Daun Murbei: dari Pakan Ulat Sutra Sampai ASI Booster untuk Mama

Sumber Foto: Google

Daun Murbei: dari Pakan Ulat Sutra Sampai ASI Booster untuk Mama

345
Daun murbei yang identik sebagai pakan ulat sutra, ternyata bisa diolah menjadi hidangan yang lezat dan juga berkhasiat. Apalagi untuk ASI booster.

Pernah melihat ulat sutra, Ma? Hiiiy! Mendengar namanya saja mungkin sudah membuat kita geli. Terbayang ulat tidak berbulu, yang makan daun murbei terus-menerus itu.

Nah, daun murbei yang selama ini identik sebagai pakan ulat sutra, ternyata bisa dimakan manusia lo! Tidak hanya cukup bisa dimakan dan enak rasanya, namun juga berkhasiat bagi kita. Apalagi untuk Mama yang sedang menyusui. Pasti penasaran kan bagaimana cara mengolahnya?

Ya, daun murbei yang bernama latin Morus Alba L ini kerap dipandang sebelah mata karena ketidaktahuan kita. Ternyata, kandungan kimia seperti alkaloida, flavonoida, dan polifenol pada daun murbei, sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam farmakologi Tiongkok dan pengobatan tradisional, daun murbei bermanfaat sebagai anti inflamasi, diuretik, anti demam, anti hipertensi, dan anti diabetik (Sayuti, 2010).

Daun murbei, yang dalam bahasa Tiongkok disebut Sang Ye, mengandung quersetin dan anthosianin. Kedua macam itu termasuk dalam kelompok glikosida flavanoid. Glikosida flavanoid merupakan senyawa fenol yang berperan sebagai protein koagulator (Dwidjoseputro, 1994).

Di negara asalnya yaitu Tiongkok, daun murbei, buah murbei, termasuk pohonnya, kerap dijadikan ramuan tradisional untuk berbagai macam penyakit.


BACA JUGA


3 Variasi Sajian Bayam Untuk Menu Makanan Sehat Keluarga

3 Variasi Sajian Bayam Untuk Menu Makanan Sehat Keluarga

Bayam, sudah nggak diragukan lagi ya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika Mama masih bingung sajian dengan bayam, yuk disimak resep ...

Read more..


Ini dia beberapa khasiat daun murbei dan pohonnya bagi manusia


1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Caranya: daun murbei segar sebanyak 15 gram dicuci ke bersih, kemudian direbus dengan dua gelas air selama 15 menit. Dibiarkan dingin, lalu disaring di bagi dua bagian untuk diminum pagi dan sore hari.


2. Memperbanyak keluarnya ASI

Nah, pasti Mama sangat menunggu informasi ini ya.

Pilihlah daun murbei yang masih muda, cuci bersih, masak sebagai sayur lalu dimakan bersama nasi. Ditumis, direbus untuk selanjutnya dicampur dengan bahan lainnya ditambah bumbu pecel, sambal, atau bumbu urap. Enak lo, Ma!

Tidak hanya untuk yang menyusui saja. Kita juga bisa mencoba menu baru dengan daun murbei ini. Rasa daun murbei ini tidak kalah nikmat seperti sayuran yang lazim kita olah.


3. Mengobati bisul

Daun murbei segar sebanyak satu genggam dicuci lalu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, disaring, lalu diminum sekaligus. Minumlah secara teratur.



4. Mengobati luka atau borok

Bersihkan luka dengan rebusan air trengguli. Ambil daun murbei segar yang sudah dicuci, oleskan minyak kelapa. Layukan daun di atas api, lalu remas-remas dengan jari tangan jadi lemas. Tutup luka dengan daun yang dilayukan tadi.


BACA JUGA


5 Makanan Ibu Menyusui Ini Wajib Mama Konsumsi Untuk Menghasilkan ASI Berkualitas!

5 Makanan Ibu Menyusui Ini Wajib Mama Konsumsi Untuk Menghasilkan ASI Berkualitas!

Makanan ibu menyusui memang harus diperhatikan demi si bayi dan juga Mama sendiri. Dengan memilih makanan ibu menyusui yang tepat, Mama bisa ...

Read more..


5. Mengobati sakit berkeringat waktu malam

Caranya daun murbei kering buat serbuk sebanyak 6-9 gram, direbus sampai sisa satu gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.


6. Mengobati rheumatik

Ranting murbei kering dijadikan serbuk sebanyak 6-9 gram, direbus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum dua kali dalam satu hari, masing-masing 0,5 gelas.


Di Tiongkok, daun murberry juga dibikin tempura.

7. Teh Daun Murbei

Daun murbei dapat diolah menjadi teh daun murbei. Teh ini juga berkhasiat untuk kesehatan, antara lain berguna untuk kesehatan ginjal, mengatasi darah kotor, kencing manis, keracunan obat, dan susah buang air besar.



Masih banyak khasiat daun murbei, terutama untuk kesehatan.

Terlepas dari hal itu, sebagai koki keluarga, bukankah kita harus mencari variasi masakan agar suami dan buah hati tidak bosan? Sehingga apa yang disantap keluarga menjadi lebih beragam dalam hal varian, juga nilai gizinya.

Maka dari itu, sajian hidangan antimainstream menggunakan bahan daun murbei ini patut pula kita coba.

Selamat memasak untuk keluarga, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Daun Murbei: dari Pakan Ulat Sutra Sampai ASI Booster untuk Mama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Elizabeth Septarini | @septarini

Ibu satu anak yang suka membaca dan menulis tentang parenting, anak, kuliner, dan semua hal yang menarik perhatian. Menulis artikel, review, blog dan tergabung dalam Pasukan Blogger alumni Joeragan Artikel. Pernah belajar di Jurusan Perhotelan di salah sa

Silahkan login untuk memberi komentar