsumsi sebagai kudapan di snacking time. Avokad juga bisa menjadi menu salad saat makan siang maupun makan malam.

Siasati bagian ini agar tak menghabiskan anggaran belanja Mama dengan cara memilih tempat belanja yang murah, dan membeli buah lokal yang sedang musim alih-alih membeli buah impor.


3. No karbo yang dicampur dengan protein hewani


Dalam food combining, tidak boleh ada campuran karbohidrat dan protein hewani dalam menu makanan sehat keseharian kita.

Sebagian besar kuliner asli kita umumnya kurang bersahabat bagi para food combiner, karena banyak sekali menu karbo yang disandingkan dengan protein hewani. Misalnya, nasi Padang lauk rendang daging, nasi rawon dengan daging sandung lamur plus telur asin, nasi uduk plus ayam goreng, dan lain sebagainya.

Jika memang mau menyantap makanan-makanan asli nusantara kita, maka kita harus memodifikasinya, Ma. Ganti protein hewani dengan protein nabati.

Coba kita lihat poin berikutnya ya.


4. Kombinasikan karbo + sayur + protein nabati


Kalau Mama sedang ingin mengonsumsi karbohidrat, maka pilihlah nasi (nasi merah atau nasi hitam akan lebih baik) yang dipadukan dengan saturan dan lauk dari bahan-bahan nabati. Yang begini yang disebut sebagai menu karbo bagi para food combiner.

Lauk nabati di sini juga nggak berarti hanya tahu dan tempe saja lho, Ma. Coba deh, lihat di sekitar, ada banyak bahan makanan lain yang bergizi. Misalnya, aneka jenis jamur, polong-polongan dan kacang-kacangan, dan lain-lain.


5. Konsumsi protein hewani saat makan siang


Kalau sedang ingin makan menu protein (protein hewani), maka konsumsilah saat makan siang ya, Ma, bukan saat makan malam.

Protein hewani membutuhkan waktu cerna yang lebih panjang ketimbang protein nabati. So, kalau dikonsumsi saat makan malam, kan waktu cernanya jadi sempit dan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Ini yang dihindari.


6. Satu jenis protein hewani saja dalam sehari


Hal yang penting juga, jangan sampai mengonsumsi dua jenis protein hewani.

Sebaiknya kalau pengin mengonsumsi daging sapi, ya cukup daging saja. Jangan ditambah lagi dengan telur, ataupun seafood. Ingat, protein hewani ini bukannya dihilangkan, namun diminimalkan. Sebisa mungkin juga jangan setiap hari mengonsumsi protein hewani.

Mama atur lagi menu makanan sehatnya ya.


BACA JUGA


Ingin Menjalani Gaya Hidup Vegetarian? Berikut Ini Ada Beberapa Saran Ahli untuk Memulainya!

Ingin Menjalani Gaya Hidup Vegetarian? Berikut Ini Ada Beberapa Saran Ahli untuk Memulainya!

Gaya hidup vegetarian ini bukanlah gaya hidup yang paling sehat dan sempurna. Semuanya tetap tergantung pada pola makan yang dijalani oleh ...

Read more..


7. Perbanyak sayuran


Jangan lupa bahwa sayur merupakan menu makanan sehat sumber pembentuk basa.

Jadi konsumsilah lebih banyak sayur ya, Ma, terutama sayur segar mentah (raw veggie). Lebih-lebih jika Mama sedang mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Mudahkan pencernaan dan seimbangkan asam-basanya dengan raw veggies ini.

Sayuran segar mentah selain dalam bentuk salad atau lalap, bisa juga disajikan dalam bentuk jus sayur.


8. Menu makanan sehat yang variatif



Kita memang sebaiknya mengonsumsi berbagai jenis sayur-sayuran dan buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sebangsanya, dalam jumlah yang banyak dan variatif.

Jadi pastikan Mama nggak menyusun menu makanan sehat yang itu lagi itu lagi. Tiap hari tempe terus, atau tahu terus. No, Mama, bukan begitu juga caranya. Variasi menu makanan sehat juga merupakan salah satu prinsip terpenting dalam food combining. Tujuannya, apa lagi kalau bukan untuk membuat tubuh memperoleh semua unsur nutrisi yang dibutuhkan?

Variasi menu ini juga mencegah kita menimbun satu unsur saja, karena hanya makan makanan yang sama setiap hari. Biarpun sehat, tapi kalau nutrisinya sama terus, ya kurang baik untuk tubuh.


Contoh Menu Makanan Sehat Food Combiner

Nah, mau contoh menu makanan sehat ala food combining? Boleh, ini saya beri contoh ya. Sederhana saja kok. Nantinya, Mama boleh ber-improvisasi sendiri, menemukan menu yang pas buat keluarga.

Bangun Pagi: jeruk nipis peras hangat

Sarapan buah:

  • Tahap 1: nanas, buah naga merah, jeruk
  • Tahap 2 : anggur Bali, mangga, salak
  • Tahap 3 : banana-guava smoothie

Makan siang:

  • Nasi merah
  • Terung balado
  • Tempe dan tahu goreng
  • Sate jamur
  • Lalapan dan sambal

Makan malam:

  • Nasi merah
  • Semi raw vegan soto
  • Perkedel tahu kacang merah
  • Sambal kemiri


BACA JUGA


Yuk, Intip dan Tiru Menu Sarapan Sehat Favorit 5 Food Blogger Indonesia Ini!

Yuk, Intip dan Tiru Menu Sarapan Sehat Favorit 5 Food Blogger Indonesia Ini!

Menyiapkan sarapan untuk keluarga di pagi hari yang sibuk merupakan tantangan tersendiri untuk kita, ya, Ma? Seperti yang kita tahu, hampir ...

Read more..


Nah, simpel banget kan?

Menyusun menu makanan sehat ala food combining itu memang simpel kok, Ma, jadi nggak perlu deh dibikin ruwet. Jangan buru-buru membuang koleksi resep Mama juga. Kan bisa tuh kita sesuaikan saja dengan prinsip-prinsip seperti yang di atas. Yummy kan?

Selamat menikmati hidup sehat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Widyanti Yuliandari | @widyantiyuliandari

Ibu dua anak, pecinta sayur dan buah lokal, food combiner, blogger dan penulis buku.

Silahkan login untuk memberi komentar