Demi Hubungan Suami Istri yang Tetap Hangat dan Mesra, Ini Dia 5 Tips Komunikasi yang Harus Mama Lakukan

Demi Hubungan Suami Istri yang Tetap Hangat dan Mesra, Ini Dia 5 Tips Komunikasi yang Harus Mama Lakukan

2.6K
Hubungan suami istri itu ibarat tanaman, yang bisa subur jika dirawat dan dipupuk. Jika hubungan suami istri itu diabaikan tanpa disiram dan diberi pupuk, maka layaknya tanaman, bisa layu lalu mati.

Halo Mama!

Pernah nggak merasakan kebosanan karena hubungan suami istri yang begitu-begitu saja? Rasanya kok beda dengan zaman pacaran dulu yang penuh dengan kemesraan dan keromantisan.

Contohnya nih, dulu waktu masih pacaran. Kita tanpa sengaja terjatuh. Babang langsung sigap menolong dan bertanya,"Kamu nggak papa kan? Mana yang sakit, sini aku obatin supaya cepat sembuh."

Oh. So sweet.

Sekarang?

Ergh, setelah menikah sekian lama, terus tanpa sengaja Mama terjatuh. Apa reaksi Papa? "Makanya, kalo jalan, lihat-lihat!"

Ouch! Sadis. Bukannya nolong, malah kasih omelan. Hvft!

Benarkah begitu Ma? Semoga nggak terlalu parah, ya Ma.

Hubungan suami istri bisa diibaratkan bagai tanaman yang akan tumbuh subur jika sering dirawat dan diberi pupuk. Ketika tanaman itu dicuekin, tanpa disiram dan dipupuk lama-lama bisa mati.

Nah, begitu juga dengan hubungan suami istri ini, Ma. Harus selalu dirawat supaya perasaan cinta dan sayang kepada Papa itu terus membara seperti saat pacaran dulu. Tak lekang oleh waktu. Bahkan kalau perlu, rasa itu semakin subur. Begitu.

Hal yang paling penting dalam suatu hubungan suami istri itu apa, ya Ma? Komunikasi? Yes! Ini yang sangat penting.

Tanpa komunikasi yang baik, suatu hubungan suami istri akan mudah retak karena salah paham. Ketika salah paham, pikiran kita akan melanglang buana ke mana-mana yang akan menghasilkan rasa curiga. Lalu mudah diadu domba dan hancur berkeping-keping tanpa sisa.

Wow! Dahsyat kan akibat dari komunikasi yang buruk?

Nah, karena itu, membangun komunikasi yang baik dengan pasangan itu harus diupayakan dengan saksama. Butuh perjuangan dan harus satu tujuan. Rasa saling membutuhkan dan menguntungkan satu sama lain menjadi modal utama untuk bisa membangun komunikasi itu demi hubungan suami istri yang terus hangat dan mesra.


BACA JUGA


Perbaiki Kualitas Hubungan Suami Istri dengan 9 Hal yang Mungkin Bisa Dilakukan Mulai Sekarang Ini!

Perbaiki Kualitas Hubungan Suami Istri dengan 9 Hal yang Mungkin Bisa Dilakukan Mulai Sekarang Ini!

Hubungan suami istri nggak bisa hanya dibiarkan saja tanpa usaha untuk menghangatkannya setiap waktu. Lakukan 9 hal ini untuk kualitas ...

Read more..


Komunikasi seperti apa yang bisa kita upayakan supaya romantisme selalu tercipta dalam hubungan suami istri ini?


Ini dia 5 di antaranya.


1. Jujur Tentang Perasaan dan Ungkapkan


Saat curhat dengan pasangan, biasanya akan terjalin suatu ikatan emosi yang tak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

Maka, demi hubungan suami istri yang lebih hangat dan mesra, jujurlah dengan perasaan itu, Ma! Katakan betapa nyamannya bisa mengobrol tentang banyak hal dengan Papa. Beri tahu tentang cita-cita Mama yang terpendam, apa saja yang belum tercapai dan harapan apa yang masih ingin diraih.

Katakan juga bagaimana emosi saat ini. Jika ada beban atau unek-unek juga bisa kok, Ma, dishare dengan Papa. Mungkin saat ini Mama lelah mengurus anak dan rumah tangga, butuh waktu untuk me time sejenak. Diskusikan dengan Papa untuk mencari solusi yang terbaik.

Semua perlu diungkapkan supaya tidak jadi bom waktu yang bisa meledak sekonyong-konyong.


2. Hargai Kekuatan Pasangan, Hindari Mengungkit Kelemahannya


Papa punya hobi yang menonjolkah, Ma? Suka utak atik mesin mobil atau suka melukis mungkin? Puji kemampuannya itu, Ma.

Support penuh apa yang menjadi kegemarannya di waktu senggang itu. Konon, pria yang punya hobi itu lebih susah untuk melakukan perselingkuhan lho, Ma. Jadi sangat bagus jika Mama mendukung Papa untuk mengembangkan hobinya.

Hindari untuk mengungkit kelemahan Papa demi hubungan suami istri yang lebih hangat. Papa nggak bisa benerin genteng yang bocor? Atau Papa tidak mau membantu pekerjaan Mama di dapur? Nobody's perfect, Ma.

Toh, selama ada tukang yang bisa dibayar untuk benerin genteng, Mama bisa mengurangi risiko bahaya Papa terjatuh dari ketinggian jika dipaksakan. Ya kan, Ma?

tak perlu menuntut Papa untuk serba bisa ya.


3. Buat Ikatan yang Kuat


Sesekali perlu lho, Ma, memberi kejutan kepada Papa. Kejutan yang menyenangkan tentu. Kejutan seperti ini penting juga lho untuk membuat hubungan suami istri kian mesra.

Mama bisa kirim pesan digital atau telepon di saat tak terduga, termasuk sesaat sebelum Papa akan menemui klien penting. Sekadar say hello, memberinya support agar tetap semangat.

Beri perhatian dan tunjukkan support penuh, Ma. Supaya Papa merasa berharga, selalu dibutuhkan dan dirindukan keberadaannya.

Tapi jaga, tetap sopan ya, Ma. Jangan sampai berlebihan, hingga Papa merasa terintimidasi. Nggak lucu kan, Papa lagi sibuk meeting, Mama ngajak chat tanpa henti.

Ya, tahu situasi dan kondisi ya, Ma.


BACA JUGA


Suami Istri Harus Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur demi Hubungan yang Lebih Hangat dan Mesra!

Suami Istri Harus Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur demi Hubungan yang Lebih Hangat dan Mesra!

Sudah selayaknya sepasang suami istri untuk terus saling menjaga cinta masing-masing

Read more..


4. Jadi Pendengar yang Baik


Kadang, saat pasangan bercerita tentang sesuatu, dia tidak membutuhkan komentar dari kita, Ma. Didengarkan dengan penuh intensi sudah lebih dari cukup. Ini juga salah satu jurus komunikasi yang harus Mama kuasai agar hubungan suami istri bisa terjaga dengan hangat.

Menjadi pendengar yang baik dengan saksama, mata memandang penuh perhatian dan tidak akan memotong pembicaraan sebelum selesai. Lakukan itu pada Papa, Ma!

Meskipun mungkin Mama bukan pembicara yang baik, tapi Mama harus mampu menjadi pendengar yang baik. Cukup pasang telinga, diam, menyimak dan mendengarkan dengan khidmat.

Itu lebih dari cukup dari ribuan kata, Ma. Bicaralah, jika Papa meminta saran atau pendapat.


5. Pertahankan Kata I Love You


Tak peduli berapa lama hubungan suami istri ini telah terbangun, nggak ada masa expired untuk mengucapkan I love you kepada Papa. Justru kata ini menjadi mantra ampuh yang akan selalu merekatkan hubungan suami istri tersebut.

Sebaliknya, jangan pelit mengucapkan kata yang megandung magic ini. Peluk dan ucapkan I love you saat Papa melakukan hal yang menyenangkan kepada Mama. Dijamin tambah mesra deh, dan tentu saja rekening Mama akan menggemuk #ehgimana



Gimana, Ma? Sudah siap melakukan kelima hal di atas demi hubungan suami istri yang tetap hangat dan mesra? Jangan lupa sharing jika Papa tiba-tiba mendadak romantis ya.

Stay happy, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Demi Hubungan Suami Istri yang Tetap Hangat dan Mesra, Ini Dia 5 Tips Komunikasi yang Harus Mama Lakukan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Juliastri Sn | @juliastrisn

A mom of 2, suka menulis di blog www.juliastrisn.com. Entrepeneur di bidang otomotif. Beberapa tulisan pernah dimuat di majalah wanita dan majalah parenting terkemuka di Indonesia.

Silahkan login untuk memberi komentar