Bumbu Masak Sulit Ditemukan? Ini Dia 14 Bahan Pengganti Agar Mama Tetap Bisa Masak Sesuai Resep

Bumbu Masak Sulit Ditemukan? Ini Dia 14 Bahan Pengganti Agar Mama Tetap Bisa Masak Sesuai Resep

1.5K
Kadang kalau sudah masak, lalu tiba-tiba bumbu masak ada yang kurang jadi bikin kita bete kan, Ma? Mood masak langsung hilang deh. Well, berikut adalah beberapa bahan pengganti agar meski bumbu masak nggak sesuai dengan resep, rasa masakan Mama tetap enak dan terasa lengkap.

Ketika ingin membuat cake, masakan, dan minuman dengan resep asing, barangkali akan banyak bahan dan bumbu masak yang sulit ditemukan atau nggak pengin digunakan ya, Ma. Yah, misalnya sih karena bahan tersebut dinyatakan haram.

Nah, kalau sudah kepentok begini, dan nggak yakin juga kalau masakan bisa tetep enak kalau bumbu masak berkurang satu jenis, akhirnya kita nggak jadi masak deh.

Well, tak perlu bingung dan terus nggak jadi masak, Ma.


BACA JUGA


Mama Baru Belajar Masak? Tenang! Ini Dia 7 Tips dan Cara Belajar Masak Untuk Pemula!

Mama Baru Belajar Masak? Tenang! Ini Dia 7 Tips dan Cara Belajar Masak Untuk Pemula!

Belajar masak itu yang penting jangan panik, jangan bingung dan nggak takut mencoba. Dan kenali beberapa prinsip memasak. Dengan latihan ...

Read more..


Saya punya daftar beberapa bahan pengganti bahan dan bumbu masak tersebut, agar masakan kita "selamat", tetap enak dan nggak rusak. So, saat Mama menemukan bahan dan bumbu masak tersebut dalam resep, Mama tetap bisa mengeksekusi masakan dan rasanya tetap lezat karena bumbunya lengkap.


Beberapa bahan pengganti bahan dan bumbu masak



1. Ang ciu atau arak masak

Aslinya bumbu masak yang satu ini merupakan fermentasi beras berwarna kemerahan dengan aroma alkohol yang tajam. Rasanya sedikit asam dan manis. Biasanya dipakai untuk memasak seafood atau ayam dalam hidangan khas Tiongkok.

Ang ciu dapat diganti dengan kecap asin yang dicampur dengan air jeruk limau atau lemon hingga agak encer.


2. Mirin atau sake

Bumbu masak ini merupakan hasil fermentasi beras yang berwarna putih bening dikenal dengan nama sake. Yang berwarna agak kuning dan manis disebut mirin.

Bahan ini merupakan bumbu masak wajib dalam makanan Jepang. Namun, bisa juga diganti dengan jus anggur segar yang dicampur dengan air lemon untuk pengganti sake. Beri tambahan gula pasir jika dipakai sebagai pengganti mirin.


3. Rum

Minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu yang merupakan produk sampingan dari industri gula.

Rum hasil distilasi berupa cairan berwarna bening, dan biasanya disimpan untuk "dimatangkan" dalam tong yang dibuat dari kayu ek atau kayu jenis lainnya.

Rum dapat diganti dengan jus anggur, jus nanas, jus apel, atau sirop beraroma ekstrak almond dengan takaran yang sama.



4. Baking powder

Baking powder anyak digunakan dalam pembuatan cake atau kue kering. Jika kebetulan stok baking powder Mama habis, coba ganti dengan mencampurkan 1/4 sdt soda kue dan 1/2 sdt cream of tartar.


5. Self-raising flour

Dalam pembuatan cake dengan resep asing, tepung yang digunakan biasanya adalah self-raising flour.

Namun, tepung ini nggak selalu tersedia di pasar swalayan. Coba ganti saja dengan campuran 250 gr tepung terigu, 1 sdt soda kue, dan 1/2 sdt baking powder. Campuran ini untuk 250 gr self-raising flour.


6. Sour cream

Sour cream atau krim asam terbuat dari kepala susu yang difermentasi. Biasanya digunakan dalam pembuatan saus atau cake. Kalau nggak tersedia, untuk 150 ml sour cream dapat diganti dengan campuran 150 ml susu cair dan 3 sdm cuka.


7. Brown sugar

Brown sugar merupakan bumbu masak yang banyak digunakan untuk membuat cookies dan cake. Kalau nggak tersedia, 150 gr brown sugar dapat diganti dengan campuran 235 gr gula pasir butiran halus dengan 1 sdm molase.

Molase adalah sejenis sirop yang merupakan sisa dari proses pengkristalan gula pasir. Molase tidak dapat dikristalkan karena mengandung glukosa dan fruktosa yang sulit untuk dikristalkan.


8. Grenadine Syrup

Kita akan sering sekali bertemu dengan bahan ini dalam resep minuman barat. Jika sulit ditemukan, ganti grenadine syrup dengan sirop merah biasa dengan perbandingan yang sama.


9. Mascarpone Cheese

Bahan keju ini sering digunakan dalam pembuatan tiramisu. Jika sulit menemukannya, ganti saja dengan campuran cream cheese dan sour cream dengan perbandingan yang sama. Atau dengan 225 gr keju ricotta dengan 240 ml krim segar untuk menggantikan 450 gr keju mascarpone.



10. Brandy

Minumal beralkohol ini punya aroma dan cita rasa buah ceri yang manis. Dapat diganti dengan sirop buah ceri yang kental atau selai ceri yang dilarutkan dengan air hangat.


11. Red Wine

Merupakan hasil fermentasi buah anggur merah warnanya merah keunguan dengan aroma alkohol yang kuat. Bisa diganti dengan jus anggur merah segar atau jus cranberry.


12. White wine

Sama dengan red wine, hanya saja white wine hasil fermentasi dari anggur hijau sehingga warnanya putih kekuningan dengan rasa manis dan beraorma alkohol. Dapat diganti dengan kaldu ayam atau kaldu sayuran, atau dapat juga dengan jus apel segar.



13. Vodka

Minuman beralkohol dengan aroma tajam dan rasa asam yang kuat. Hasil minuman tidak akan jauh berbeda jika diganti dengan jus buah anggur yang dicampur dengan jus jeruk nipis.


14. Bourbon

Minuman beralkohol ini rasa manisnya sangat kuat. Dapat diganti dengan ekstrak vanili atau jus cranberry atau jus anggur.



Nah, nggak bingung lagi kan, Ma? Dengan beberapa bahan dan bumbu masak pengganti di atas, sekarang Mama akan aman bereksperimen, bahkan terhadap resep masakan barat.

Selamat memasak!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bumbu Masak Sulit Ditemukan? Ini Dia 14 Bahan Pengganti Agar Mama Tetap Bisa Masak Sesuai Resep". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Kay N | @karennirwasita

Just me and my world of silence.

Silahkan login untuk memberi komentar