Bosan Tanpa TV dan Gadget? Ini Dia 10 Aktivitas Anak Alternatif yang Seru dan Pasti Akan Membuatnya Tetap Sibuk!

Bosan Tanpa TV dan Gadget? Ini Dia 10 Aktivitas Anak Alternatif yang Seru dan Pasti Akan Membuatnya Tetap Sibuk!

1.4K
Beberapa aktivitas anak tanpa TV dan gadget ini barangkali bisa jadi ide untuk membuat anak tetap sibuk, sementara Mama menyelesaikan berbagai tugas rumah tangga. Rumah beres, anak pun senang!

Kita ini mama 'modern' yang sibuk, ya nggak Ma? Dalam satu hari ada banyak banget yang harus kita kerjakan. Kayaknya 24 jam dalam sehari itu kurang. Untungnya sudah banyak alat-alat elektronik yang bisa membantu mempercepat pekerjaan dan memungkinkan kita menerapkan sistem multi-tasking.

Saat mesin cuci berputar mencuci pakaian kotor, kita masih bisa menyapu dan mengepel. Saat microwave menghangatkan makanan untuk sarapan, kita masih bisa menyiapkan roti untuk bekal sekolah si kecil.

Tidak cukup sampai di sana, biarpun kita ibu-ibu, tapi tentu saja kita juga harus tahu berbagai informasi terkini. Maka sambil melakukan begitu banyak pekerjaan, kita pun menelusuri timeline Twitter, feed Facebook atau Instagram, dan membaca artikel-artikel parenting di Rocking Mama. Ahaaay!

Tidak jarang terjadi saat kita sedang di tengah mengerjakan suatu pekerjaan, tiba-tiba anak kita juga menuntut perhatian lebih. Kalau sudah begini kita berada dalam posisi serba salah kan, Ma? Meninggalkan pekerjaan ya, nanggung, tapi mengabaikan anak juga nggak bisa.


BACA JUGA


Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

Mendidik anak agar tak ketagihan gadget harus dilakukan secara simultan. Apalagi bagi anak-anak yang memang sudah terlanjur terpapar gadget ...

Read more..


Pada akhirnya kita hanya akan mengandalkan TV, bahkan gadget sebagai penyelamat, karena kita tahu bahwa 2 hal tersebut tidak pernah gagal mendistraksi perhatiannya sementara.

Padahal kita tahu, dari banyak artikel berdasarkan penelitian para experts yang mengatakan, bahwa paparan televisi dan gadgets yang berlebih itu bisa menyebabkan lemahnya konsentrasi, lambannya proses belajar anak, terganggunya perkembangan motoris anak dan ketidakmampuan anak untuk bersosialisasi dalam lingkungannya.

Jadi, mau tidak mau, kita harus kreatif mencari alternatif aktivitas anak yang screen-free sebagai penggantinya.

Well, no worries! Seperti biasa, kita, para Rocking Mama ini, selalu punya cara untuk mengatasi segala sesuatu.


BACA JUGA


Kehabisan Ide Main? Ini Dia 10++ Aktivitas Seru untuk Anak Usia 0 - 2 Tahun ala Buku Pojok Bermain Anak

Kehabisan Ide Main? Ini Dia 10++ Aktivitas Seru untuk Anak Usia 0 - 2 Tahun ala Buku Pojok Bermain Anak

Anak yang berusia 0 - 2 tahun memang menghabiskan lebih banyak waktunya bersama mamanya di rumah. Maka, agar ia nggak menjadi bosan, kita ...

Read more..


Berikut ini ada beberapa ide aktivitas anak yang mungkin bisa Mama kembangkan lagi.



1. Play bubble

1. Play Bubble -


Coba ingat-ingat lagi bagaimana perasaan Mama sewaktu kecil saat membentuk balon-balon dari busa sabun. Senang ya? Apalagi saat kemudian balon-balon tersebut beterbangan di udara. 

Woohoo! 

Iya, aktivitas anak yang satu ini nih, Ma, selalu menyenangkan bagi anak kecil. Pasti termasuk si kecil juga. Mama bisa membuat cairan sabun sendiri dengan menggunakan sabun cair atau sampo. Alat peniupnya bisa Mama temukan di toko-toko mainan atau membelinya secara online.

Biarkan anak-anak ke halaman, dan bermain sepuasnya di sana.

(Soalnya kalau mainnya di dalam, apa kabar lantai yang baru saja Mama pel kan?)



2. Mewarnai gambar

2. Mewarnai Gambar -


Yes. Ini juga merupakan aktivitas anak favorit nih.

Hanya dengan bermodalkan crayon dan lembar mewarnai yang bisa Mama unduh dari internet lalu di-print, Mama telah bisa membuat anak Mama sibuk, setidaknya selama 15 menit. 

Cukup tuh untuk menurunkan pakaian dari jemuran.



3. Play dough

3. Play Dough -


Biarkan anak Mama berkreasi dengan menciptakan bentuk-bentuk sesuai imajinasinya. 

Atau, sediakan berbagai macam cetakan kue dengan bentuk yang lucu, agar mereka bisa mencetak lempengan play dough mereka. 

Kalau Mama tipe ibu yang crafty dan senang DIY-thingy, Mama bisa membuat play dough sendiri dari bahan-bahan rumahan. Mama bisa menemukan banyak sekali tutorialnya di Youtube. Gunakan saja keyword "DIY play dough" untuk mencarinya, dan Mama tinggal memilih mau tutorial yang mana.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bosan Tanpa TV dan Gadget? Ini Dia 10 Aktivitas Anak Alternatif yang Seru dan Pasti Akan Membuatnya Tetap Sibuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Oktarina Prasetyowati | @oktarinaprasetyowati

Seorang perempuan, seorang ibu, seorang pengajar yang terus belajar, penggemar boots & sneakers, senang menulis dan senang menggambar. Berminat dengan isu gender, pun feminist parenting.

Silahkan login untuk memberi komentar