Bingung Cara merawat Kulit Saat Hamil? Ini 3 Langkah Menjaga Kulit untuk Mama Supaya Tetap Sehat

Bingung Cara merawat Kulit Saat Hamil? Ini 3 Langkah Menjaga Kulit untuk Mama Supaya Tetap Sehat

2.2K
Ibu hamil harus tetap merawat kulit selama kehamilan supaya tetap terlihat glowing. Selain itu, pastinya, juga agar tetap sehat. Temukan tip-tip merawat kulit bagi ibu hamil secara lengkap dengan membaca artikel ini sampai selesai ya, Ma!

Mama pastinya merasakan bahagia ya, ketika mengetahui ada buah hati di dalam rahim. Dan tentu saja semenjak mengetahui sedang hamil, Mama mulai menjaga asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dan juga Mama mulai ekstra hati-hati dalam merawat kulit, karena tidak semua produk perawatan kulit aman untuk Mama dan janin dalam perut.

Kehamilan menyebabkan perubahan dalam tubuh Mama. Tidak hanya perubahan dalam kenaikan berat badan seiiring dengan perut yang semakin membesar, namun kulit juga mengalami perubahan karena meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron.


BACA JUGA


Kisah Inspiratif 8 Artis Hollywood yang Memiliki Stretch Marks dan Selulit Namun Tidak Malu Menunjukkannya

Kisah Inspiratif 8 Artis Hollywood yang Memiliki Stretch Marks dan Selulit Namun Tidak Malu Menunjukkannya

Beberapa artis Hollywood ini juga memiliki stretch marks dan selulit namun enggan untuk menghilangkannya. Kisah mereka akan membuat Mama ...

Read more..


Mama harus mulai memperhatikan perawatan kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan segar selama kehamilan. Dan Mama juga sebaiknya mulai mencari tahu produk-produk kecantikan yang aman, baik untuk Mama maupun janin selama kehamilan.


Di bawah ini adalah 3 langkah dalam merawat kulit dan wajah semasa hamil.


1. Mempersiapkan diri untuk menerima perubahan pada kulit selama kehamilan


  • Mempersiapkan perubahan pada kulit

Di dalam perut Mama ada janin yang sedang tumbuh dan membuat ruangannya sendiri. Hal ini biasanya akan memunculkan stretch marks di sekitar perut Mama. Hormon juga bisa menjadi faktor timbulnya stretch marks.

Salah satu cara untuk mengatasi stretch marks dengan menggunakan cocoa butter. Lotion cocoa butter ini aman untuk memudarkan noda pada kulit.

Dianjurkan juga untuk mengikuti saran dokter mengenai pola makan yang baik agar kenaikan berat badan ibu hamil tetap dalam kondisi ideal. Karena kenaikan berat badan yang berlebih dapat meningkatkan terbentuknya stretch marks.


  • Memperhatikan pigmentasi pada kulit

Biasanya pada kulit mama yang sedang hamil muncul bercak-bercak kulit yang lebih gelap karena hiperpigmentasi. Hal ini disebabkan oleh kadar melanin pada kulit yang meningkat ketika hamil.

Biasanya juga akan muncul linea nigra atau garis vertikal di tengah perut ke bawah. Mama tidak perlu khawatir, karena linea nigra merupakan hal yang normal yang dialami oleh ibu hamil. Biasanya itu tandanya persentase asam folat pada ibu hamil yang lebih banyak. Baiknya mama konsultasi kepada dokter kandungan mengenai linea nigra.


  • Mencermati munculnya jerawat

Biasanya pada kulit wajah ibu hamil akan muncul banyak jerawat karena perubahan hormon. Nggak nyaman sekali ya, Ma, ada banyak jerawat di wajah kita?

Mama nggak perlu khawatir dengan munculnya jerawat ini. Untuk merawat kulit berjerawat, Mama juga nggak perlu menggunakan cream jerawat atau obat yang dikonsumsi oral yang mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tumbuh kembang janin.

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawatnya ya, Ma?

Mama rajin-rajinlah mencuci wajah dua kali sehari, dan juga jika berkeringat banyak di wajah. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat, lalu ditepuk-tepuk lembut hingga kering. Wajah yang berjerawat juga jangan digosok pada bagian berjerawat, karena akan membuat jerawat semakin parah.

Kebanyakan jerawatnya akan hilang setelah melahirkan. Akan tetapi ruam yang parah seperti chloasma (atau dikenal dengan nama "mask of pregnancy") dapat muncul dan perlu ditangani oleh dokter.


2. Menghindari produk yang mengandung zat berbahaya untuk janin

  • Mencermati Perawatan Kuku

Kutek atau nail polish dan nail polish remover umumnya mengandung formaldehyde dan toluene. Kedua zat tersebut adalah pengawet yang jika terserap kulit Mama dapat membahayakan kesehatan janin.

Untuk Mama yang masih ingin menggunakan cat kuku, pilihlah cat kuku yang tidak mengandung formaldehyde dan toluene.


  • Konsultasikan kepada Dokter Mengenai Pengobatan Jerawat

Lakukan ini jika Mama benar-benar ingin mengobati jerawat karena sudah tidak nyaman dengan wajah.

Mama perlu memperhatikan penggunaan obat jerawat untuk ibu hamil. Isotretinoin, Retin-A (tretinoin), retinol dan tetrasiklin dapat membahayakan perkembangan janin, dan sebaiknya harus dihindari penggunaan produk yang mengandung zat-zat tersebut.

Jika Mama ingin merawat kulit dan menyembuhkan jerawat di wajah, baiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui pengobatan jerawat yang tepat untuk ibu hamil.


  • Tidak Melakukan Pemutihan Gigi

Produk pemutih gigi yang mengandung peroksida tidak aman digunakan oleh ibu hamil. Belum ada penelitian lebih dalam mengenai aman tidaknya melakukan pemutihan gigi untuk ibu hamil, tapi sebaiknya Mama menunggu saja dulu sampai melahirkan atau selesai menyusui untuk melakukan pemutihan gigi.

Tak hanya pemutihan gigi saja, Mama juga sebaiknya tidak melakukan foto rontgen gigi pada trisemester pertama dan terakhir kehamilan.


3. Memilih produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

  • Konsultasi kepada Dokter

Jika Mama ingin menggunakan produk kecantikan, sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter. Mama tidak perlu ragu bertanya atau meminta rekomendasi kepada dokter mengenai produk perawatan wajah yang aman digunakan oleh ibu hamil.

Jika Mama mengalami keluhan pada wajah ketika hamil seperti ruam atau jerawat, dokter akan memberikan penanganan atau saran yang baik dalam merawat kulit semasa hamil.


  • Mencari Tahu Mengenai Produk Wajah yang Aman

Kalau Mama sudah mengetahui produk yang dibutuhkan untuk merawat kulit wajah dan tubuh, sebaiknya Mama mencari tahu mengenai info produk tersebut.

Sekarang ini banyak sekali sumber-sumber di internet yang bisa Mama cari, termasuk Mama bisa berkunjung ke forum-forum kehamilan dan berbagi pengetahuan mengenai produk yang tidak berbahaya untuk ibu hamil.


  • Go Green!

Dalam merawat kulit, akan lebih baik jika Mama menggunakan produk kosmetik yang menggunakan bahan alami atau oil free products. Biasanya produk berbahan alami tidak mengandung bahan berbahaya dan lebih aman untuk ibu hamil.


  • Melihat Iklan Produk

Sekarang ini banyak yang produk kecantikan, termasuk yang dipakai untuk merawat kulit, yang aman untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa Mama lihat iklan-iklannya di berbagai media. Biasanya iklan-iklan produk tersebut ada di majalah parenting atau di laman-laman tentang parenting.


BACA JUGA


Kulit Wajah Anda Kering, Ma? Atasi dengan 7 Tip di Bawah Ini!

Kulit Wajah Anda Kering, Ma? Atasi dengan 7 Tip di Bawah Ini!

Pernahkah Mama merasa nggak pede keluar rumah atau ketemu dengan teman ataupun saudara hanya karena merasakan kulit wajah yang kering, kaku ...

Read more..

Nah, sekarang Mama sudah tahu mengenai langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk dapat merawat kulit wajah dan tubuh selama kehamilan dengan aman. Jadi Mama tetap terlihat cantik dan segar.

Happy pregnancy ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bingung Cara merawat Kulit Saat Hamil? Ini 3 Langkah Menjaga Kulit untuk Mama Supaya Tetap Sehat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nur Susianti | @nursusianti