Botol Plastik Ternyata Bisa Menjadi 7 Barang Cantik nan Fungsional Ini Lho! Coba Yuk, Ma!

Botol Plastik Ternyata Bisa Menjadi 7 Barang Cantik nan Fungsional Ini Lho! Coba Yuk, Ma!

6.1K
Punya banyak botol plastik, Ma? Memanfaatkan barang bekas jadi barang dengan nilai guna baru ternyata simpel, Ma.

Mumpung masih hangat memperingati Hari Bumi nih, Ma! Di rumah banyak botol plastik terbuang, Ma? Tempat sampah rumah selalu penuh setiap harinya?

Wajar banget Ma, memang sampah rumah tangga termasuk sampah terbanyak yang ada di Tempat Pembuangan Sampah (selain sampah dari pabrik), khususnya sampah plastik.

Sampah plastik terbanyak dihasilkan dari kantong plastik dan botol minum plastik. Jika dibuang, butuh waktu lama untuk sampah plastik tersebut terurai. So, di samping Mama memang harus diet kantong plastik dan membiasakan anak dan Papa bawa botol minum sendiri, Mama bisa manfaatkan botol minum plastik yang ada di rumah menjadi barang yang memiliki nilai guna baru.



Yah, walaupun Mama bisa beli sendiri barang baru yang lebih bagus dan mahal, tapi 3 tips ini patut dicoba deh.

Berikut 3 barang hasil pemanfaatan botol minum plastik yang bisa Mama manfaatkan!


1. Wadah permen

Nyam nyam nyam...

Ngunyah permen memang nggak berasa yah. Kesukaan si kecil yang mana nih, Ma? Permen susu atau permen mint?

Pernah kerepotan menaruh permen kesukaan si kecil? Ditaruh di stoples kaca, rentan pecah. Ditaruh di tupperware? Ribet buka tutupnya. Well, ada solusi dari Rocking Mama! Di tas si sulung ada botol minum plastik karena tadi ia lupa bawa tumbler? Bisa Mama manfaatkan utuk tempat permen, nih.

Ajak si kecil untuk siapkan cat air dan cutter dulu, ya! Caranya, potong botol minum plastik menjadi dua bagian dan bagian bawahnya yang akan digunakan.

Potong bagian kecil berbentuk persegi, warnai botol minum plastik menggunakan cat. Tambahin hiasan lain seperti kertas krep dan manik-manik. Taruh permen di dalam bagian botol yang telah dihias. Tadaaaah! Jadi deh, wadah permen yang eye-catching!


2. Tempat alat tulis

Untuk memudahkan si kecil menata dan mengambil alat tulisnya di meja belajar rumah, manfaatkan saja botol minum plastik yang sudah nggak terpakai, Ma!

Cara membuatnya kurang lebih sama dengan poin sebelumnya. Potong botol plastik menjadi 3/4 bagian, sehingga badan botol sedikit lebih tinggi. Hias botol dengan warna menarik dan karakter yang anak Mama suka.

Oh iya, Ma, lapisi bagian atas botol yang telah dipotong dengan selotip ya, agar menutupi bagian botol yang kasar.


3. Tempat menyimpan bahan makanan


Kalau tadi bagian bawah botol yang dimanfaatkan, kali ini bagian atasnya! Belum dibuang kan, Ma?

Masih bisa digunakan juga nih untuk penutup wadah yang dilapisi plastik. Sediakan plastik bening ukuran 1 kilo, masukkan plastik ke mulut botol, lipat plastik menutupi bagian mulut botol. Isi plastik dengan beras, lalu pasang kembali tutup botolnya.

Cara ini akan memudahkan Mama menuang beras sesuai takaran dan penyimpanannya pun lebih simpel. Selain beras Mama bisa sesuaikan dengan bahan dapur yang sering Mama gunakan seperti kacang mentah atau ketumbar.


BACA JUGA


Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

Bagi sebagian besar Mama, mengoleksi piranti rumah tangga itu hal yang wajib dilakukan. Bener nggak, Ma? Setiap ada diskon di toko, pasti ...

Read more..


4. Membuat Celengan


Mama sedang getol mengajari manfaat menabung pada si kecil? Celengannya sudah punya belum?

Kalau belum ada celengannya, Mama bisa membuat sendiri dari botol plastik nih. Kayaknya dari gambar di atas sudah jelas tuh, Ma, cara membuatnya ya. Mama tinggal siapkan cat warna warni yang menarik deh.

Ah, si kecil pasti bakalan sayang banget tuh sama celengannya.


5. Vas bunga


Siapa yang nggak suka kalau rumah jadi cantik karena ada vas-vas bunga cantik seperti ini, Ma?

Cakep banget ya? Yang Mama perlukan lagi-lagi hanyalah beberapa botol plastik bekas, cat warna warni, kertas warna warni, dan sedikit kreativitas. Dan ... voila!


6. Tempat aksesoris

Sering kehilangan cincin, anting-anting, bros dan aksesoris-aksesoris kecil lainnya, Ma?

Kalau ada wadah praktisnya kayak gini, pasti Mama nggak akan kehilangan-kehilangan lagi deh. Cantik kan? Nggak cuma fungsional aja deh.


7. Tempat koin

Wah! Siapa sangka tempat koin cantik ini juga terbuat dari botol plastik bekas? Kan so girly ya!

Kalau tempat koin ini, yang dipakai adalah bagian bawah botolnya, Ma. Lalu sediakan ritsleting yang bisa Mama beli di toko alat-alat jahit. Pasangkan dengan lem, and ... jadi deh! Terus, tinggal dihias.



Coba kalau Mama ada waktu luang, selain nonton film keluarga atau sekadar jalan-jalan ke tempat rekreasi, isi waktu dengan membuat prakarya dari sampah botol plastik begini, Ma. Nggak perlu beli-beli lagi untuk hiasannya, Mama bisa memanfaatkan kacang hijau sebagai pengganti manik-manik yang bisa dilapisi cat air warna-warni.

Bukan cuma Mama yang dengan gampang bisa buat ini, si kecil pun bisa ikutan! Dalam waktu 30 menit Mama sudah bisa bikin 7 'barang baru' yang tadi Rocking Mama rekomendasikan.

Selamat mencoba, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Botol Plastik Ternyata Bisa Menjadi 7 Barang Cantik nan Fungsional Ini Lho! Coba Yuk, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar