Cara Belajar Zaman Now Tak Cuma di Meja Belajar Atau di Sekolah, Ajak Anak Bereksplorasi dengan 3 Sumber Belajar Alternatif Ini Yuk!

Cara Belajar Zaman Now Tak Cuma di Meja Belajar Atau di Sekolah, Ajak Anak Bereksplorasi dengan 3 Sumber Belajar Alternatif Ini Yuk!

286
Jangan biarkan anak bosan, karena cara belajar yang terkungkung dinding itu sungguh menjemukan!

Mama, tahukah jika salah satu sifat sejati manusia adalah pembelajar? Manusia mulai belajar sejak ia lahir ke dunia, sejak ia bisa membuka mata. Bahkan anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang besar jika menemui sesuatu yang baru. Salah satu sifat dasar manusia inilah yang menjadikan kita selalu berkembang.

Dari tahun ke tahun, evolusi cara belajar pun kian marak, ditambah dengan perkembangan dunia yang sedang berlari maju dengan sangat pesat. Ya, dalam hal apa pun manusia juga memiliki berbagai cara belajar.

Dewasa ini cara belajar yang umumnya digunakan adalah dengan memasukkan anak ke institusi pendidikan seperti sekolah. Jika pada zaman dulu manusia belajar dari alam dan lingkungan sekitar, maka sekarang sebagai bagian dari sebuah masyarakat kita seakan diwajibkan untuk mengenyam pendidikan lewat bangku sekolah.

Selain untuk mendapatkan pengetahuan, institusi pendidikan juga membantu untuk mendapatkan status dan pengakuan secara sosial.

Cara belajar dalam sebuah institusi memang memiliki dampak yang sangat signifikan khususnya bagi perkembangan anak dalam memahami materi pelajaran.

Namun ada kalanya anak merasa bahwa ia bosan. Cara belajar yang umum sekarang mengharuskan anak berada dalam ruangan yang sempit dan hanya dibatasi oleh tembok terkadang menjadi hal yang menjemukan. Orang dewasa saja terkadang juga bisa merasakan penat dengan rutinitas, bagaimana dengan anak-anak?


BACA JUGA


4 Cara Agar Anak Belajar Tanpa Rasa Cemas dalam Menghadapi Ulangan

4 Cara Agar Anak Belajar Tanpa Rasa Cemas dalam Menghadapi Ulangan

Anak belajar untuk ulangan kadang diiringi rasa cemas dan tekanan. Hindari hal tersebut dengan memperbaiki cara anak belajar

Read more..


Nah, jika anak sudah memberi tanda bahwa ia mulai bosan dengan cara belajar yang biasa dilakukannya, yuk, Ma, ajak anak-anak untuk mencoba belajar dari berbagai sumber yang mungkin lebih menyenangkan.



Belajar dengan alam

Belajar Dengan Alam -


Kini mulai menjamur sekolah yang memiliki konsep belajar dengan alam. Namun Mama tak perlu buru-buru dengan memasukkan anak ke sekolah-sekolah seperti itu. Cara termudah adalah dengan mengajak mereka ke kebun binatang atau kembali ke desa. Tentu tak hanya sekadar untuk berwisata, namun untuk bisa memberikan pemahaman yang sesuai dan berbeda dengan cara belajar yang biasa mereka lakukan. 

Misalnya, jika orang tua mengajak anak ke Taman Safari, ajak mereka untuk lebih mengenal hewan-hewan dari berbagai tempat yang ada di sana, Ma. 

Jadi ketika mereka melihat suatu objek, biarkan mereka mengaitkan hal tersebut dengan pelajaran di sekolah. Biarkan anak mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekitar mereka. 



Belajar ke museum atau tempat bersejarah

Belajar Ke Museum Atau Tempat Bersejarah -


Museum menjadi salah satu tempat yang pas untuk cara belajar tanpa harus terkungkung dinding sekolah. Dengan berkunjung ke museum atau objek wisata sejarah, anak diajak untuk melihat dan mengamati proses sejarah yang ada secara langsung. 

Mengelilingi museum juga terasa lebih menyenangkan bagi anak, apalagi jika mereka merupakan tipe anak yang aktif.

Biasanya beberapa sekolah memiliki agenda tahunan untuk berkunjung ke museum. Nah, jika sekolah anak memiliki agenda tahunan seperti ini, Mama tak perlu risau. Mama bisa ajak sendiri anak-anak untuk berkunjung ke museum-museum yang ada di kota Mama.

Kalau sekolah anak terletak jauh dari berbagai museum atau objek wisata sejarah lainnya, Mama juga masih bisa mengenalkannya ketika liburan.


BACA JUGA


5 Cara Jitu Ini Bisa Membuat Anak Suka Belajar Lho!

5 Cara Jitu Ini Bisa Membuat Anak Suka Belajar Lho!

Tahun ajaran baru benar-benar sudah dimulai minggu ini. How did it go so far, Mama? Apakah si kecil sudah langsung bisa menikmati kegiatan ...

Read more..



Belajar dengan teknologi

Belajar Dengan Teknologi -


Semakin bertambahnya usia, teknologi juga semakin berkembang. Tak ayal teknologi kini mulai merambah seluruh lapisan masyarakat. Orang-orang yang dahulu terlihat awam dan tak peduli dengan teknologi, kini harus mencoba beradaptasi agar tak tertinggal dengan perkembangan zaman.

Dunia pendidikan juga semakin berbenah. Jika kita dulu buku merupakan satu-satunya cara belajar, sehingga kita harus mencari toko buku atau perpustakaan sebagai sumber belajar, kini kita memiliki media yang bisa menjangkau semua kasta. 

Yak, internet telah menjadi media yang memudahkan manusia dalam memperoleh informasi secara cepat, termasuk sebagai cara belajar yang cukup efektif bagi anak.

Nah, agar Mama tak perlu cemas mereka menyalahgunakannya, coba yuk, Mama arahkan anak untuk menggunakan teknologi sebagaimana mestinya. 

Dalam hal ini mama bisa mengajarkan anak untuk membuka berbagai situs pembelajaran. Sebut saja Wikipedia atau Google Scholar. Di lain pihak, situs lokal pun juga semakin berkembang, yang memungkinkan anak bisa belajar tentang banyak hal dan mengasah pengetahuan mereka lewat latihan soal.


BACA JUGA


Auditori, Visual atau Kinestetik? Ini Dia Cara Mudah Kenali Gaya Belajar Anak

Auditori, Visual atau Kinestetik? Ini Dia Cara Mudah Kenali Gaya Belajar Anak

Educators must work toward developing the talent in each and every child. ~ Mary Cay Ricci

Read more..


Nah, gimana, Ma? Benar kan, cara belajar itu nggak harus ada di meja belajar di rumah atau di kelas? Biarkan anak-anak mengeksplorasi diri dan lingkungan secara aktif. Siapa tahu, mereka malah bisa lebih banyak mengambil pelajaran saat mereka berinteraksi langsung dengan lingkungannya.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cara Belajar Zaman Now Tak Cuma di Meja Belajar Atau di Sekolah, Ajak Anak Bereksplorasi dengan 3 Sumber Belajar Alternatif Ini Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rosiana Kusuma | @rosianahwk161

Silahkan login untuk memberi komentar