Biasakan Meminum Air Hangat di Pagi Hari untuk Mendapatkan 6 Manfaat Ini

Biasakan Meminum Air Hangat di Pagi Hari untuk Mendapatkan 6 Manfaat Ini

2K
Ternyata, ada perbedaan besar terjadi pada tubuh, jika Mama mulai mengubah kebiasaan minum air biasa menjadi minum air putih hangat di pagi hari.

Saat memulai hari, ada berbagai pilihan air untuk diminum, dari mulai dari minum air putih biasa hingga kopi.

Namun, ternyata setiap jenis minuman memberikan perbedaan besar di dalam tubuh. Saat ini, air minum yang diyakini memberikan manfaat besar bagi tubuh adalah air hangat. Bukan hanya air putih loh, Ma.

Menurut Stella Metsovas, ahli gizi klinis dan pakar kesehatan di Food and Nutrition Sciences, para dokter merekomendasikan kita untuk minum air hangat di pagi hari. Air hangat yang paling baik adalah yang ditambahkan lemon, teh, atau madu. Namun, jika di rumah Mama tidak tersedia lemon, teh atau madu, hanya minum air hangat saja pun sudah cukup untuk memberikan manfaat besar bagi tubuh.

Apa saja sih manfaat dari minum air hangat di pagi hari? Berikut ulasannya, Ma.


BACA JUGA


Awas, Ma, Gejala-Gejala Ini Menunjukkan Mama Kurang Minum Air Putih!

Awas, Ma, Gejala-Gejala Ini Menunjukkan Mama Kurang Minum Air Putih!

Jangan abaikan alarm tubuh, karena bisa jadi pertanda penyakit akan muncul

Read more..


6 Manfaat minum air hangat di pagi hari untuk tubuh

1. Menangkal penuaan dini

Siapa sih yang ingin terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya? Nggak ada ya?

Namun, polusi yang jahat serta berbagai makanan yang tidak sehat dapat mempercepat kemunculan garis-garis halus pada wajah Mama. selain itu, racun-racun tersebut pun akan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Nah, untung saja, dengan minum air hangat, tubuh Mama akan terbantu dalam pembersihan racun-racun tersebut sehingga tubuh dapat meregenerasi sel kulitnya.

Hasilnya, kulit terjaga elastisitasnya dan tubuh pun jauh dari penyakit.


2. Meredakan kram

Kram saat tamu bulanan datang bukan saja masalah gadis-gadis kan, Ma? Mama pun sangat mungkin mengalaminya, meskipun mitos berkata bahwa setelah hamil dan melahirkan, perempuan tidak akan mengalami kram saat datang bulan.

Untuk meredakannya, Mama bisa mencoba minum air hangat. Air hangat juga dapat menjadi obat efektif bagi kram karena mampu meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu merileksasi otot-otot tubuh.

Selain itu, minum air hangat pun dapat membantu untuk melemaskan otot perut.


3. Membantu menurunkan berat badan

Pasti Mama akan senang sekali dengan manfaat satu ini ya?

Sudah lama diyakini bahwa rutin menim air hangat dapat membantu menurunkan berat badan. Keyakinan tersebut bukan sekadar mitos belaka loh, Ma.

Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, dan selanjutnya meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan aktivitas metabolik ini akan membuat tubuh mampu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Efek lebih besar akan didapatkan jika Mama menambahkan lemon pada air hangat. Kedua kombinasi tersebut akan membantu tubuh memecah jaringan adiposa (lemak tubuh), dan menahan nafsu makan.



4. Mengatasi masalah pencernaan

Mama sering mengalami gangguan pencernaan? Yuk, coba perbanyak minum air hangat, dan kurangi konsumsi air dingin.

Dengan minum segelas air hangat di pagi hari, Mama akan menstimulasi sistem perncernaan, dan membantu tubuh untuk mencerna lebih baik. Sementara air dingin justru dapat mengeraskan minyak dan lemak. Akibatnya, lemak menjadi menumpuk dan mengganggu pencernaan.

Salah satu masalah pencernaan yang cukup sering terjadi adalah konstipasi atau sembelit. Gangguan ini merupakan tanda bahwa tubuh kurang asupan serat dan air. Dengan minum air hangat sebelum makan, pergerakan usus akan membaik dan pengencangan usus pun akan meningkat sembelit akan teratasi.


5. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat ini adalah manfaat lanjutan dari manfaat sebelumnya, Ma. Proses peluruhan timbunan lemak yang hilang ternyata disertai dengan pembuang racun di dalam tubuh.

Saat tubuh lebih bersih dari racun, sirkulasi darah pun akan membaik. Air hangat juga membantu tubuh rileks, melonggarkan otot, dan membantu memperlancar aliran darah.


6. Membantu tidur lebih cepat

Manfaat menenangkan dari minum air hangat ternyata berpengaruh juga loh untuk kebiasaan tidur Mama.

Dengan minum air hangat saat makan, terutama makan malam, dan sebelum tidur, tubuh dan syaraf Mama akan lebih rileks dan tenang.

Seperti yang Mama ketahui, tubuh dan syaraf yang tenang dan rileks adalah kunci dari tidur yang nyenyak. Kebiasaan minum air hagat sebelum tidur pun dapat menahan keinginan makan di larut malam, dan membantu peremajaan kulit.


BACA JUGA


Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Di tengah cuaca panas terik maupun sedang hujan, tidak jarang minuman kemasan menjadi pilihan bagi Mama dan keluarga, bukan? Segar sih ya, ...

Read more..


Nah, gimana, Ma? Jadi hari ini, Mama bisa mulai mengurangi minum air dingin, dan lebih banyak minum air hangat ya, setelah tahu 6 manfaat minum air hangat di atas.

Stay healthy, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Biasakan Meminum Air Hangat di Pagi Hari untuk Mendapatkan 6 Manfaat Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar