Berkebutuhan Khusus dan Meraih Sukses dalam Hidup? Bisa Banget! 10 Orang Ini Buktinya!

Berkebutuhan Khusus dan Meraih Sukses dalam Hidup? Bisa Banget! 10 Orang Ini Buktinya!

1K
Orang berkebutuhan khusus bisa mandiri, sukses, meraih mimpi dan terkenal. 10 orang inspiratif ini buktinya.

Mama berpendapat, bahwa orang berkebutuhan khusus tak bisa sukses? Atau mungkin Mama adalah seorang ibu dari anak berkebutuhan khusus dan merasa putus asa akan perkembangan si kecil, Ma?

Hmmm, kalau begitu, ikuti dulu kisah 10 orang yang sangat inspiratif ini, Ma.


BACA JUGA


Mama Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus? Simak Kisah Inspiratif dari Yayasan Peduli Kasih di Surabaya untuk Menguatkan Mama

Mama Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus? Simak Kisah Inspiratif dari Yayasan Peduli Kasih di Surabaya untuk Menguatkan Mama

Memiliki anak berkebutuhan khusus terkadang membuat kita down. Tapi, tahu nggak, Ma, di luar sana Mama nggak sendiri ada banyak kisah ...

Read more..


Kisah 10 orang tersukses di dunia dan berkebutuhan khusus

1. Stephen Hawking

Stephen Hawking adalah salah satu fisikawan paling terkenal di dunia, meskipun telah didiagnosis menderita ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) saat berusia 21 tahun.

Ia sekarang hanya bisa berbicara dengan bantuan komputer yang telah dipergunakannya sejak tahun 1980-an.

Ia adalah orang berkebutuhan khusus, namun ketidakmampuannya ini tidak pernah menjadi alasan untuk menyerah pada keinginannya untuk mempelajari alam semesta, khususnya kerangka relativitas umum dan mekanika kuantum.

Karya terlarisnya, A Brief History of Time, tetap ada dalam daftar buku terlaris Sunday Times selama 237 minggu.


2. Franklin Delano Roosevelt

Ialah presiden Amerika Serikat yang sangat dicintai oleh rakyatnya, membantu membimbing bangsa tersebut melalui Perang Dunia II.

Presiden Franklin Delano Roosevelt dianggap sebagai presiden yang hebat sepanjang masa. Dan, barangkali Mama sudah tahu, bahwa FDR juga merupakan orang berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda. Sesaat setelah mengawali karier politiknya yang cemerlang, FDR terserang oleh penyakit polio hingga mengakibatkan lumpuh dari pinggang ke bawah.

Meski kebutuhan khususnya ini tidak dipublikasikan sampai bertahun-tahun kemudian--karena takut publik akan meragukan kompetensinya--namun akhirnya terbukti, bahwa kelumpuhan bukan penghalang untuk menjadi pemimpin besar.


3. Ralph Braun

Sang pendiri Braun Corporation, salah satu produsen kendaraan roda lima khusus untuk para difabel, dan disebut sebagai "sang juara perubahan" oleh Presiden Barack Obama, ini, Ralph Braun, menjadi pioneer yang mematahkan stigma bahwa orang berkebutuhan khusus tidak bisa mandiri.

Terlahir dengan distrofi otot, Ralph memulai kariernya tahun 1966, saat ia menciptakan van yang dapat dikendarai dengan kursi roda yang secara sepenuhnya dikendalikan dengan tangan.

Tahun 1991, perusahaan Ralph, BraunAbility, menciptakan minivan pertama khusus untuk para kaum difabel.


4. John Hockenberry


John Hockenberry adalah seorang jurnalis Amerika dan penulis, pemenang Emmy Award 4 kali dan pemenang Peabody Award 3 kali.

John Hockenberry adalah salah satu jurnalis paling sukses yang berkebutuhan khusus akibat cedera tulang belakang. Dia bekerja untuk Dateline pada akhir 1990-an, menjadi salah satu jurnalis pertama yang dengan kursi roda di jaringan berita di Amerika.

Dia juga penulis buku Moving Violations: War Zones, Wheelchairs and Declarations of Independence, dan telah menjadi pembawa acara radio The Takeaway, sebuah program berita nasional yang telah mengudara sejak 2008.


5. Marlee Matlin

Ah, saya ngefans banget sama perempuan satu ini nih, Ma.

Saya jatuh cinta saat ia menjadi pemeran utama dalam serial TV Reasonable Doubt, di mana ia berperan sebagai seorang pengacara tunarungu dan tunawicara. Ya, seorang pengacara berkebutuhan khusus, dan ia seringkali memenangkan kasusnya meski dengan keterbatasan yang ia punya itu!

Lalu saya menemukannya lagi berperan sebagai seorang ibu yang juga punya anak-anak berkebutuhan khusus dalam serial TV lainnya, Switched at Birth.

Marlee telah kehilangan pendengarannya sejak berusia 18 bulan, karena koklea yang cacat secara genetik.

Ia merupakan aktris pemenang Academy Award untuk peran utamanya di Children of a Lesser God (1986). Ia juga menerima Golden Globe Award untuk perannya di film tersebut.

Sejak menerima piala Oscar-nya, Marlee telah berperan di banyak acara TV, termasuk The L Word dan Law & Order: SVU, serta telah tampil di reality show seperti The Apprentice and Dancing with the Stars.


BACA JUGA


Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, Mama Bisa Menjelaskan 3 Hal Ini Pada si Kecil Untuk Menumbuhkan Sifat Empatinya

Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, Mama Bisa Menjelaskan 3 Hal Ini Pada si Kecil Untuk Menumbuhkan Sifat Empatinya

Suatu hari, Anne dan anak perempuannya, Sarah, sedang makan di sebuah restoran. Dari belakang ada anak laki-laki seusia anaknya menepuk ...

Read more..


6. Stevie Wonder

I just called to say I love you ....
I just called to say how much I care ...

Wih, lagu 80-an! Ketahuan deh angkatannya. Hihihi.

Siapa sih yang nggak kenal penyanyi berkulit hitam ini? Dan, siapa yang nggak tahu kalau ia berkebutuhan khusus karena ia lahir prematur. Pembuluh darah di bagian belakang matanya belum sampai ke depan, dan merusak pertumbuhannya, hingga menyebabkan ia tak dapat melihat sejak lahir.

Stevie Wonder merupakan salah satu musisi, penyanyi dan penulis lagu yang paling dicintai saat ini yang masih hidup.

Dianggap sebagai anak ajaib, Stevie menandatangani kontrak dengan label rekaman Tamego (anak perusahaan Motown) di usia 11 tahun.

Selama karier musiknya yang sangat sukses, Stevie telah mencatat lebih dari 30 hits di tangga lagu Amerika Serikat, termasuk single "Superstition," "Sir Duke" dan "I Just Called to Say I Love You."


7. Frida Kahlo

Terluka dalam sebuah kecelakaan saat masih remaja dan terpaksa beristirahat di tempat tidur selama beberapa bulan untuk menyembuhkan patah punggung dan punggung yang tidak akan pernah sembuh total 100%, justru menjadikan seniman perempuan asal Meksiko, Frida Kahlo, ini sebagai salah satu seniman berkebutuhan khusus yang paling terkenal di abad 20.

Frida juga menderita penyakit polio saat berusia 6 tahun, Ma.

Frida paling dikenal karena lukisan potret dirinya. Hampir seluruh lukisannya menampakkan dirinya di atas kursi roda dengan berbagai ekspresi yang artistik.


8. Helen Keller


Hellen Keller adalah seorang penulis berkebangsaan Amerika, aktivis politik sekaligus seorang dosen yang tinggal Alabama.

Helen Keller kehilangan pendengaran sekaligus penglihatannya, dan menjadi orang berkebutuhan khusus pertama yang mendapatkan gelar sarjana.

Cerita hidup Hellen Keller pernah dibuat menjadi film drama, The Miracle Worker, yang mendokumentasikan bagaimana gurunya, Anne Sullivan, akhirnya bisa mengembangkan bahasa yang bisa dimengerti oleh Helen.

Helen menulis total 12 buku, termasuk buku autobiografinya, My Religion. Ia juga menjadi anggota Partai Sosialis di Amerika, dan berkampanye untuk hak-hak perempuan dan hak-hak buruh lainnya.


9. Lenin Moreno


Lenin Moreno adalah Wakil Presiden Ekuador untuk masa jabatan 2007-2013, dan menjadi salah satu orang berkebutuhan khusus paling berkuasa setelah Franklin Delano Roosevelt. Ia terluka dalam baku tembak sebelum terjun ke politik hingga menyebabkannya harus bergerak dari atas kursi roda.

Ia telah membuat sejarah dengan membela hak-hak orang-orang berkebutuhan khusus di negaranya. Berkat usahanya ini, Lenin pun pernah dinominasikan untuk mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2012.


10. Sudha Chandran

Ya, mungkin ia tak seterkenal Drashti Dhami di Indonesia sih, Ma, tapi Mama patut tahu tentang Sudha Chandran.

Ia adalah salah satu penari dan aktris TV yang paling terkenal di India. Ia telah kehilangan salah satu kakinya akibat infeksi tahun 1981, setelah sebuah kecelakaan mobil menimpanya.

Sudha dikenal sebagai penari Bharatanatyam, yang bisa menari menggunakan kaki prostetik yang disebut sebagai "Japir foot".

Ya, ia tetap bisa menari meski berkebutuhan khusus, dan bahkan menjadi salah satu penari paling terkenal di dunia. Kisah hidupnya diangkat dalam sebuah film, Ma, berjudu Mayuri.


BACA JUGA


Jangan Katakan 10 Hal Ini pada Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus!

Jangan Katakan 10 Hal Ini pada Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus!

Raising a child with special needs does not take a special family. It makes a family special

Read more..


Jadi, tak perlu putus asa karena kondisi fisik yang berkebutuhan khusus ya, Ma. Jika mereka saja bisa sukses, mengapa kita di sini enggak?

Tetap semangat!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berkebutuhan Khusus dan Meraih Sukses dalam Hidup? Bisa Banget! 10 Orang Ini Buktinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar