Yang Perlu Mama Tahu Tentang Asam Folat yang Bisa Mencerdaskan Bayi Sejak dalam Kandungan

Yang Perlu Mama Tahu Tentang Asam Folat yang Bisa Mencerdaskan Bayi Sejak dalam Kandungan

2.3K
Begitu Mama hamil, Mama pasti berkenalan dengan nutrisi yang disebut asam folat. Apa sih manfaat asam folat? Benarkah asam folat bisa bikin anak kita pinter?

Orangtua mana sih, Ma, yang nggak ingin memiliki anak yang cerdas? Dan, konon katanya, asam folat menjadi salah satu nutrisi yang bikin anak kita cerdas.

Yah, memang akan jadi kebahagiaan tersendiri ya, melihat anak-anak kita tumbuh sempurna terutama dengan kecerdasan yang dimilikinya. Senang rasanya melihat si kecil berbicara dengan lancar, bernyanyi-nyanyi, atau menari dengan gemulai.

Memiliki anak yang cerdas ternyata bukan sekadar harapan kosong, Mama. Itu bisa banget kita usahakan. Dan, anak yang cerdas bisa direncanakan sejak masih menjadi janin dalam kandungan calon mama.



Wah, bagaimana caranya?


BACA JUGA


Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

Nutrisi ibu hamil ada 2; nutrisi ibu hamil secara fisik, dan nutrisi jiwa. Penuhi keduanya untuk masa kehamilan yang sehat dan bahagia

Read more..


Apa saja nih, yang diperlukan dalam perkembangan otak janin?

Well, tentu Mama sudah tahu, bahwa jaringan otak bayi sudah tumbuh sejak berupa janin. Pertumbuhan otak pada janin terjadi secara profilerasi, yaitu saat sel membelah dengan pesatnya sehingga jumlah sel bertambah. Dan, jika diberi rangsangan sejak dini, pembentukan sinaps (percabangan sel saraf) akan sempurna.

Nah, berkaitan dengan perkembangan otak janin ini, nutrisi sangat diperlukan dalam kehamilan Mama.

Salah satu nutrisi yang diperlukan dalam perkembangan otak janin Mama adalah asam folat yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol, brokoli, sedangkan pada buah-buahan terdapat pada jeruk, pisang, wortel dan tomat.


Infographics by RedCarra


Mengapa asam folat?

Asam folat tergolong jenis vitamin B yang merupakan kunci perkembangan dan metabolisme sel. Asam folat larut dalam air dan cepat rusak bila terkena panas. Asam folat terjadi secara alami dalam makanan.

Asam folat memiliki banyak manfaat untuk calon mama dan bayinya. Karena asam folat dapat membantu pertumbuhan otak bayi, dan mengurangi risiko terjadinya Neural Tube Defects (NTD) pada bayi.

Apa sih NTD?

Yaitu keadaan abnormal pada janin dengan kondisi pertumbuhan susunan saraf pusat yang tidak sempurna. NTD ini sangat berbahaya lho, Ma. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab jika ada bayi yang terlahir dengan keadaan cacat bawaan.

Duh, jangan sampai ya, Ma

Kemudian kalau Mama nggak mengkonsumsi asam folat, berarti berisiko juga untuk melahirkan bayi yang akan tumbuh dengan keterlambatan pemahaman bahasa. Wah, ini juga jangan sampai ya.

Namun, perlu diingat juga nih, Ma, jika konsumsi asam folat terlalu berlebihan juga bisa menimbulkan efek seperti mual, kembung, gas, dan insomnia.



Nah, jadi konsumsilah asam folat yang sesuai dengan anjuran dokter kandungan Mama ya?

Sehat terus ya, Ma!


Sumber :

1.Panduan Pintar Hamil dan Melahirkan. Dewi Cendika ZR dan Indarwati. WahyuMedia, 2010.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yang Perlu Mama Tahu Tentang Asam Folat yang Bisa Mencerdaskan Bayi Sejak dalam Kandungan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indah Sibarani | @indahjulisibarani

Emak Blogger yang tinggal di Yogyarta. Wara wiri di Jakarta. Sesekali masak, lebih sering makan enak.

Silahkan login untuk memberi komentar