Bekerja di Rumah, Begini Strategi Agar Kita Tetap Produktif dan Si Kecil pun Tenang!

Bekerja di Rumah, Begini Strategi Agar Kita Tetap Produktif dan Si Kecil pun Tenang!

393
Bekerja di rumah sambil mengasuh anak memang jadi cita-cita sebagian perempuan. Meski sekilas tampak nyaman, tapi bukan berarti tanpa gangguan sama sekali. Gangguan justru akan datang terutama dari anak-anak.

Bisa bekerja di rumah sambil mengasuh anak menjadi impian sebagian besar ibu di zaman modern ini ya, Ma. Thanks to the internet, saat ini ada begitu banyak pilihan pekerjaan yang bisa Mama kerjakan secara remote. Mulai dari berjualan secara online, menulis artikel, membuat program, membuat kerajinan tangan, blogging, dan lain-lain.

Apa pun pekerjaan yang Mama pilih, pastinya akan mempunyai konsekuensi masing-masing. Walaupun sekilas terlihat menyenangkan, tapi bekerja di rumah ada kalanya juga kurang kondusif bagi Mama karena adanya anak-anak yang juga membutuhkan kita ya.

Gimana mau bisa pegang laptop atau gadget, kalau anak-anak gelendotan melulu di ujung daster kita? Iya nggak sih, Ma?

Sebagaimana orang dewasa, ada kalanya anak-anak merasa bad mood dan tidak paham bahwa Mama sedang bekerja di rumah. Tak jarang, kita memilih “jalan pintas” dengan memberikan gadget kepada anak-anak agar mereka anteng dan tidak mengganggu Mama. Namun, di sisi lain, sebenarnya kita juga tidak ingin jika anak-anak kecanduan gadget.

Nah loh. Terus gimana dong?


BACA JUGA


Kerja di Rumah Itu Nggak Berarti Santai Kayak di Pantai - Ini Dia 5 Persamaannya dengan Kerja di Kantor!

Kerja di Rumah Itu Nggak Berarti Santai Kayak di Pantai - Ini Dia 5 Persamaannya dengan Kerja di Kantor!

Kerja di rumah lebih santai kayak di pantai? Kalau demikian adanya, dijamin deh, diri kita nggak akan berkembang, nggak produktif, dan tak ...

Read more..


Oleh karena itu, ada beberapa strategi yang bisa Mama lakukan agar bisa bekerja di rumah dengan tenang, anak pun “sibuk” dengan kegiatannya masing-masing.

Yuk, Ma, kita lihat bareng. Apa saja yang bisa kita lakukan, demi kemaslahatan anak dan tercapainya produktivitas kita bekerja di rumah.


Strategi menangani anak agar tenang dan kita bisa nyaman bekerja di rumah


1. Siapkan perlengkapan kegiatan yang anak sukai


Umumnya, anak balita suka menggambar dan mewarnai kan ya?

Mama bisa menyediakan printable papers yang dapat diunduh dan dicetak untuk menambah stok pilihan mewarnai untuk anak-anak. Sediakan pula crayon dan pensil warna untuk mereka sehingga mereka bisa asyik menggambar tanpa mengganggu Mama.


2. Buatlah area khusus bermain anak


Tempatkan beberapa mainan yang anak sukai di lokasi khusus tersebut. Area bisa ditandai hanya dengan selembar karpet atau tikar yang nyaman. Yang penting, anak-anak masih ada di dalam pengawasan Mama.


3. Ajak anak bermain di luar rumah


Sesekali Mama bisa bekerja di luar rumah sambil mengawasi anak bermain sepeda atau di taman dekat rumah. Selain menyehatkan, Mama juga bisa sambil menyelesaikan pekerjaan dengan membawa gadget portable.


BACA JUGA


Kerja dari Rumah Itu Menyenangkan. 5 Tips Ini Bisa Membantu Mama Mewujudkan Kantor yang Nyaman di Rumah!

Kerja dari Rumah Itu Menyenangkan. 5 Tips Ini Bisa Membantu Mama Mewujudkan Kantor yang Nyaman di Rumah!

Kerja dari rumah adalah satu hal yang paling diinginkan oleh para Mama. Betul? Kerja dari rumah nggak hanya duit yang didapat tapi juga bisa ...

Read more..


4. Siapkan makanan atau kudapan sehat untuk anak sebelum Mama mulai bekerja.


Biasanya, anak akan lebih rewel ketika merasa lapar. Sehingga ketika anak mulai lapar, Mama bisa segera memberikan makanan dan kembali melanjutkan pekerjaan Mama.


5. Berikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan perasaannya

Saat anak merasa bosan, kadang ia hanya perlu ditemani, digendong atau dipeluk.

Demi menjaga stabilitas emosi anak, tinggalkan pekerjaan mama sejenak dan luangkan waktu untuk mendengarkan mereka. Ketika mereka sudah terlihat tenang, Mama pun bisa kembali bekerja di rumah, ditemani oleh si kecil.


6. Berikan penghargaan kepada anak

Ketika Mama dapat bekerja di rumah dengan tenang, hargailah sikap positif anak yang dapat menunggu Mama selesai bekerja dengan memberinya pelukan dan ucapan terima kasih.

Sesekali Mama boleh menghadiahkan makanan atau benda yang mereka suka sebagai tanda terima kasih, karena mereka telah berkelakuan baik selama menemani Mama bekerja di rumah.


BACA JUGA


Bekerja dari Rumah tapi Stuck? Jangan Sampai Deh! Coba Lakukan 7 Trik Ini Agar Ide Kreatif Selalu Lancar!

Bekerja dari Rumah tapi Stuck? Jangan Sampai Deh! Coba Lakukan 7 Trik Ini Agar Ide Kreatif Selalu Lancar!

Bekerja dari rumah mungkin merupakan mimpi bagi sebagian wanita yang telah menikah. Yuk, lakukan beberapa hal berikut ini supaya tetap waras ...

Read more..


Bekerja di rumah maupun di luar rumah memang selalu membawa konsekuensi masing-masing ya, Ma. Semua kembali kepada kemampuan diri kita untuk dapat mengendalikan situasi sehingga semua aktivitas bisa terlaksana dengan baik.

Semangat, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bekerja di Rumah, Begini Strategi Agar Kita Tetap Produktif dan Si Kecil pun Tenang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Inne R. A. | @innera

Content Writer * Translator * Freelance Teacher A life learner

Silahkan login untuk memberi komentar