Ingin Menata Rumah Agar Lebih Menarik? Mama Bisa Mulai dari 8 Hal Kecil Berikut Ini!

Ingin Menata Rumah Agar Lebih Menarik? Mama Bisa Mulai dari 8 Hal Kecil Berikut Ini!

2K
Menata rumah memang nggak akan selesai dalam waktu sehari. Tapi, menata rumah memerlukan waktu maupun perencanaan agar semua tampak sesuai dan nyaman untuk ditempati

Mama pernah merasa jenuh nggak melihat tampilan rumah yang itu-itu saja? Pengin banget deh menata rumah lagi ala-ala majalah ataupun acara real estate setiap akhir pekan itu.

Tapi, menata rumah lagi kan perlu biaya yang lumayan deh bikin lu-manyun. Harus ada perencanaan matang akan biaya dan desain.

Jika Mama mau menata rumah di bagian besar yang memerlukan biaya tak sedikit, bagaimana kalau bagian kecilnya saja dulu? Psst, bagian kecil ini jika Mama bisa menatanya dengan baik rumah akan terlihat 'wow' dan nyaman ditempati.

BACA JUGA


Rumah yang Penuh Keberuntungan? Coba Lengkapi dengan 7 Home Decor Berikut!

Rumah yang Penuh Keberuntungan? Coba Lengkapi dengan 7 Home Decor Berikut!

The most important thing to understand is that the feng shui is really about the energy that's surrounding you in your personal space. ~ ...

Read more..

Menata rumah lagi, 8 hal kecil ini perlu Mama perhatikan agar rumah tampak lebih menarik.


1. Pagar

Hampir semua rumah-rumah di Indonesia berpagar, kecuali memang di kompleks perumahan full security yang memang desainnya rumah tanpa pagar. Pagar selain sebagai batas teritori rumah kita, juga bisa menambah estetika bagian depan rumah.

Pertimbangkan untuk mengganti desain pagar, bila diperhatikan di beberapa bagian sudah mulai berkarat. Mengombinasikannya dengan tanaman perdu maupun bunga bisa mempercantik halaman depan rumah, lho Ma.

Bila dirasa mengganti seluruh pagar terlalu mahal, memperbaiki dengan mencat kembali juga bisa.

2. Jalan Masuk


Jalan masuk susunan Batu Alam dan Koral

Beberapa desain bagian depan rumah membedakan jalan masuk untuk mobil dan jalan masuk untuk orang. Bisa juga begini, rumah kita sementara ini merupakan bagian dari rumah keluarga.

Misalnya Mama dan keluarga tinggal di paviliun Eyang. Pastinya ada jalan terpisah yang menunjukkan area rumah tinggal Mama dan keluarga.

Nah, area ini bisa dipercantik lho Ma. Misalnya menambahkan batu alam atau susunan pecahan keramik yang ditata bak seni mozaik. Menambahkan bak bunga permanen atau cukup pot-pot tanaman yang berbau harum, misalnya lavender, mawar, sedap malam, dan lain-lain.

3. Teras Depan

Teras depan bisa berfungsi ganda. Sebagai area transisi antara ruang publik dan ruang privat di dalam rumah, dan pengganti ruang tamu.

Oleh karena itu, menata rumah bagian teras bisa ditambahkan kursi dan dipercantik dengan pot-pot tanaman.

4. Pintu Depan

Seringkali pintu rumah bagian depan bisa menunjukkan karakter penghuni rumah.

Desain pintu rumah bermacam-macam, ada yang berdaun pintu satu, ada juga yang berdaun pintu dua. Beberapa desain rumah melengkapi area dekat pintu dengan bel, lonceng, lampu hias, dan lain-lain.

Bisa dikombinasikan dengan kaca, ornamen, handel pintu ciamik, atau cukup pintu solid saja.

5. Lampu dan Karpet Ruang Tamu



Ruang tamu merupakan ruang duduk di bagian depan rumah yang sering dipakai untuk menerima tamu. Biasanya tamu-tamu yang tidak terlalu dekat dengan pemilik rumah diterima disini.

Karena ruang tamu merupakan ruang “kesan pertama begitu menggoda”, seringkali ruangan ini didesain rapi dan kompak. Lampu dan karpet ruang tamu merupakan unsur yang paling mudah diganti apabila Mama bosan dengan tampilan interior yang itu-itu lagi.

Pilihlah yang warnanya cocok satu sama lain. Bisa juga memilih warna kontras.

Hati-hati dalam memilih warna kontras, karena harus memperhatikan warna dinding, warna lantai, warna atap ruangan, dan tentu saja warna jok sofa.

6. Jok Sofa



Sofa ruang tamu bisa menjadi unsur pusat perhatian atau focal point dalam suatu desain interior.

Coba kali ini ganti warna sofa ruang tamu dengan warna ngejrenk, misalnya oranye atau hijau scotchlight. Ruangan kecil justru makin menarik dengan adanya sofa berwarna istimewa tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah kombinasi warna sofa dengan warna-warna lain yang ada di ruangan tersebut. Sebaiknya hanya ada satu warna panas dalam ruangan, yaitu warna merah, oranye, kuning atau hijau terang.

Warna obyek lainnya pilihlah yang mengimbangi dan lebih cool atau kalem, misalnya broken white, krem, coklat, hijau lumut, biru marine dan pilihan warna lainnya. Menata rumah untuk sofa ini, hindari terlalu banyak warna 'panas' karena akan membuat efek panas dan sesak.

7. Cat Dinding

Cat dinding juga merupakan elemen interior yang paling mudah untuk disesuaikan dengan elemen lainnya.

Hati-hati dalam memilih warna cat dinding. Seringkali titik contoh kecil warna cat di kaleng atau di brosur ternyata tidak sesuai setelah dipulaskan ke bidang besar atau tembok.

Bisa-bisa warnanya lebih rendah satu grade dibandingkan dengan warna di brosur. Untuk mudahnya, agar tidak kecewa, cat dinding warna muda lebih mendekati warna di contoh daripada warna gelap.

Lagipula warna gelap seringkali tidak rata hasil akhirnya. Selain mengganti warna dinding dengan cat, sekarang ada media lain pelapis dinding yaitu wall paper. Sama halnya dengan memilih warna dinding, hati-hati memilih wall paper, terutama yang bbercorak.

Wall paper bercorak bunga-bunga mawar, seringkali bagus di contoh brosurnya, tetapi justru bisa membuat ruangan tampak ramai dan sempit. Pilih wall paper bercorak timbul tetapi warna senada, atau warna pastel lembut, karena kesannya lebih mewah dan tidak norak.

8. Dapur

Dapur merupakan jantung rumah. Di sinilah makanan sehat diramu, kehangatan keluarga dibina dan awal dari segala kesibukan.

Karena desain rumah-rumah sekarang tidak terlalu besar, seringkali letak dapur justru menghadap ke jalan. Akibatnya dapur secara visual justru terlihat dari halaman depan.

Tidak ada salahnya menata rumah khususnya dapur agar lebih menarik bukan? Dapur tidak harus luas, yang penting kompak dan Mama mudah menyiapkan segalanya.

Untuk mengubah tampilan dapur bisa dengan mengganti seluruh kitchen set, atau hanya mengganti lapisan daun pintu serta handle pintu lemari kitchen setnya saja. Bisa juga menambahkan lampu atau menambahkan rak berwarna cerah.

Atau menambahkan pot-pot tanaman bumbu dapur di jendela dapur, OK juga lho Ma. Misalnya seledri, daun bawang, rosemary, daun ketumbar, atau jahe.

BACA JUGA


6 Akun Instagram Ini Wajib Mama Follow Untuk Ide Seputar Penataan Rumah!

6 Akun Instagram Ini Wajib Mama Follow Untuk Ide Seputar Penataan Rumah!

Inspirasi lewat Instagram, why not? Di media sosial yang lagi hits sekarang ini, Instagram, Mama pun bisa menemukan inspirasi untuk penataan ...

Read more..

Menata rumah bisa kok dilakukan dengan bujet yang terbatas. Dicicil satu per satu pun bisa. Dan tentunya menata rumah lagi harus dikomunikasikan dengan anggota keluarga, ya.

Hal-hal kecil ini seringkali luput dalam menata rumah, kita lebih fokus yang besarnya saja. Well, jika Mama pengin menata rumah lagi 8 hal kecil di atas perlu diingat, yes.

Selamat menata rumah, Ma!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Menata Rumah Agar Lebih Menarik? Mama Bisa Mulai dari 8 Hal Kecil Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hani Widiatmoko | @handayaniwidiatmoko

hai...saya Hani. Blog saya http://www.haniwidiatmoko.com

Silahkan login untuk memberi komentar