Cara Mencuci Baju Seperti Ini Akan Membuat Bahan Baju Kesayangan Mama Lebih Awet

Cara Mencuci Baju Seperti Ini Akan Membuat Bahan Baju Kesayangan Mama Lebih Awet

2.9K
Mencuci baju kesayangan jangan sembarangan, Ma. Bisa-bisa sudah rusak sebelum Mama puas memakainya.

Cara mencuci baju sebaiknya memang disesuaikan dengan jenis bahan baju yang dipakai. Mau bahan baju kesayangan Mama lebih awet? Ikuti beberapa tips mencuci baju berikut ini.


BACA JUGA


Begini Cara yang Benar dan Praktis Merawat Baju Sutra

Begini Cara yang Benar dan Praktis Merawat Baju Sutra

Merawat baju sendiri itu nggak merepotkan sama sekali kok

Read more..


Cara mencuci baju yang tepat sesuai jenis bahan yang dipakai

1. Satin


Bahan satin adalah bahan yang lembut, seperti halnya sifon. Hanya saja satin lebih mengilap, halus, dan memantulkan cahaya.

Sebaiknya Mama mencuci baju berbahan satin dengan menggunakan air dingin dan detergen yang lembut. Jangan memerasnya saat Mama mencuci baju berbahan satin ini, karena bisa membuat serat-serat halus yang dimilikinya rusak.

Sebelum dicuci, rendam dulu selama 5 menit untuk membantu detergen bekerja secara maksimal saat menghilangkan noda.

Setelah selesai proses mencuci baju, bilaslah 3-4 kali untuk menghilangkan sisa-sisa detergen. Jemur kemeja atau dress satin untuk mengeringkannya.


2. Katun


Mencuci baju dengan bahan katun itu nggak sulit, karena katun merupakan bahan yang kuat dan awet apalagi kalau dirawat dengan benar.

Sebelum mencuci baju berbahan katun, sebaiknya perhatikan dengan teliti noda yang menempel pada bahan katun tersebut.

Cara terbaik untuk menghilangkan noda adalah dengan menggunakan pembersih khusus noda pakaian. Biasanya pembersih ini menyediakan aplikator berujung kecil untuk membersihkan noda di bagian yang sulit.

Cara mencuci baju ini cukup efektif untuk menghilangkan noda yang nggak bisa dihapus dengan cara pencucian normal.

Selain mencuci baju berbahan katun dengan tangan, Mama juga bisa menggunakan sikat bulu lembut untuk membersihkan area yang kadang ditempeli bulu halus. Ini sering terjadi pada bahan katun berwarna gelap ya, Ma.

Untuk mencuci baju berbahan katun warna putih atau terang, gunakanlah air hangat, Ma. Sedangkan untuk mencuci baju berbahan katun yang lebih gelap, selalu pilih air dingin karena air panas bisa menyebabkan warna katun memudar.


BACA JUGA


Tip Mudah Merawat Sepatu Boots Agar Lebih Awet

Tip Mudah Merawat Sepatu Boots Agar Lebih Awet

Supaya tampilannya tetap maksimal, kita harus merawat sepatu boots kita secara berkala

Read more..


3. Beledu


Bahan beledu tergolong bahan pakaian mewah dan merupakan bahan yang memiliki daya pikat tersendiri.

Dengan kondisi bahan yang sangat lembut dan berbulu halus, cara mencuci baju dengan bahan beledu yang paling tepat adalah dengan menggunakan sikat yang bersabut ekstra halus untuk membersihkan debu yang menempel.

Menyikatnya harus searah dan pelan-pelan ya, Ma, supaya serat kain beledunya nggak rusak.

Untuk mencuci baju berbahan beledu ini, Mama cukup merendamnya dengan detergen yang berkonsentrat halus, akan lebih baik lagi jika Mama juga tambahkan pelembut kain. Misalnya seperti Downy ini, Ma.

Apalagi nih, dari merek pelembut kain terkemuka di dunia, DOWNY memperkenalkan varian terbarunya DOWNY DARING dari Parfum CollectionTM. Inovasi baru ini memiliki intensitas tertinggi dari minyak parfum premium dan teknologi terbaik DOWNY Dual-Perfume Capsules. Formula terbaru ini meningkatkan karakter aroma dan masa ketahanan wewangian* untuk memastikan kesegaran tahan lama yang terlepas perlahan melalui gesekan.

So, bahan baju kesayangan Mama akan selalu wangi, selain lebih lembut.

Rendam baju selama 3 menit, lalu gosok perlahan dan saksama. Setelah itu bilas bersih tanpa diperas. Jemur baju berbahan beledu dengan cara dibalik, tanpa terkena sinar matahari langsung.


4. Brokat


Bahan kain ini sering digunakan untuk kebaya tradisional ya, Ma. Untuk mencuci baju berbahan brokat, Mama harus mencucinya dengan tangan, Ma. Jangan menggunakan pemutih.

Rendam baju brokat Mama selama 8-10 menit, jangan digosok atau diucek ya. Sebagian orang menggunakan sampo untuk mencuci baju berbahan brokat ini, karena sampo punya sifat lebih lembut daripada detergen.

Namun, jika Mama masih khawatir baju brokat Mama akan rusak jika Mama mencuci baju sendiri, maka lebih baik Mama minta bantuan jasa binatu.


BACA JUGA


Mama Super Kreatif Ini Mendaur Ulang Baju Bekas Suaminya Menjadi Dress Cantik untuk Putrinya! Mau Sontek, Ma?

Mama Super Kreatif Ini Mendaur Ulang Baju Bekas Suaminya Menjadi Dress Cantik untuk Putrinya! Mau Sontek, Ma?

Banyak baju bekas Papa yang sudah tidak terpakai? Jangan dibuang! Yuk, kita daur ulang

Read more..


Nah, Mama. Merawat dan mencuci baju kesayangan dengan bahan kain yang berbeda karakter ini memang sedikit repot ya. Tapi, kalau bajunya bisa awet, tampak baru terus, warnanya tetap solid, pun wangi, pasti Mama juga tambah suka mengenakannya kan? Bikin makin pede!

Selamat mencuci baju, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cara Mencuci Baju Seperti Ini Akan Membuat Bahan Baju Kesayangan Mama Lebih Awet". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar