Jadi Ibu Bekerja Itu Sudah Nggak Sempat Ngapa-ngapain! 7 Trik Kecil Ini Bisa Membantu Mama Menghemat Waktu

Jadi Ibu Bekerja Itu Sudah Nggak Sempat Ngapa-ngapain! 7 Trik Kecil Ini Bisa Membantu Mama Menghemat Waktu

1.5K
Jadi ibu bekerja itu berarti harus pintar-pintar mengatur segalanya. Ya waktu, ya uang.

Waktu, kalau seorang ibu bekerja nggak pintar-pintar mengaturnya bisa jadi bakalan kecapekan luar biasa tapi nggak ada hasil apa-apa. Means, masakan gosong, pekerjaan terbengkalai, rumah berantakan, anak-anak telantar dan lain sebagainya.

Apalagi kalau kita juga ngantor setiap hari ya. Harus berpikir cepat dan praktis, supaya semuanya aman terkendali.

So, Rocking Mama punya 7 trik kecil ini yang mungkin bisa juga dilakukan demi kepraktisan hidup seorang ibu bekerja sehari-hari.


BACA JUGA


Agar Ibu Bekerja Bisa Menggunakan Waktu Lebih Efisien, Berikut 4 Cara yang Bisa Dilakukan!

Agar Ibu Bekerja Bisa Menggunakan Waktu Lebih Efisien, Berikut 4 Cara yang Bisa Dilakukan!

Ibu bekerja biasanya merasa satu hari 24 jam masih saja kurang untuk mengurus semuanya. Well, coba terapkan tips ini, yuk

Read more..


7 Trik kecil untuk membantu para ibu bekerja agar menghemat waktu



1. Rencanakan dan siapkan semua yang mau dimasak besok, hari ini.

1. Rencanakan Dan Siapkan Semua Yang Mau Dimasak Besok, Hari Ini. -


Banyak ibu bekerja yang nggak sempat masak. Padahal, ya penginnya sih bisa menyajikan masakan sendiri. Demi pemenuhan gizi keluarga, dan juga untuk kepuasan diri sendiri.

Lalu, gimana nih?

Kalau Mama baru mikirin menu masakan hari ini, pada hari ini, itu terlambat, Ma. Mama harus memikirkan menu masakan hari ini sejak kemarin. Ini berarti bahwa hari ini harusnya Mama mikirin mau masak apa untuk besok. Yep, one day ahead. Kenapa? Karena kita bisa langsung persiapkan sejak hari ini, dan besok tinggal cemplung-cemplung aja.

Misalnya nih, besok mau masak sup ayam. Persiapkan bumbu-bumbunya dari sekarang. Sediakan satu wadah khusus untuk persiapan masak besok, seperti stoples kecil atau box plastik kecil. Masukkan semua bumbu yang diperlukan di dalamnya. Kalau perlu sudah diiris-iris sekalian. Lalu masukkan ke dalam lemari es atau freezer. 

Sup ayam akan lezat kalau kaldunya juga kita bikin sendiri kan? Nah, bikin sekarang. Bikin kaldu ayam kan bisa disambi ya? Mama bisa sambil mengerjakan yang lain, tapi jangan lupa matikan kompor kalau kaldu sudah jadi.

Besok? Tinggal keluarkan semua dari lemari es. Lalu cemplung-cemplung, selesai.

Punya sisa buah, atau buah yang sudah terlalu matang? Jangan dibuang, Ma. Potong-potong kecil, lalu masukkan ke dalam plastik, bisa dijadikan bahan smoothie. Sekalian saja, langsung kantongin per resepnya. 

Punya pisang yang sudah hampir terlalu matang, dan sejempol jahe? Langsung kantongin, bisa buat smoothie pisang jahe. Punya pisang dan jeruk? Kantongin deh, buat smoothie pisang jeruk besok. Ada pisang sisa dan stroberi? Yummm, besok berarti ada smoothie pisang stroberi. 
Jangan pernah membuang buah, Ma. Sebisa mungkin kita olah jadi makanan yang enak, sehingga anak-anak pun suka. Tak hanya smoothie, kita pun bisa membuat muffin, puding isi buah, pie dan lain-lain.

Praktis kan?



2. Persiapkan kebutuhan anak-anak dalam tempat khusus

2. Persiapkan Kebutuhan Anak-anak Dalam Tempat Khusus -


Seorang ibu bekerja biasanya juga harus mulai mengajarkan kemandirian pada anaknya sedini mungkin.

Salah satu anak saya suka banget minum teh, cokelat, dan susu. Ketimbang saya heboh membuatkan, mending saya ajarkan sekalian membuat minuman-minuman itu sendiri. 

Saya sediakan stoples-stoples kecil berisi teh, cokelat, susu, gula, dalam wadah sendiri-sendiri. Letakkan di tempat aman yang bisa dijangkaunya. Saat dia lagi kepengin, dia akan membuat minumannya sendiri. 

Yang harus kita bantu paling adalah kalau harus menuang air panas ya. Tapi dengan sedikit latihan, dia akhirnya bisa mengambil air panas dengan hati-hati dari dispenser.

Namun, jangan kaget ya, kalau menemukan gula atau cokelat berceceran di sekitar stoples-stoples itu, Ma. Kita bersihkan saja sebentar setiap hari.

Nah, jadi berkurang deh, kerjaan saya membuatkannya minum. Sekarang dia malah juga suka membuatkan saya minuman teh hangat di sore hari. Asyik!



3. Selalu sedia piring makan kertas, sendok plastik, dan tisu makan

3. Selalu Sedia Piring Makan Kertas, Sendok Plastik, Dan Tisu Makan -


Punya balita itu asyik-asyik menyeramkan. Hahaha. Setuju nggak, Ma?

Apalagi kalau kita lagi training mereka makan sendiri dari piringnya. Kalau nggak kita khawatir pecah, ya kadang ibu bekerja itu paling malas buat cuci-cuci barang kotor. Hahaha. Semoga nggak saya aja nih ya.

Well, iya sih, kita bisa sedia piring plastik atau bahan lain yang nggak mudah pecah. Sekarang banyak kan ya, dijual?

Tapi, meski kita juga punya piring plastik, ada baiknya kita juga menyediakan piring kertas. Asal makanannya nggak terlalu panas, kita bisa menggunakan piring kertas untuk menyajikan makanan mereka. 

Alasannya cuma satu, Ma. Kadang kita nggak sempat nyuci piring, apalagi para ibu bekerja yang nggak punya ART nih, acara cuci piring kadang juga penuh drama. Lagi nyuci, tiba-tiba si balita rewel minta gendong, atau barusan beres nyuci dia minta makan lagi. 

Duh, kerjaan kayak nggak selesai-selesai ya?

Makanya, piring plastik dan piring kertas kita harus punya, Ma, agar bisa kita pakai di mana perlu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jadi Ibu Bekerja Itu Sudah Nggak Sempat Ngapa-ngapain! 7 Trik Kecil Ini Bisa Membantu Mama Menghemat Waktu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar