Dapat Kado tapi Nggak Suka? Ajarkan Anak untuk Tetap Berterima Kasih dan Bersyukur atas Apa yang Diterimanya!

kids and gifts

Dapat Kado tapi Nggak Suka? Ajarkan Anak untuk Tetap Berterima Kasih dan Bersyukur atas Apa yang Diterimanya!

805
Kado, berat milihnya karena kita kadang ragu apakah si kecil akan menyukainya. Yuk, ajarkan si kecil untuk selalu berterima kasih dan bersyukur atas hadiah atau kado yang diterimanya, baik suka atau tidak.

Anak-anak adalah manusia paling jujur dan apa adanya. Kalau suka akan sesuatu, mereka akan menunjukkan kegembiraannya. Sebaliknya, kalau ada hal yang tidak disukai, mereka tak akan sungkan mengekspresikan kekesalan. Pun, suka tidak sukanya terhadap kado-kado yang diberikan. Mereka akan memekik girang, dan melonjak melihat kado yang didambakan. Mereka juga akan langsung cemberut, dan menampakkan wajah kecewa bila kado yang mereka terima tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Ini membuat Mama bisa berdiri bermenit-menit di depan sebuah mainan yang dipajang di toko bukan, Ma? Memperhatikan, membayangkan, mempertimbangkan, apakah mainan itu akan membuat sang buah hati senang.

Mama juga akan bengong-bengong di depan laptop, berpikir apakah barang di online shop itu betul-betul sesuai dengan kesukaan anak-anak, sebelum mengkliknya ke dalam keranjang.

Fiuh, repot juga ya, memilihkan kado yang membuat anak-anak senang!


BACA JUGA


6 Ide Kado untuk Anak yang Kekinian untuk Hadiah Ulang Tahun si Kecil Tahun Ini

6 Ide Kado untuk Anak yang Kekinian untuk Hadiah Ulang Tahun si Kecil Tahun Ini

Memilih kado untuk anak perempuan memang gampang-gampang susah. Kado yang unik dan bermanfaat tentu akan menajdi hadiah istimewa bagi anak ...

Read more..


Lalu, bagaimana kalau mereka tidak suka dengan kadonya? Jika mereka langsung cemberut sesaat setelah membuka bungkus kado yang mereka terima? Bagaimana caranya agar mereka, suka tidak suka, bisa menghargai bingkisan yang diberikan kepadanya? Ada caranya, kok Ma. Yuk kita pelajari!


Cara agar anak selalu menghargai kado yang diterimanya, suka atau tidak suka

1. Mencontohkan dengan benar


Sebagai manusia biasa, kita pun tak luput dari khilaf. Sekali dua kali, Mama tentu pernah mengekspresikan kekecewaan saat menerima sesuatu, kan? Misalnya, saat mengambil satu gulungan kertas di sebuah swalayan yang bertuliskan ‘gelas cantik’ padahal gelasnya biasa-biasa saja, sedangkan Mama mengincar hadiah payung lipat mungil dengan pilihan warna pastel yang manis untuk musim hujan ini. Padahal, payung itu cocok sekali kalau dibawa-bawa menjemput anak-anak ke sekolah. Yaaah ....

Mama lupa, bahwa anak-anak pun ada di sana. Diam, ikut tegang, dan memperhatikan. Tidak hanya itu, bayangan kekecewaan Mama akan tercetak di ingatannya, bahwa ‘kesal’ saat mendapat kado itu wajar.

Nah loh! Hiks!


2. Tidak memanjakan


Saking inginnya menyenangkan anak-anak, terkadang Mama membelikan sesuatu bahkan sebelum mereka memintanya. Betul tidak, Ma?

Seperangkat Lego versi terbaru keluar, Mama langsung memesannya via online. Satu set rumah Barbie teranyar terpajang di etalase toko, besoknya sudah pindah ke rumah. Belum juga anak-anak sempat mendambakan sesuatu, barangnya sudah ada di hadapan.

Hal ini, Ma, akan membiasakan mereka untuk take everything for granted. Alih-alih menghargai barang, mereka akan dengan mudah mencampakkan sesukanya. Toh, Mama dan Papanya akan segera membelikan yang lebih baru lagi.


BACA JUGA


5 Ide Kado Natal yang Paling Pas untuk Si Kecil, Bermanfaat Namun Tak Mahal

5 Ide Kado Natal yang Paling Pas untuk Si Kecil, Bermanfaat Namun Tak Mahal

Kado Natal sebagai ungkapan kasih sayang kita pada si kecil, maka tekankan pada nilai yang terkandung di balik kado Natal tersebut, bukan ...

Read more..


3. Mengadakan tantangan


Daripada langsung membelikan, bahkan saat keinginan terhadap barang itu belum ada, lebih baik Mama menantangnya. Ya, memberikan challenge untuk anak-anak demi memperoleh benda yang diharapkannya. Dengan demikian, insting untuk mendambakan dan berusaha untuk mendapatkan sesuatu itu akan terasah dengan baik.

Misalnya saja, si Kakak ingin novel J.K Rowling yang paling baru. Sesuai harganya yang cukup mahal, berikan ia tantangan yang cukup membuatnya ‘berkorban’. Seperti menyetor hafalan satu surat Al-Qur’an yang agak panjang, atau meraih nilai rata-rata 90 dalam UKK-nya nanti.

Dengan demikian, kelak ia akan tahu bahwa ‘ada harga untuk setiap usaha’, dan bahwa mendapatkan hadiah atau kado setelah ikhtiarnya yang panjang dan melelahkan itu sungguh nikmat adanya. Yay!


4. Dapatkan bocoran


Terutama untuk kado ulang tahun, ada baiknya Mama ‘kepoin’ dulu apa yang sedang anak-anak inginkan.

Pada hari spesial itu, mereka biasanya akan mendapat banyak kado juga dari orang-orang terdekat, apalagi bila si buah hati masih balita dan ulang tahunnya dirayakan di sekolah. Kamarnya pasti penuh dengan kado warna-warni, hihihi!

Nah, agar dapat ‘menyaingi’ bingkisan-bingkisan tersebut, Mama harus membelikannya sesuatu yang betul-betul diidamkan. Ajak anak-anak ngobrol tentang ulang tahunnya, dan cari tahu kado apa yang diinginkannya. Kalau sudah ketemu, tinggal belikan, dan hadiah dari Mama pasti akan menjadi primadonanya!


5. Libatkan mereka


Ya, ajak mereka untuk turun tangan langsung dalam memilih kadonya. Misalnya untuk hadiah-hadiah atas pencapaian, dan bukannya untuk kejutan. Membuat mereka memilih sendiri sesuatu yang disukainya tentu akan menjadikan mereka lebih menghargai usaha berikut hadiahnya.

Saya biasanya membiarkan si Adik untuk memilih dua set Fun Dough kesukaannya untuk hadiah berkelakuan baik, saat ia masih dalam masa meningkatkan ketrampilan motorik kasarnya. Ia akan dengan asyik berdiri di lorong mainan, memandangi dan membayangkan seri apa yang ia suka. Ia pernah memilih Fun Dough membuat es krim, dan tentang hewan laut.

Untuk si Kakak, mendiamkannya di rak-rak buku novel anak di sebuah toko buku adalah hal penting yang akan meningkatkan imajinasinya. Biasanya, ia boleh memilih 5 seri ‘Kecil-kecil Punya Karya’ sebagai hadiah semesteran.


BACA JUGA


Pengin Mendapatkan Kado Hari Ibu? Coba Tunjukkan 5 Ide Kado Brilian ini pada Suami dan Anak-anak, Ma!

Pengin Mendapatkan Kado Hari Ibu? Coba Tunjukkan 5 Ide Kado Brilian ini pada Suami dan Anak-anak, Ma!

Selamat Hari Ibu! Sudah mendapat kado Hari Ibu apa nih hari ini, Mama?Apa? Belum dapat kado?Well, sebenarnya seberapa spesial sih Hari Ibu ...

Read more..


6. Fokus untuk menghargai orang yang memberikan


Jika akhirnya anak-anak tetap tidak suka akan bingkisannya, Mama bisa dengan lembut mengingatkan mereka pada effort orang-orang yang memberikan. Misalnya, katakan bahwa kakek dan nenek mereka sudah memikirkan baik-baik saat membeli kado yang diberikannya. Dan bahwa mereka sudah menyediakan waktu dan tenaga cukup besar untuk datang ke toko dan membungkus kado tersebut demi melihat wajah gembira cucunya.

Mama juga bisa menggunakan teknik ‘membalikkan keadaan’, dengan meminta anak-anak untuk membayangkan bagaimana rasanya bila kado yang mereka berikan pada orang lain diperlakukan dengan tidak baik. Dengan ini, selain mereka akan bisa lebih menghargai pemberian. Nilai empati mereka terhadap usaha orang lain pun juga akan meningkat.


7. Get one, release one


Hal ini cukup efektif, loh Ma. Bila mereka mendapatkan satu hadiah atau kado, ajak mereka untuk melepaskan satu mainan atau barang kesukaan kepada saudara-saudara yang lebih membutuhkan.

Jumlahnya tidak selalu harus satu banding satu, sih. Intinya, mereka harus belajar berbagi. Dengan berbagi seperti itu, niscaya mereka akan dapat lebih menyayangi apa pun itu yang mereka dapatkan, karena sadar bahwa hari saat nanti, barang itu akan berpindah tangan.

Mama bisa mengajak anak-anak untuk memilih sendiri calon penerimanya, agar hati mereka lebih senang dan supaya mereka bisa menilai-nilai siapa yang sekiranya lebih berkekurangan darinya.

Anaknya si Mbak yang suka bantu-bantu di rumah, misalnya. Atau cucunya bapak tukang kebun kompleks, yang setiap hari dilihat anak-anak kerepotan membersihkan daun-daun kering. Berbagi seperti ini tentu akan mengasah jiwa sosialnya sedari kecil.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Ide Kado untuk Ibu Sehabis Melahirkan yang Pasti Akan Bermanfaat Untuknya

Ini Dia 7 Ide Kado untuk Ibu Sehabis Melahirkan yang Pasti Akan Bermanfaat Untuknya

Memilih kado untuk ibu sehabis melahirkan itu gampang-gampang susah. Kalau mau nggak pusing memilih, mending beri saja ide kado untuk ibu ...

Read more..


Jadi, sudah siap membelikan hadiah dan kado yang terbaik dan mengajarkan anak-anak beragam nilai moral tentang pemberian, kan Ma?

Give your little ones a hug from me, too, yaa!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dapat Kado tapi Nggak Suka? Ajarkan Anak untuk Tetap Berterima Kasih dan Bersyukur atas Apa yang Diterimanya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar