Belajar dari Anak Faisal Haris yang Melabrak Jennifer Dunn - Inilah 5 Hal yang Harus diLakukan Orang Tua untuk Anak yang Broken Home

Belajar dari Anak Faisal Haris yang Melabrak Jennifer Dunn - Inilah 5 Hal yang Harus diLakukan Orang Tua untuk Anak yang Broken Home

1.2K
Viral Video Jennifer Dunn yang dilabrak oleh anak sang kekasih merupakan suatu pesan untuk lebih peduli terhadap para anak korban broken home.

Viralnya video Jennifer Dunn yang dilabrak oleh anak Faisal Haris memang heboh ya, Ma. Video ini memilliki pesan moral yang sangat dalam untuk para orang tua yang memutuskan untuk berpisah.

Di dalam video tersebut, terlihat luapan emosi sang anak yang tidak rela papanya diambil dari kehidupannya. Luapan emosi terjadi karena tidak ada kepekaan dari orang tua untuk mengatasi emosi anak yang diakibatkan dari perpisahan.

Belajar dari Shafa Aliya, maka kita harus mengerti, apa saja yang harus dilakukan oleh orang tua yang berpisah untuk anak mereka, sehingga anak-anak bisa menerima keadaan yang memang tak begitu baik ini.


BACA JUGA


9 Nasihat Pernikahan dari Seorang Perempuan yang Telah 2 Kali Bercerai Ini Patut Kita Renungkan

9 Nasihat Pernikahan dari Seorang Perempuan yang Telah 2 Kali Bercerai Ini Patut Kita Renungkan

Menerima nasihat tentang pernikahan dari para ahli atau pasangan yang sudah lama menikah tentu sudah biasa. Bagaimana jika menerima nasihat ...

Read more..


Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua yang hendak berpisah demi anak mereka

1. Memberikan pengertian kepada anak

Photo Credit : Enricvalls

Ketika memang harus berpisah, sangat sulit bagi anak untuk mengerti problematika yang dihadapi oleh orang tua mereka. Dan, sebagai orang tua, sudah seharusnya kita untuk kompak memberi pengertian kepada sang anak.

Dampak psikologis yang terjadi akan membuat anak menjadi lebih posesif dan emosional. Anak tidak akan bisa menerima perpisahan yang terjadi pada kedua orang tuanya.

Di sinilah peran orang tua untuk lebih sabar menghadapi emosi anak hingga dia memahami permasalahan yang terjadi di antara orang tuanya.


2. Tidak memperlihatkan kemesraan lain selain dengan pasangan sejatinya


Jangan anggap remeh media sosial. Tanpa disadari, anak bisa dengan mudah mencari informasi keberadaan orang tuanya (yang mungkin sedang bersama sang WIL/PIL).

Jagalah privasi ketika menyebarkan kemesraan di media sosial jika tak bersama sang pasangan sejati.

Semua anak bermimpi memiliki keluarga yang sempurna. Mereka akan merasa hancur ketika melihat orang yang dia sayangi tega merusak mimpinya selama ini.

Sebagai orang tua, baik Papa maupun Mama harus mampu menjaga sikap untuk tidak mem-publish kemesraannya dengan orang lain yang akan berdampak sangat buruk untuk psikologis anak.

Anak hanya mampu berpikir bahwa orang tuanya sudah tak saling sayang. Orang tua juga sudah tak sayang pada dirinya.


3. Tetap jalin komunikasi dengan anak

Photo Credit : Hooppler

Seburuk apa pun hubungan orang tua, tidak seharusnya melibatkan anak di dalamnya.

Anak tidak (harus) mengerti yang sebenarnya terjadi pada kedua orang tuanya. Jika orang tua suatu saat harus memutuskan komunikasi satu sama lain karena konflik yang tidak ada ujungnya, maka jangan pernah memutuskan hubungan dengan anak.

Perpisahan barangkali memang menjadi keputusan final yang telah Papa dan Mama ambil, tetapi jangan membuat anak merasa berada dalam konflik yang terjadi antara Mama dan Papa. Tetap jaga komunikasi seperti tidak ada permasalahan di antara orang tua.


BACA JUGA


Inilah 11 Cara Anak-Anak Dari Keluarga Bercerai Melihat Cinta Dalam Pandangan Yang Berbeda

Inilah 11 Cara Anak-Anak Dari Keluarga Bercerai Melihat Cinta Dalam Pandangan Yang Berbeda

The fact that love is imperfect does not mean that it is untrue or unreal. - Pope Francis

Read more..


4. Memperlakukan satu sama lain dengan baik

Photo Credit : Istock

Mungkin akan sulit untuk berhubungan baik setelah perpisahan, tetapi tak ada yang tak mungkin.

Salah satu contoh baik adalah hubungan Deddy Corbuzier dengan Kalina, mantan istrinya. Deddy tetap peduli dan perhatian kepada ibu dari anaknya ketika Kalina sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit. Bagi Deddy, anaknya akan sangat merasa senang ketika Papa bisa memperlakukan mamanya dengan baik.

Kebahagiaan anak adalah hal terpenting bagi Deddy. Karenanya, dia berusaha menjaga hubungan yang baik dengan Kalina sehingga membuat anaknya tidak merasakan perpisahan di antara orang tuanya.


5. Jangan pernah bertengkar di depan anak

Tidak ada orang yang mampu menahan emosi, tetapi alangkah baiknya jika mampu menahan diri untuk tidak meluapkan emosi dan bertengkar di depan anak. Anak akan merekam semua yang dia lihat.

Waspadalah ketika anak meluapkan emosinya dan menyalahkan orang lain untuk menenangkan perasaannya. Contohnya seperti kasus Jennifer Dunn yang dilabrak oleh Shafa Aliya. Dia meluapkan perasaannya ketika melihat wanita penyebab perpecahan rumah tangga orang tuanya.

Perlu diketahui, bahwa semua ini bukanlah kesalahan anak. Tanpa orang tua sadari, perasaan anak yang memendam emosi karena pertengkaran orang tua baru bisa dia utarakan ketika melihat penyebab konfliknya.


BACA JUGA


Perceraian? Sebelum Mama Papa Melakukannya, Pertimbangkan Beberapa Hal yang Bisa Terjadi pada Anak Berikut!

Perceraian? Sebelum Mama Papa Melakukannya, Pertimbangkan Beberapa Hal yang Bisa Terjadi pada Anak Berikut!

Anak adalah faktor utama pengikat hubungan suami istri. Saat perceraian terjadi, lalu apa yang akan mereka hadapi di kemudian hari

Read more..


Nah, bagaimana dengan Mama dan Papa? Semoga Mama dan Papa tetap mampu membuat anak nyaman dan tenang meskipun Mama dan Papa terpaksa harus berpisah.

Ingat, anak merupakan prioritas utama yang harus dijaga.

Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar dari Anak Faisal Haris yang Melabrak Jennifer Dunn - Inilah 5 Hal yang Harus diLakukan Orang Tua untuk Anak yang Broken Home". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Letta diva | @Vinaleta

Silahkan login untuk memberi komentar