Berhentilah Mengejar Kebahagiaan, Ma! Kebahagiaan Itu Harus Diciptakan, 11 Cara Ini Akan Bantu Mama!

Berhentilah Mengejar Kebahagiaan, Ma! Kebahagiaan Itu Harus Diciptakan, 11 Cara Ini Akan Bantu Mama!

940
Semua orang pasti ingin menjalani hidup yang penuh dengan kebahagiaan. Bahkan terkadang orang rela melakukan apa saja, demi menjalani hidup bahagia. Namun sejatinya kebahagiaan itu bukan untuk dikejar, melainkan untuk diciptakan, Ma!

Sebelum lebih jauh melangkah, coba Mama renungkan apa sebenarnya definisi kebahagiaan? Apakah melihat si kecil tumbuh dengan sehat dan ceria itu arti kebahagiaan untuk Mama? Ataukah kebahagiaan bagi Mama adalah bisa shopping sepuasnya setiap akhir pekan? Ataukah keduanya?

Sejatinya, definisi kebahagiaan memang relatif dan akan berbeda-beda bagi setiap individu.

Dikutip dari hasil riset para ilmuwan yang diungkapkan di situs Happify, konsep ‘bahagia’ merupakan kombinasi antara ‘kepuasan menjalani hidup’ dengan ‘perasaan tenang sehari-hari’.

Sedangkan ada pula riset lain yang mengungkapkan, bahwa meskipun definisi kebahagiaan itu berbeda-beda, sebenarnya secara general ada ‘rumus umum’ penentu kebahagiaan seseorang, yaitu 40% faktor kebahagiaan berasal dari pikiran dan perilaku Mama sendiri. Sedangkan sisanya, 50% merupakan peranan dari faktor genetik, dan 10% lagi adalah peranan dari faktor situasi dan kondisi yang berlaku.

Bahagia itu perkara pikiran dan cara pandang terhadap hidup itu sendiri, Ma. Sehingga rasanya kurang tepat jika selama ini Mama menganggap bahwa kebahagiaan hanya dipengaruhi oleh faktor eksternal. Kebahagiaan itu sebenarnya tidak datang dari mana-mana dan bukan dari apa-apa, melainkan justru kebahagiaan itu datang dari dalam diri Mama sendiri.

Tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada saat di mana Mama harus rela merasakan sedih dan kecewa. Akan tetapi sekalipun kebahagiaan tidak bisa selamanya dirasakan, Mama bisa kok melatih diri menciptakan kebahagiaan dengan menerapkan 11 cara ini . Simak yuk, Ma!


BACA JUGA


Mengapa sih Mama Harus Selalu Bahagia? Karena Ada 5 Hal Ini yang Menjadi Bentuk Kebahagiaan bagi Bayi Mama

Mengapa sih Mama Harus Selalu Bahagia? Karena Ada 5 Hal Ini yang Menjadi Bentuk Kebahagiaan bagi Bayi Mama

Biar si Baby baru saja lahir, bukan berarti dia tidak merasa bahagia, tidak bisa mengenali Mama, dan tidak mempelajari sesuatu dari Mama lho ...

Read more..


11 Cara menciptakan kebahagiaan



1. Masukkan kata ‘bahagia’ dalam kamus Mama sehari-hari

1.	Masukkan Kata ‘bahagia’ Dalam Kamus Mama Sehari-hari -


Jika Mama mulai bertanya dalam hati “Apakah saya bahagia?” maka gantilah pertanyaan Mama dengan pencapaian-pencapaian Mama. Coba ganti pertanyaan Mama barusan dengan pertanyaan ini “Apakah saya sudah [masukkan pencapaian Mama] selama hidup saya?” 

  • diberkati
  • sehat
  • sejahtera
  • berkecukupan
  • ceria

Dan jawablah pertanyaan Mama tersebut dengan mengingat-ingat semua anugerah yang sudah Mama rasakan sampai dengan hari ini. 

Niscaya Mama akan lebih bersyukur dengan keadaan Mama hari ini sehingga kebahagiaan akan bisa lebih Mama rasakan.




3. Jujurlah terhadap diri sendiri

3. Jujurlah Terhadap Diri Sendiri -


Dalam hidup ini, kita pasti tidak bisa melepaskan diri dari harapan untuk merasakan kebahagiaan. Namun jangan biarkan harapan tersebut menjelma menjadi gambaran-gambaran yang tidak realistis yang justru akan menjerumuskan kita pada ketidakbahagiaan, Ma! 

Orang yang bahagia akan selalu jujur pada dirinya sendiri dan pastinya akan selalu jujur pada orang lain. Jangan mengikuti standar kebahagiaan orang lain, dan jangan pula berpura-pura bahagia hanya demi dipandang sama dengan orang lain.

Berhentilah membandingkan kehidupan Mama dengan kehidupan orang lain. 

Meskipun mereka nampak lebih bahagia, Mama tidak pernah tahu jalan seperti apa yang telah mereka lalui. Jujurlah kepada diri sendiri dengan lebih menerima, mengakui, dan menjalani apa adanya. Syukuri keadaan Mama, dan ciptakanlah kebahagiaan Mama sendiri melalui rasa syukur itu. Niscaya Mama akan jauh lebih bahagia dari siapa pun!


BACA JUGA


Ini Dia 4 Kata-Kata Motivasi yang Ampuh untuk Membuat Mama yang Down Merasa Bahagia Lagi

Ini Dia 4 Kata-Kata Motivasi yang Ampuh untuk Membuat Mama yang Down Merasa Bahagia Lagi

Kata-kata motivasi ini bisa jadi "mantra" kebahagiaan Mama. Ucapkanlah setiap kali Mama merasa down, gagal atau sedih. Dijamin deh, kata- ...

Read more..


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berhentilah Mengejar Kebahagiaan, Ma! Kebahagiaan Itu Harus Diciptakan, 11 Cara Ini Akan Bantu Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


primanola perdananti | @primanola

A curious little mind who loves to explore something new, creating a variation of life, take a good nap, and have a long-great-tireless conversation with those who share the same curiousity and humour. Read her thoughts at www.labollatorium.com

Silahkan login untuk memberi komentar