Untuk Mempersiapkan Kehamilan, Mama Perlu Tahu 4 Hal Ini Agar Program Hamil Mama Berjalan Lancar

Untuk Mempersiapkan Kehamilan, Mama Perlu Tahu 4 Hal Ini Agar Program Hamil Mama Berjalan Lancar

1.6K
Mempersiapkan kehamilan adalah masa-masa yang menyenangkan. Tapi, ada hal-hal yang perlu Mama ketahui terlebih dahulu dalam mempersiapkan kehamilan.

Kehadiran bayi dalam sebuah keluarga adalah hal yang paling dinantikan. Betul? Berbagai cara dilakukan dalam mempersiapkan kehamilan. Mulai dari konsultasi ke dokter hingga mengonsumsi makanan sehat dan multivitamin. Ini hal yang wajar, ya, Ma karena setiap pasangan suami istri khususnya yang baru menikah pasti pengin cepat memiliki momongan. Konon, kehadiran bayi juga turut membuka pintu rezeki keluarga.

Sekarang ini mempersiapkan kehamilan tidak melulu persoalan masa subur, makanan atau vitamin tapi sudah lebih kompleks. Mama dan Papa harus mempertimbangkan berbagai faktor dalam mempersiapkan kehamilan. Iyes, faktor utama adalah finansial. Sekarang ini apapun membutuhkan uang walaupun kehamilan dan prosesnya dicover oleh asuransi tapi ada hal-hal di luar itu yang perlu Mama siapkan keuangannya. Perlu Mama ingat, dalam mempersiapkan kehamilan perlu dilakukan secara baik dan matang adalah awal kunci keberhasilan.


Untuk memudahkan Mama dan Papa dalam mempersiapkan kehamilan, 4 hal ini perlu Mama ketahui dan lakukan agar programnya berjalan lancar.


1. Niat

Apapun yang kita lakukan selalu diawali dengan niat. Betul?

Alangkah baiknya dalam mempersiapkan kehamilan niat utama kita untuk beribadah bukan karena dorongan sosial di sekitar kita. Karena sejatinya, anak adalah titipan dari Sang Pemilik Semesta. Kehadiran anak di dalam keluarga merupakan hak mutlak dariNya. Milikilah niat yang baik dan positif ketika memutuskan untuk memiliki anak.


2. Lakukan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat perlu dilakukan dalam mempersiapkan kehamilan.

Ada baiknya Mama dan Papa menghindari rokok, alkohol terlebih narkoba. Karena hal-hal tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi ibu dan janin, kemungkinan bayi lahir cacat, keguguran, pemicu keterbelakangan mental, bisa mengganggu pembentukan jaringan saraf pada janin dan masih banyak yang lain.

Mulailah dengan mengonsumsi makanan sehat dengan asupan gizi yang berimbang dan bervariasi agar tubuh Mama dan Papa sehat, secara langsung juga bisa memengaruhi kualitas sel telur dan sperma menjadi lebih baik. Olahraga pun bisa dilakukan disela kesibukan Mama dan Papa. Ini membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik, otot-oto terlatih.

Yang penting, Mama dan Papa harus bisa saling mendukung untuk menerapkan gaya hidup sehat.


3. Medical check-up

Mama dan Papa perlu melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika ada kelainan atau penyakit segera dapat ditangani. Medical check up dalam mempersiapkan kehamilan yang sering dilakukan seperti, tes darah, TORCH, pap-smear atau uji PAP untuk mengetahui perubahan sel pada serviks atau leher rahim apakah ada infeksi atau tidak dan juga mengetahui ada atau tidaknya sel kanker.


4. Kondisi Finansial

Selama proses kehamilan, melahirkan hingga merawat bayi memerlukan persiapan finansial yang matang, Ma. Biaya dalam hal ini nggak sedikit juga. Agar tidak terjadi krisis finansial di tengah jalan, baiknya Mama membuat perencanaan keuangan sederhana dengan memperhitungkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama proses tersebut.

Dana yang perlu diperhitungkan adalah sebagai berikut.

  • Biaya konsultasi dokter/bidan selama sembilan bulan. Biasanya biaya konsultasi ke bidan sekitar Rp30.000,00 - Rp75.000,00 sedangkan biaya konsultasi dokter sekitar Rp75.000,00 - Rp150.000,00
  • Biaya vitamin dan tambahan nutrisi untuk ibu dan janin.
  • Biaya selamatan misalnya empat bulanan atau tujuh bulanan (poin ini tergantung kesepakatan Mama dan Papa, ya, tidak diwajibkan juga)
  • Biaya untuk membeli perlengkapan bayi.
  • Biaya persalinan. Biaya melahirkan dengan bidan harganya biasanya mulai sekitar Rp 600.000,00 sedangkan dengan dokter kandungan sekitar 3 juta (persalinan normal). Jika perlu tindakan dan harus operasi caesar tentu harganya lebih mahal lagi. Harga untuk operasi caesar mulai 12 juta. Beda wilayah tentunya akan beda harga ya Ma.
  • Biaya konsultasi dokter pasca melahirkan.
  • Biaya kebutuhan bayi dan ibu setelah melahirkan.
  • Biaya aqiqah. Untuk bayi perempuan, perlu aqiqah 1 kambing sedangkan untuk bayi laki-laki perlu 2 kambing. Harga satu kambing sekarang sekitar 2 juta.
  • Biaya pengasuh/asisten rumah tangga/baby sitter jika diperlukan.
  • Biaya untuk pijat bayi dan Mama setelah persalinan.
  • Biaya tidak terduga misalnya bayi lahir prematur sehingga perlu dirawat di rumah sakit, Mama mengalami pendarahan, kehamilan risiko tinggi dan lainnya.

See, nggak sedikit yes biaya yang harus disiapkan. Jika Mama dan Papa memiliki asuransi kantor ataupun BPJS sebaiknya digunakan karena sangat meringankan beban biaya tersebut. Untuk kisaran nominal bisa Mama tanyakan ke sahabat maupun saudara agar lebih detail lagi. Jalin komunikasi yang baik dengan suami agar segala sesuatu bisa berjalan dengan lancar. Walaupun sudah memiliki asuransi, jangan lupa untuk menabung, ya.

Semoga 4 hal yang perlu Mama ketahui dalam mempersiapkan kehamilan ini bisa bermanfaat, ya. Nggak perlu takut untuk memulai, diniatkan dengan baik pasti akan didengar olehNya. Percayalah Ma, anak adalah rezeki dariNya, jangan pernah putus untuk berdoa semoga diberikan keturunan yang baik, sehat dan tidak kekurangan suatu apapun. Sang buah hati pasti akan hadir di saat yang tepat.

Terus semangat. ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Mempersiapkan Kehamilan, Mama Perlu Tahu 4 Hal Ini Agar Program Hamil Mama Berjalan Lancar". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Armita Fibriyanti | @Armita

Ibu dari dua orang putra yang saat ini menekuni pekerjaan sebagai konsultan nama bayi dan perusahaan, penerjemah dokumen, dan blogger.

Silahkan login untuk memberi komentar