Belajar Matematika dengan Metode Vedic Math - Bantu Anak untuk Berhitung Lebih Cepat

Courtesy: verywell.com

Belajar Matematika dengan Metode Vedic Math - Bantu Anak untuk Berhitung Lebih Cepat

1.3K
Belajar matematika itu rumit? Ngajarin anak matematik itu lebih sulit! Tapi dengan metode Vedic Math ini, belajar matematika jadi mengasyikan lho!

Tahu nggak sih, ada satu hal yang lebih sulit dari belajar matematika. Apakah itu?

Jawabannya adalah ... ngajarin anak matematika! Hahaha.

Seperti yang kita ketahui ya, Ma, kalau kemampuan dasar berhitung merupakan elemen penting dalam beberapa subjek ilmu, seperti fisika, kimia, akuntansi, bahkan ekonomi di tingkat menegah ke atas.

Tapi siapa yang setuju dengan saya, kalau memang butuh kesabaran ekstra untuk tugas orangtua yang satu ini, menemani anak belajar matematika?

Jangankan mengajarkan anak ya, Ma, kadang kita sendiri pun perlu waktu yang cukup lama untuk memahami teknik berhitung, apalagi kalau sudah terapan sehari-hari. Mengingat kecerdasan matematis-logika tiap orang berbeda-beda, bagi beberapa orang urusan berhitung ini memang 'njelimet' sekali.


BACA JUGA


Anak Takut Matematika, Begini Seharusnya Cara Mama Mendampinginya dan Mengubah Nilai 4 Menjadi 10

Anak Takut Matematika, Begini Seharusnya Cara Mama Mendampinginya dan Mengubah Nilai 4 Menjadi 10

Anak takut matematika mungkin hanya karena kurang memahami konsep dasarnya. Jangan abaikan, namun dampingi dengan metode yang tepat

Read more..


Jadi boro-boro bisa ngajarin saat anak belajar matematika deh, nggak harus berurusan lagi dengan pelajaran matematika di sekolah aja udah seneng banget. Eh, setelah punya anak, ternyata kita perlu mendampingi mereka dalam proses belajar matematika.

Tapi tenang, Ma. Ada sebuah metode berhitung asal India yang dapat mempermudah perhitungan dan membuat belajar matematika jadi lebih asyik! Metode tersebut bernama Vedic Math.

"Vedic Math is an ancient mental calculation technique which allow children to simplify a math problem to a level that they can master." -Math Monkey

Vedic Math ini merupakan salah satu teknik berhitung tercepat di dunia. Nah, karena namanya mental calculation, jadi metode ini meminimalisasi kebiasaan menghitung di kertas buram ataupun kertas bantuan. Beberapa kelebihan dari penggunaan metode vedic math ini saat belajar matematika, yaitu:

  1. Anak dapat memilih cara berhitung yang paling sesuai dengan kemampuan mereka;
  2. Meningkatkan kemampuan konsentrasi anak;
  3. Meningkatkan daya ingat anak;
  4. Melatih kreativitas anak; dan
  5. Mengembangkan 5 kemampuan otak: attention, visual, memory, logic reasoning, dan processing speed.

Ada beragam cara berhitung dalam vedic math yang dapat kita gunakan saat belajar matematika, 3 di antaranya Magic of Eleven, Nikhilam Multipication, dan Touch Spot Concept.


Magic of Eleven

Magic of Eleven adalah cara berhitung praktis yang bisa diaplikasikan pada semua perkalian angka 11. Dalam Magic of Eleven, kita hanya perlu membayangkan nol di depan dan di belakang angka, lalu kita tambahkan nol tersebut dengan angka pertama. Setelah itu, kita tambahkan angka pertama dengan angka kedua, dst.

Contoh: 23 x 11 = ?
Bayangkan angka nol di depan dan belakang angka 23: [0] 23 [0]
- Tambahkan 0 dan 2: 0 + 2 = 2;
- Tambahkan 2 dan 3: 2 + 3 = 5;
- Tambahkam 3 dan 0: 3 + 0 = 3.
Maka, jawaban dari perkalian tersebut adalah 253.


Nikhilam Multiplication Base 100

Nikhilam Multiplication saat belajar matematika biasa digunakan untuk mengalikan beberapa angka binari dengan lebih efisien. Ada beberapa jenis nikhilam multiplication, salah satunya base 100. yang dicontohkan di bawah ini.

Contoh: 103 x 105 = ?
- Tambahkan angka pertama dengan dua bilangan terakhir pada angka kedua: 103 + 05 = 108;
- Kalikan masing-masing dua bilangan terakhir: 03 x 05 = 15.
Maka, jawaban dari perkalian tersebut adalah 10815.


Touch Spot Concept

Konsep berhitung ini diajarkan kepada anak-anak preschool saat belajar matematika, untuk mengurangi kebiasaan melepas pensil untuk menggunakan jari.

Dalam Touch Spot Concept disebutkan bahwa tiap angka memiliki titik-titik hitung seperti di bawah ini:

Touch Spot Concept - Math Monkey

Fungsi titik-titik pada Touch Spot Concept ini adalah untuk membantu visualisasi anak dalam melakukan penjumlahan sederhana.

Misalnya pada penjumlahan 10 + 3, anak akan berhitung pada tiga titik pada angka 3 dengan menyebutkan angka setelah angka 10. Dengan begitu, anak lebih mudah menghitung tanpa perlu bantuan jari mereka.

Touch Spot Concept - Math Monkey

Selain ketiga cara di atas, masih ada Vertically Crosswise dan teknik vedic math lain yang dapat digunakan untuk menyederhanakan perhitungan saat belajar matematika.

Jika tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai metode vedic math ini, Mama bisa berkonsultasi dengan Math Monkey.


Math Monkey, Indonesia
Math Monkey

Math Monkey adalah tempat kursus belajar matematika dasar bagi anak usia 3 - 12 tahun yang menggunakan vedic math dan game based curriculum dalam metode pengajaran mereka.

Dengan motto Math + Game = Fun, Math Monkey menyediakan lingkungan bermain dan belajar yang menyenangkan bagi anak-anak. Hal ini terlihat dari cara mengajar yang salah satunya melalui story telling dan worksheet variatif, seperti coloring, number matching, dan aktivitas lainnya yang tidak lepas dari materi pembelajaran. Kurikulum di Math Monkey ini berada di bawah pengawasan Prof. Ken Williams yang terkenal sebagai "Guru" of vedic math dan telah menerbitkan banyak literatur terkait vedic math.

Didirikan tahun 2006 oleh Kristen Fisch di Amerika, kini Math Monkey sudah tersebar di beberapa negara Asia, seperti Singapura, Hong Kong, Thailand, Brunei, dan Indonesia. Math Monkey sendiri sudah ada di Indonesia sejak tahun 2010 yang sekarang berlokasi di Colony 6 Lantai 2, Kemang, Jakarta Selatan.


BACA JUGA


Bahaya Anak Gemuk - Obesitas Ternyata Juga Memengaruhi Kemampuan Matematika? Ketahui Lebih Rinci, Yuk!

Bahaya Anak Gemuk - Obesitas Ternyata Juga Memengaruhi Kemampuan Matematika? Ketahui Lebih Rinci, Yuk!

Bahaya anak gemuk ternyata tak hanya memengaruhi kesehatan dan perkembangan sosialnya. Tapi juga berdampak pada intelektualitasnya. Duh

Read more..


Ah, siapa sangka, ternyata belajar matematika bisa jadi semengasyikan ini ya?

Let's grab math by the tail with Math Monkey!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar Matematika dengan Metode Vedic Math - Bantu Anak untuk Berhitung Lebih Cepat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadia Khaerunnisa | @nadkhaerunnisa

Book Sniffer | Blabbering her stories and ideas on nadkhaerunnisa.com

Silahkan login untuk memberi komentar