Bulan Ramadhan dan 7 Kegiatan Positif yang Dapat Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Bulan Ramadhan dan 7 Kegiatan Positif yang Dapat Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

867
Ramadhan juga harus bermakna buat si kecil. Ajak ia melakukan berbagai kegiatan positif ini agar Ramadhan tak hanya berlalu begitu saja untuknya.

Hai Mama, sebagai orang tua terkadang kita suka bingung ya, bagaimana mengisi Ramadhan yang berkualitas untuk si kecil? Kegiatan seperti apa, yang cocok untuk anak-anak. agar Ramadhan berlalu begitu saja tanpa kesan selain hanya menahan lapar dan haus?

Tahukah Mama, bahwa ada banyak kegiatan bulan Ramadhan yang bisa kita jadikan sebagai media belajar untuk pengembangan karakter si kecil.


BACA JUGA


Ramadhan Dulu dan Sekarang, Ini Dia 7 Kebiasaan Baru Para Keluarga Millenial di Era Teknologi!

Ramadhan Dulu dan Sekarang, Ini Dia 7 Kebiasaan Baru Para Keluarga Millenial di Era Teknologi!

Ramadhan dulu dan sekarang, ada yang tetap. Namun, yang berubah juga banyak. Apa saja yang berubah dengan kebiasaan-kebiasaan keluarga ...

Read more..


Mau tahu apa saja? Cekidot ya, Ma.


7 Kegiatan Positif Di Bulan Ramadhan yang Dapat Menjadi Media untuk Membentuk Karakter Anak Sejak Dini


1. Membantu persiapan sahur atau berbuka puasa


Di bulan Ramadhan selalu ada kegiatan sahur dan berbuka puasa bersama pastinya kan, ya. Kegiatan ini bisa kita manfaatkan lho.

Ajak anak membantu untuk memasak, menyiapkan sahur dan saat berbuka puasa bersama, baik itu membantu kita dengan membawakan makanan, membawakan alat makan, mengambilkan bahan makanan untuk dimasak, dan lain-lain.

Kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat mengenalkan anak dengan proses pembuatan makanan, menambah pengetahuan pada anak, mengenalkan anak pada pekerjaan rumah tangga.

Setuju kan, kalau pekerjaan rumah tangga bukan hanya untuk anak perempuan, anak laki-laki pun perlu dikenalkan sedari usia dini, agar anak belajar menghargai sebuah proses dan juga melatih kemandiriannya.

Selain itu, si kecil juga sekalian dapat dikenalkan dengan berbagai macam bahan masakan, seperti macam-macam sayuran dan bumbu dapur.

Kegiatan sahur selama bulan Ramadhan juga dapat pula membentuk pembiasaan yang baik pada si kecil, seperti terbiasa untuk bangun dan beribadah subuh.


2. Berbagi


Bulan Ramadhan penuh berkah bisa menjadi kesempatan untuk berbagi kasih melebihi bulan-bulan yang lainnya. Salah satunya bisa dengan membagikan makanan kepada para tetangga.

Momen ini bisa juga kita gunakan untuk mengenalkan kepada anak bahwa berbagi itu indah. So, ajak mereka saat Mama mengantarkan makanan ke rumah tetangga ya.

Kegiatan ini mengajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain, belajar menjadi tetangga yang baik dan menyayangi orang lain


3. Salat tarawih di masjid


Jangan lupa untuk ajak si kecil ikut salat tarawih di masjid ya.

Pastinya hal ini bertujuan untuk mengenalkan anak pada masjid, dan membiasakan anak agar terbiasa salat ke masjid. Terutama untuk anak laki-laki, karena dalam agama Islam, laki-laki lebih ditekankan salat ke masjid sebagai salah satu cara untuk memakmurkan masjid.


BACA JUGA


Ngabuburit dengan 4 Aktivitas Bersama Anak Ini Bikin Puasa Makin Bermakna

Ngabuburit dengan 4 Aktivitas Bersama Anak Ini Bikin Puasa Makin Bermakna

Sering kehabisan ide ngabuburit, Ma? Barangkali 4 aktivitas ini bisa Mama lakukan untuk ngabuburit

Read more..


4. Membagikan makanan buka puasa


Selama bulan Ramadhan, suka ada kita lihat makanan buka puasa dibagikan di mana-mana, baik itu di masjid maupun di jalan raya.

Mama pun bisa ikut membuat makanan buka puasa seperti ini, dan membagikannya pula pada orang lain. Jangan lupa ajak si kecil ikut dalam kegiatan ini.

Hal ini bisa memberikan sensasi yang berbeda dalam hati anak, Ma. Ia akan ceria dan ikut bahagia ketika dapat membahagiakan orang lain.

Inilah sifat fitrah anak yang perlu kita jaga dan kita rangsang, agar terbentuk pribadi menyayangi orang lain hingga ia tumbuh dewasa nanti.

“Salah satu bentuk kebahagiaan adalah ketika kita bisa berbagi kebahagian pula dengan orang lain.”


5. Membuat celengan Ramadhan


Kegiatan membuat celengan ini salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak pada umumnya.

Nah, selama bulan suci ini, kita bisa lho ajak si kecil membuat celengan Ramadhan dari berbahan dasar dus, atau kaleng susu. Minta si kecil untuk menghias celengannya sendiri dari kertas warna-warni, biji-bijian seperti biji semangka, biji asem, atau bisa juga menggunakan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah dan bahan daur ulang lain yang bisa kita kombinasikan.

Yuk, kita ajak anak belajar menyisihkan uang jajannya setiap hari, lalu ditabung dalam celengan yang dibuatnya sendiri. Jelaskan pada si kecil, nanti hasil tabungannya akan kita bagikan pada orang yang kurang mampu dan membutuhkan.

Kegiatan ini memiliki banyak manfaat pada si kecil, seperti melatih motorik halus, mengembangkan daya kreativitas, sekaligus mengajarkan anak untuk berempati dengan cara menyenangkan.


6. Berbuka puasa dengan anak yatim atau di panti jompo


Jika kita ada rezeki berlebih, kenapa tidak kita gunakan untuk mengajak anak berbuka puasa bersama anak yatim atau di panti jompo di bulan Ramadhan ini?

Kita bisa lho merangsang empati anak dengan mengenalkannya kepada anak-anak tanpa orang tua atau kepada kakek-kakek dan nenek-nenek di panti jompo.

Dengan begini, kelak anak akan memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap orang lain.


7. Pesantren kilat


Jika kita memiliki anak-anak yang berusia 7 tahun ke atas, kita bisa mengajaknya untuk mengikuti kegiatan pesantren kilat yang bersifat formal di sekolahnya, atau yang di dekat rumah, sehingga si kecil bisa belajar agama dan bersosialisasi dengan orang lain untuk mengisi bulan Ramadhan.

Jika anak kita berusia prasekolah, bisa diikutkan dalam pesantren kilat yang nonformal, tidak akademis dan dengan metode bermain, agar ia bisa bereksplorasi sebebas-sebebasnya.


BACA JUGA



Nah, Mama, Papa, kegiatan-kegiatan Ramadhan di atas cukup sederhana kan? Pasti bisalah dilakukan oleh si kecil. Meski sederhana, namun kegiatan-kegiatan tersebut mengandung banyak manfaat dan nilai positifnya.

Lalu karakter seperti apa yang akhirnya terbentuk pada si kecil karena melakukan kegiatan-kegiatan seperti di atas?

Yes, so kita bisa menjadikan kegiatan-kegiatan positif tersebut menjadi agenda rutin di setiap Ramadhan, Ma, Pa. Bahkan bisa terus dikonsistenkan sampai Ramadhan berakhir nantinya. Manfaatnya nanti akan dirasakan seumur hidup untuk anak kita maupun untuk kita sendiri.

Semangat terus menjalani puasa bersama keluarga ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bulan Ramadhan dan 7 Kegiatan Positif yang Dapat Membentuk Karakter Anak Sejak Dini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yeni Sovia | @yenisovia

Bunda Erysha / Penulis / Blogger www.bundaerysha.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar