Begini Seharusnya Resolusi Keuangan di Tahun Baru 2018 - dari Februari Hingga Desember

resolusi keuangan keluarga 2018

Begini Seharusnya Resolusi Keuangan di Tahun Baru 2018 - dari Februari Hingga Desember

447
Paling rumit memang merencanakan keuangan keluarga. Tapi, dengan rencana riil yang tak terlalu muluk-muluk, step by step Mama pasti bisa mewujudkan keuangan keluarga yang lebih teratur tahun ini.

Tahun yang lalu, mungkin kondisi keuangan Mama tidak terlalu baik, sampai nggak bisa nabung. Well, mari hentikan fakta tersebut dengan mengatur keuangan bulan ini hingga 12 bulan ke depan, mumpung ini masih awal tahun. Nggak sekadar niat, namun Rocking Mama akan membuatnya sebagai resolusi tahun baru dengan planning yang riil.

Shall we?


Rencana resolusi keuangan dari Februari hingg Desember 2018 untuk finansial yang lebih baik tahun ini

Februari: Tanyakan, “Apa tujuan keuangan saya?”


Mama tidak bisa hanya mengelola uang tanpa tahu tujuan keuangan Mama. So, tuliskan keinginan dan tujuan konkret yang ingin Mama capai tahun ini.

Misalnya, ‘Saya ingin membeli rumah baru’. Lalu, buat rincian rumah baru seperti yang Mama bayangkan; mulai dari luas, desain, warna cat, hingga perabotan rumah yang ingin Mama letakkan di hunian baru Mama tersebut.

Di sebelah tujuan keuangan tersebut, tuliskan tahun spesifik kapan tujuan ini ingin dicapai. Masukkan pula biaya dari masing-masing tujuan keuangan.

Mama kemudian bisa melihat dan menjumlahkan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan Mama tersebut.

Dengan menggunakan kalkulator finansial, Mama bisa menghitung berapa besar dana yang harus Mama investasikan setiap bulannya.


BACA JUGA


Nggak Bisa Menabung? Ini Nih, Cara Jitu Mengatur Keuangan untuk Para Mama Baru!

Nggak Bisa Menabung? Ini Nih, Cara Jitu Mengatur Keuangan untuk Para Mama Baru!

Menabung adalah hal mudah, hanya perlu disiplin dan pandai mengatur keuangan. Mama sudah bisa berinvestasi untuk si kecil di masa depan

Read more..


Maret: Merealisasi tujuan keuangan


Setelah menulis daftar tujuan keuangan mama, maka sekarang saat untuk merealisasikannya. Kumpulkan semua kertas tagihan bulanan. Segera lunasi segala tagihan yang menumpuk setiap bulannya, mulai dari asuransi, uang sekolah anak, tagihan listrik dan sebagainya.

Hal ini akan membantu Mama fokus dengan penghitungan anggaran untuk tujuan jangka panjang. Sisihkan sejumlah uang yang telah ditentukan untuk tujuan keuangan yang telah dibuat di bulan lalu.

Jangan lupa buat catatan pengeluaran bulanan ini agar bisa Mama evaluasi setiap bulannya.


April: Minta bantuan aplikasi


Kadang yang membuat Mama kesulitan dalam mencatat anggaran bulanan adalah saat harus mengumpulkan bon belanjaan atau tagihan dan menyusunnya dalam satu file. Betul nggak, Ma?

Sekarang, coba manfaatkan tagihan secara online. Ini adalah cara termudah untuk menghindari biaya bunga karena terlambat membayar tagihan. Apalagi kertas tagihan mudah tercecer dan bisa hilang.

Mama juga bisa mencoba aplikasi pintar yang bisa berfungsi sebagai aplikasi personal keuangan gratis. Aplikasi yang memungkinkan Mama untuk memantau anggaran, mengimpor data, dan secara otomatis mendeteksi pengeluaran Mama.


Mei: Bertemu diri Anda di masa tua


Wah, maksudnya gimana ya?

Begini, Ma. Bicara soal investasi, Mama tidak akan pernah tahu kapan akan memerlukan uang lebih untuk membayar kebutuhan hidup.

Ada baiknya mempersiapkan dana tersebut jauh-jauh hari saat fisik masih prima. Salah satu cara unik yang bisa Mama coba adalah membayangkan diri Mama di masa tua. Mama bahkan bisa memberinya nama khusus. SeventyMe, misalnya. Atau Denor, alias Dewi Senior. Hahaha. Yah, terserah Mama sih mau kasih nama apa.

Kenapa mesti dikasih nama?

Supaya, setiap kali ingin membeli sesuatu yang mahal (yang bukan kebutuhan namun lebih ke keinginan), pikirkanlah diri Mama di masa tua, dan bilang, “Ah, lebih baik uangnya saya simpan saja untuk Denor.”

Nah, sebagai permulaan, cobalah untuk memberikan kado untuk si Denor ini bulan ini (Atau siapa pun sesuai nama yang Mama berikan). Manfaatkan situs konsultasi keuangan terpercaya untuk saran investasi bagi kepentingan masa tua Mama.

Mama juga dapat meningkatkan tabungan dari waktu ke waktu. Ketika Mama mendapatkan bonus atau uang lebih, maka alokasikan dana tersebut untuk si Denor ketimbang membelanjakannya—apalagi kalau punya kebiasaan belanja impulsif. Eh, itu mah saya aja kali ya?

Dengan cara demikian, Mama akan bisa membangun hidup yang layak saat masa pensiun Mama tiba.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Kesalahan Keuangan Keluarga Mama yang Bisa Menyebabkan Papa Menjadi Ilfil. Hati-hati lho, Ma!

Ini Dia 5 Kesalahan Keuangan Keluarga Mama yang Bisa Menyebabkan Papa Menjadi Ilfil. Hati-hati lho, Ma!

Uang itu tidak ada saudaranya. Dan karena kesalahan keuangan, maka banyak pasangan yang tidak bisa mempertahankan hubungannya

Read more..


Juni: Cek dana tak terduga


Meski sudah begitu disiplin dalam mengelola keuangan, kadang dana tidak terduga dengan jumlah besar bisa mengganggu perencanaan keuangan lo.

Misalnya saja, tiba-tiba Mama harus menyediakan dana perbaikan mobil, atau harus membayar tagihan rumah sakit.

So, mulai bulan ini selalu siapkan dana darurat. Dana darurat merupakan sejumlah uang yang perlu Mama sisihkan untuk membantu membayar biaya-biaya tak terduga itu.


Juli: Rem penggunaan kartu kredit


Jangan sampai Mama menggunakan kartu kredit dengan alasan karena nggak sanggup membeli dengan uang tunai.

Jika memutuskan untuk memakai kartu kredit, gunakanlah secara cermat dan hemat. Selain itu, lebih baik memiliki satu kartu kredit dengan limit tinggi, ketimbang beberapa kartu kredit untuk mencapai limit yang sama.

Dengan satu kartu kredit, Mama hanya membayar biaya tahunan untuk satu kartu saja.


Agustus: Merencanakan liburan ekonomis


Meski terdengar terlalu terburu-buru, membuat rencana liburan jauh-jauh hari memungkinkan Mama mendapat keuntungan yang lebih lo.

Misalnya saja, akhir tahun ini Mama dan keluarga ingin liburan ke luar kota atau ke luar negeri. Jika Mama merencanakan jauh hari, dan bisa mendapatkan tiket pesawat 3 bulan sebelumnya, maka pasti Mama akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Begitu pula dengan biaya akomodasi, biaanya bisa lebih hemat paling nggak setengah tarif normal. Selain itu, liburan Mama akan lebih terencana karena Mama masih punya waktu untuk menyusun perjalanan sebaik-baiknya.


September: Evaluasi pertengahan tahun


Waktunya Mama mengumpulkan semua catatan keuangan dan melihat bagaimana kondisi keuangan Mama tahun ini. Apakah sudah sesuai dengan perencanaan di awal tahun sebelumnya?

Jika sudah sesuai, bisa Mama teruskan atau Mama tambahkan dengan rencana tahun mendatang. Jika belum sesuai, Mama perlu mengecek terlebih dahulu di mana letak kesalahannya, sehingga tidak akan terjadi kesalahan kembali pada rencana tahun depan.


BACA JUGA


#TanyaKeuangan Bersama Dani Rachmat - Ngobrolin Keuangan Keluarga, Peluang Usaha, dan Modal Itu Rocking!

#TanyaKeuangan Bersama Dani Rachmat - Ngobrolin Keuangan Keluarga, Peluang Usaha, dan Modal Itu Rocking!

Ngobrolin peluang usaha, modal, dan keuangan keluarga bareng Dani Rachmat. Seru dan banyak pengetahuan baru

Read more..


Oktober: Menyiapkan dana ‘what if’


Pernahkan Mama berpikir, “Bagaimana kalau saya dikaruniai anak kedua tahun depan?”, “Bagaimana kalau kita menambahkan garasi di rumah?”, atau, “Bagaimana kalau si kakak tiba-tiba mengutarakan keinginan untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri?”

Untuk mengatasi kejadian-kejadian ini, mulai bulan ini Mama disarankan untuk menyiapkan dana lebih. Pisahkan dari dana darurat, maupun dana kebutuhan rumah tangga lainnya.


November: Tingkatkan pemasukan


Jika Mama merasa pendapatan Mama dan Papa nggak bisa menutupi segala keperluan selama tahun ini, maka cobalah untuk menego kenaikan gaji pada perusahaan, atau menambah penghasilan sampingan.

Menurut survei yang dilakukan oleh situs karier LinkedIn, bulan Januari merupakan bulan yang paling sering digunakan perusahaan untuk menaikkan gaji karyawan. Nah, mumpung masih 2 bulan lagi, cobalah untuk mencari celah agar Mama bisa sedikit caper pada atasan Mama.

Jika memang Mama berhak menerima kenaikan gaji, ya kenapa nggak diperjuangkan kan?

Untuk para stay at home mom, bulan November merupakan bulan yang baik untuk merencanakan untuk memulai bisnis di tahun berikutnya. Dua bulan adalah waktu yang cukup untuk merumuskan ide bisnis, target dan segala tetek bengek yang harus dipersiapkan.

Go for it, Mama!


Desember: Mulai berinvestasi yang lebih besar. Pasar saham mungkin?


Bulan ini mulai serius untuk mendapatkan pegangan keuangan yang lebih baik. Mama bisa mempertimbangkan untuk mulai berinvestasi secara lebih serius. Main saham mungkin?

Yes, so far, pasar saham masih akan memberikan kemungkinan terbaik untuk dikembangkan dalam jangka panjang.

Pelajari lebih jauh mengenai saham di situs keuangan terpercaya. Situs-situs tersebut umumnya memiliki kalkulator keuangan yang dapat memandu Mama dalam bermain saham, serta membantu Mama dalam menghitung berbagai informasi yang mencakup nilai masa depan dan nilai saham saat ini.


BACA JUGA


Penghasilan Pas-Pasan, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga ala Rocking Mama!

Penghasilan Pas-Pasan, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga ala Rocking Mama!

Mama, pasti kita terkadang bingung ya, kalau si Papa merupakan seorang karyawan yang memiliki pendapatan yang lebih rendah dari rata-rata, ...

Read more..


Nah, Mama. Semoga resolusi keuangan yang lebih baik tahun 2018 bisa terlaksana dengan lancar ya!

Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Seharusnya Resolusi Keuangan di Tahun Baru 2018 - dari Februari Hingga Desember". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar